-->

Follow Daily Trip

Pengertian Hotel : Sejarah, Fungsi, Klasifikasi, Jenis, dan Struktur Organisasi Hotel

apa itu hotel, bagaimana sejarah perkembangan hotel, apa saja fungsi hotel, apa saja jenis dan klasifikasi hotel, serta struktur organisasi hotel
Hotel

Pengertian Hotel : Sejarah, Fungsi, Klasifikasi, Jenis, Dan Struktur Organisasi Hotel. Saat mendengar kata hotel, kalian pasti akan mendesfinisikan hotel adalah sebuah tempat menginap yang mewah dengan berbagai fasilitas dan pelayanan yang mahal serta pemandaangan yang memukai. Hmm iya sih, tapi hotel tidak melulu seperti itu.


Jika kalian penasaran, pada artikel ini kalian akan mengenal apa itu hotel, bagaimana sejarah perkembangan hotel, apa saja fungsi hotel, apa saja jenis dan klasifikasi hotel, serta bagaimana struktur organisasi hotel. Oke ikuti artikel berikut ini !


Pengertian Hotel

Hotel adalah sebuah bangunan yang dikelola secara komersial untuk memberikan pelayanan kepada para tamu atau pengunjung berupa layanan penginapan, layanan makan dan minum, serta layanan lainnya yang diberikan kepada tamu untuk mememenuhi kebutuhan tamu selama menginap, serta untuk mendapatkan keuntungan bagi pihak hotel.


Seperti yang sudah disebutkan di awal, hotel adalah tempat yang digunakan oleh para traveler atau wisatawan untuk beristirahat ketika sedang melakukan suatu perjalan, yang dimana kita akan diberikan pelayanan serta kita akan menikmati berbagai fasilitas di sebuah hotel.


Pengertian Hotel Menurut Para Ahli

Pengertian hotel menurut para ahli terdapat berbagi versi yang dicetuskan. Namun disini aku akan memberikan beberapa pengertian hotel menurut para ahli.


Keputusan Menteri Parpostel No. 94/HK103/MPPT 1987. Mengatakan bahwa Hotel adalah  Salah satu jenis akomodasi yang mengunakan sebagian atau keseluruhan bagian untuk jasa pelayanan penginapan, penyedia makanan dan minuman, refleksi serta jasa lainnya bagi masyarakat umum yang diolah dengan cara komersil.


Lawson (1976). Hotel ialah Sarana tempat tinggal untuk wisatawan umum dengan memberikan pelayanan jasa kamar, menyediakan  makanan, minuman dan akomodasi dengan syarat pembayaran.


American Hotel and Association. Hotel adalah suatu tempat yang sengaja dibuat dengan tujuan pelayanan pengianapan, makan, minum, dan pelayanan lainnya.


Hotel Oroprietors et all dalam Sulastiyono (2001- 5). Hotel merupakan suatu perusahaan yang olah pemiliknya dengan cara menyediakan makanan, minuman dan kamar tidur dan fasilitas lainnya kepada pengunjung dan mampu membayar dengan jumlah yang sesuai dengan pelayanan yang digunakan.


Sulastiyono (2001 : 6). Hotel adalah sebuah usaha komersial yang menyediakan tempat menginap, makanan dan pelayanan-pelayanan umum lainnya untuk para pengunjung.


American Hotel & Motel Association Hotel adalah tempat yang menyediakan penginapan, makan dan minum, serta pelayanan lain yang disewakan kepada para tamu atau orang-orang yang tinggal untuk sementara.


Endar Sri (1996), Hotel adalah bangunan yang dikelola secara komersial untuk memberikan fasilitas penginapan kepada masyarakat umum dengan fasilitas di antaranya pelayanan barang bawaan, makanan dan minuman, fasilitas perabot dan hiasan yang ada di dalamnya, serta jasa pencucian pakaian.


Sejarah Hotel

apa itu hotel, bagaimana sejarah perkembangan hotel, apa saja fungsi hotel, apa saja jenis dan klasifikasi hotel, serta struktur organisasi hotel
Sejarah Hotel

Hotel adalah sebuah bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial yang disedikan bagi setiap orang untuk mendapatkan pelayanan penginapan, makan dan minum, layanan tambahan untuk mendapakan keuntungan.


Hotel pertama kali diperkenalakan di London, Inggris  tahun 1797, sebagai hotel Garni, yaitu suatu rumah besar yang disewakan bagi orang-orang yang melakukan perjalanan. Istilah hotel diambil dari Bahasa prancis yaitu hostel, dan kata hostel diambil dari Bahasa latin yaitu hospes.


Sejarah Perhotelan Internasional

Sejarah perhotelan internasional berbeda-beda tergantung dari mana dan dari siapa sumber itu. Berikut ini terdapat berbagia sumber dan pendapat dari berbagai sumber mengenai sejarah perhotelan internasional.

 

  1. Menurut Drs. Oka A.A. Yoeti, menyatakan bahwa hotel telah ada saat Mariam dan Yusuf membutuhkan tempat untuk tinggal ketika Mariam ingin melahirkan Yesus.
  2. Pada hari-hari dari kekaisaran Romawi telah dibangun Mansiones memiliki lokasi di sepanjang jalan utama dengan jarak 40 KM.
  3. Di era abad pertengahan kekaisaran Romawi muncul peraturan agama di Eropa untuk membangun tempat tinggal di sepanjang jalan orang atau dirujuk oleh inn sisi jalan.
  4. Pada saat perang salib berlangsung, pengusaha penginapan menyediakan tempat tinggal bagi para prajurit perang dan juga untuk para peziarah ke tanah suci.
  5. Setelah itu muncul hanya mengambil fasilitas tak terbatas untuk wisatawan di gereja-gereja. Semua penggunaan fasilitas gratis, tetapi hanya berharap sumbangan sukarela mereka dariorang kaya.
  6. Menurut pernyataan Jusupadi Salmun, SH. Sekitar tahun 1800-1900 dalam sebuah film berjudul koboi barat, sudah ada sebuah hotel yang berdekatan dengan salon, bar, dan restoran yang disediakan untuk wisatawan.


Berdasarkan 6 pernyataan atau sumber di atas, maka muncullah hotel dengan fasilitas dan layanan yang lebih ditingkatkan. Beberapa hotel yang datang dengan standar yang lebih baik adalah


  1. Mulai dari Inggris di 1129 yang bertempat di penginapan tertua Canterbury, Inggris.
  2. Kemudian Amerika Inn tertua dibangun pada 1670.
  3. Kemudian dibangun sebuah penginapan yang berada di kota New York, Amerika Serikat yang dibangun De Lancey pada tahun 1762 yang kemudian berganti nama Queens Head Tavern, yang lambang refleksi dari Amerika Serikat dahulu. Sekaran Queens Head Tavern kini telah berubah menjadi sebuah restoran yang bernama Frannces Tavern.
  4. Hotel Covent Garden pada tahun 1774 yang bersebelahan dengan Wetminsfer bioskop di London City.
  5. Dibangun Hotel dengan kapasitas 170 kamar pada tahun 1794 di New York yang bernama City Hotel.
  6. Boston Tremont House dibangun pada tahun 1829 yang merupakan hotel pertama yang memiliki kamar Single dan Double dan ditambahnya tempat untuk melakukan converence bagi masyarakat setempat dengan jumlah kamar 270, dijuluki hotel pertama modern. Selain itu hotel ini juga hotel pertama pada pendidikan dan pemilihan para pekerja untuk meningkatkan kualitas layanan untuk kepuasan tamunya. Tapi pada usia 20, hotel ditutup.
  7. Aster pendirian hotel, The Palmer House dan The Sherman House di Chicago, Planters Hotel di St Louis pada tahun 1830 sampai 1850.
  8. Berdiri The St. Pancras Station dan Hotel di London pada tahun 1875.
  9. Pada tahun 1875 dibangun istana di San Francisco dengan fasilitas termegah dan terbesar dengan total 800 kamar.
  10. Pada tahun 1880 didirikan Ellsworth Milton Statler di New York dengan kepentingan tujuan Rantai Wisatawan Bisnis yang merupakan hotel pertama di dunia. Hotel ini juga dikreditkan dengan menemukan ide-ide baru dengan penambahan cermin di kamar, memberikan koran pagi, dan lain-lain.
  11. Pada tahun 1894 Belanda dibangun sebagai hotel di New York hotel dengan koneksi jaringan untuk setiap komunikasi kamar.
    Pada tahun 1896 mendirikan The Waldorf Astoria di New York.


Sejarah Perkembangan Hotel Di Indonesia

Sejarah perkembangan di Indonesia dimulai sebelum Perang Dunia I, namun jumlah wisatawan masih ribuan. Tapi entah kenapa, karena pendatang dari luar Indonesia, sebelumnya dikenal sebagai Hindia Belanda juga perlu tempat tinggal untuk sementara waktu, ia membangun beberapa hotel. Berikut sejarah hotel di Indonesia berubah sangat cepat.


Mulai dari saat pemerintahan kolonial Belanda mulai dibangun pertama kalinya Hotel Des Indes pernah menjadi Duta Indonesia.


Kemudian setelah Indonesia merdeka dibangun Hotel Indonesia diresmikan oleh Soekarno pada 5 Agustus 1962 oleh commissioning arsitek asing yang berasal dari Amerika Serikat yaitu Soeronsen Abel dan Wendy. Dengan luas bangunan 25.000 meter persegi didirikan dengan konsep modern. Hotel Indonesia masih menunjukkan unsur-unsur lokal yang membuat hotel pertama dengan standar internasional di Indonesia. Hotel tersebut dijadikan sebagai situs warisan budaya oleh Gubernur DKI Jakarta dengan Surat Keputusan Nomor 475 tanggal 29 Maret 1993. Sekarang dikelola oleh Hotel Indonesia Kempinski Hotels SA adalah kelompok hotel tertua di Eropa.


Diikuti oleh pembangunan hotel di Pelabuhan Ratu, Jawa Barat dengan nama Ocean Beach Hotel, diresmikan pada Februari 1966.


Setelah berdiri Ambarukmo palace hotel di Yogyakarta yang diresmikan Maret 1966.


Bali juga mendirikan Hotel Bali Beach yang terletak di pantai Sanur, Bali, yang diresmikan pada bulan November 1966.


Fungsi Hotel

apa itu hotel, bagaimana sejarah perkembangan hotel, apa saja fungsi hotel, apa saja jenis dan klasifikasi hotel, serta struktur organisasi hotel
Fungsi Hotel

Pada dasarnya fungsi hotel adalah sebagai tempat akomodasi (penginapan) bagi para wisatawan yang ingin untuk liburan di suatu daerah pariwisata.


Wisatawan yang berkunjung ke daerah pariwisata umumnya bertujuan untuk menikmati liburan sehabis mereka disibukan oleh perkerjaan yang bersifat rutinitas. Umumnya mereka menginap di hotel karena ingin memanjakan diri dalam usaha melakukan tindakan refresing.


Fungsi hotel sebagai suatu usaha komersial, sumber pendapatan terbesarnya berasal dari penjualan kamar sera makanan dan minuman. Hal ini didukung dari hasil penelitian yang menunjukan bahwa lebih dari 50% uang yang dikeluarkan wiasatawan disedot oleh perusahaan perhotelan.


Berikut ini apa saja yang menjadi fungsi hotel.

  • Pertemuan atau ruang pertemuan, yang juga dapat digunakan untuk seminar untuk para tamu.
  • Laundry, jika tamu ingin menggunakan layanan sehingga pakaiannya selalu rapi dan siap untuk digunakan.
  • Sebuah tempat untuk latihan, fasilitas ini adalah tempat favorit bagi pengunjung yang menyukai olahraga
  • Lounge, tempat ini adalah ruang bagi para tamu ingin melepaskan penatnya, karena di sini ada berbagai macam hiburan seperti karaoke, biliar dll
  • Ruang bermain, jika tamu memiliki anak kecil dan perlu taman bermain.


Klasifikasi Hotel Dan Jenis-Jenis Hotel

Pada prinsipnya, jenis-jenis hotel atau klasifikasi hotel dibagi menjadi 2, yaitu klasifikasi hotel  berdasarkan lokasi, dan klasifikasi hotel berdasarkan bintang. Berikut ini akan dijelaskan klasifikasi hotel berdasarkan  lokasi dan bintang.

apa itu hotel, bagaimana sejarah perkembangan hotel, apa saja fungsi hotel, apa saja jenis dan klasifikasi hotel, serta struktur organisasi hotel
Klasifikasi Hotel

Klasifikasi Hotel Berdasarkan Lokasi

1. City Hotel adalah hotel yang berada di tengah kota besar yang kebanyakan disewa untuk keperluan bisnis. City hotel juga dapat dibagi lagi menjadi: Downtown Hotel yaitu hotel yang terletak di keramaian kota. Biasanya dekat dengan tempat bisnis, belanja, dan sejenisnya.


2. Inn adalah hotel yang berada di pinggir kota yang memiliki fasilitas sederhana yang disewakan bagi wisatawan. Biasanya memiliki harga yang tebilang lebih murah dari tipe hotel lain.


3. Motel atau motor hotel adalah hotel yang terletak di pinggir jalan raya dan biasanya tepat diperbatasan antara dua atau lebih kota besar dibangun atau disewakan untuk orang yang ingin menginap atau sekedar beristirahat sementara karena belum bisa melanjutkan perjalanan ke suatu tempat. Hotel ini menyediakan fasilitas kamar yang dilengkapi parkir yang luas untuk tempat memarkirkan kendaraan tamu.


4. Suburban Hotel adalah hotel yang dibangun di pinggir kota yang dekat dengan permukiman penduduk.


5. Country Hotel adalah hotel yang dibangun di daerah yang sepi dan jauh dari keramaian kota. Biasanya terletak di desa, pegunungan, atau tempat terpencil.


6. Resort Hotel adalah hotel yang berada dekat dengan tujuan wisata yang biasanya disewakan untuk orang yang ingin holiday. Resort Hotel dapat dibagi lagi menjadi beberapa subkategori yaitu:

  • Beach Hotel adalah hotel yang dibangun dekat atau dipinggir pantai yang biasaya menyediakan fasilitas yang sesuai dengan pantai seperti water sport.
  • Amusement Hotel adalah hotel yang dibangun di kawasan hiburan atau rekreasi seperti dream land.
  • Cliff Hotel adalah hotel yang dibangun dilokasi yang tinggi yang memiliki view indah.
  • Mountain atau Hill Hotel adalah hotel yang dibangun di daerah pegunungan. Biasanya menyediakan fasilitas yang mengandung unsur adventure.
  • Ravine Hotel adalah hotel yang dibangun di kemiringan seperti jurang atau lembah.
  • Riverside Hotel adalah hotel yang dibangun di daerah sungai.
  • Lake Hotel adalah hotel yang dibangun dekat dengan danau. Hotel ini biasanya menyediakan fasilitas seperti water sport atau yang mengandung unsur adventure.
  • Forest Hotel adalah hotel yang berada di daerah hutan yang menyajikan ketenangan atau natural.


7. Airport Hotel adalah hotel yang dibangun dekat dengan bandar udara. Biasanya disewa oleh penumpang pesawat yang delay atau sekedar istirahat sebelum melanjutan perjalanan yang jauh.


8.  Railway Station Hotel adalah hotel yang dibangun dekat dengan stasiun kereta api.


9. Harbour Hotel adalah hotel yang dibangun dekat dengan pelabuhan laut.


10. Transit Hotel adalah hotel yang dekat dengan stasiun bis.


Klasifikasi Hotel Berdasarkan Bintang

1. Hotel bintang1 adalah sebuah hotel yang memiliki fasilitas kecil yang biasanya dikelola oleh pemilik langsung. jenis ini biasanya terletak dekat dengan kerumunan dengan harga yang sangat murah. Karakteristik sebagai berikut dari sebuah hotel bintang satu:

  • Jumlah kamar minimal 15.
  • kamar yang luas minimal 20 m2.


2. Hotel bintang 2 adalah hotel dengan fasilitas terawat dengan baik dan rapi yang biasanya terletak di lokasi yang mudah diakses, belum bebas dari polusi udara. Karakteristik adalah:

  • Minimal 20 kamar.
  • Room 1 suite.
  • Memiliki telepon dan televisi.
  • Kamar yang luas standar minimum 22 m2.
  • Ukuran minimal 44 m2 kamar suite.
  • Memiliki lebih keamanan.
  • Ada sebuah gimnasium.
  • Memiliki restoran dan bar.


3. Hotel bintang 3 adalah sebuah hotel yang menawarkan layanan yang lebih baik daripada hotel bintang 2 dengan kamar yang lebih besar, fasilitas yang lebih komprehensif, dan lobi yang dihiasi dengan lebih banyak perhatian dan staf lebih profesional. Berikut karakteristik hotel bintang 3:

  • Memiliki jumlah kamar minimal 30.
  • Minimal, ada 2 kamar suite.
  • Standard room area minimum adalah 24 m2.
  • Minimal kamar suite yang luas adalah 48 m2.
  • Memiliki area rekreasi olahraga pada waktu yang sama.
  • Memiliki AC.
  • Ada Restaurant.
  • Memiliki Concierge staf.


4. hotel bintang 4 adalah sebuah hotel yang memiliki staf yang lebih profesional dengan fasilitas paling lengkap dan luas. Biasanya ada tempat untuk toko dan kolam renang. Berikut karakteristik:

  • Memiliki jumlah minimum kamar standar 50 kamar.
  • Memiliki jumlah minimum kamar adalah 3 kamar suite.
  • Standard room area minimum adalah 24 m2.
  • Minimal kamar suite yang luas adalah 48 m2.
  • Memiliki tempat istirahat.
  • Memiliki tempat untuk rekreasi atau olahraga.
  • Memiliki air panas dan dingin.


5. Hotel bintang 5 adalah hotel mewah yang memiliki kelas dengan staf multiprofesional. Memiliki layanan lebih seperti penyediaan minuman welcome drink dan beberapa fasilitas seperti:

  • kamar standar memiliki jumlah minimal 100 kamar.
  • Memiliki jumlah minimal kamar suite 5 kamar.
  • kamar standar yang luas adalah minimal 26 m2.
  • Minimal kamar suite yang luas adalah 52 m2.
  • Layanan kamar memiliki selama 24 jam.
  • Memiliki restoran, bar, kolam renang, rekreasi, staf concierge, dan banyak lagi.


Struktur Organiasasi Hotel

apa itu hotel, bagaimana sejarah perkembangan hotel, apa saja fungsi hotel, apa saja jenis dan klasifikasi hotel, serta struktur organisasi hotel
Struktur Organisasi Hotel

Hotel sebagai suatu usaha industryi pelayanan jasa memproduksi, menyediakan, serta melayani tamu atau pengunjung dalam bentuk barang dan jasa.


Untuk dapat terlaksananya penyediaan pelayanan produk-produk hotel, diperlukan suatu kerjasama antar setiap bagian struktur organisasi hotel.


Baca Juga : Struktur Organisasi Hotel Besar Menengah Dan Kecil


Pengertian Struktur Organisasi Hotel

Struktur Organisasi Hotel adalah gambaran mengenai tingkat jabatan dan alur kepemimpinan dalam suatu hotel,  juga menunjukan hubungan tanggung jawab antara setiap bagian atau department yang ada di hotel.


Struktur Organisasi Hotel ini dibuat agar memudahkan operasioal suatu hotel, dengan membagi tugas dan tanggung jawab kepada setiap karyawan sesuai dengan tingakatan dan jabatan yang dimilikinya.  Struktur Organisasi Hotel ini sangatlah penting untuk menunjang dan meperlancara operasional suatu hotel.


Namun struktur organisasi hotel tidaklah sama pada masing-masing hotel. Hal ini karena dipengaruhi oleh besar kecilnya hotel. Struktur Organisasi Hotel dapat dibagi menjadi struktur organisasi hotel besar, struktur organisasi hotel menengah, dan struktur organisasi hotel kecil.


Struktur Organisasi Hotel Besar

Struktur organisasi hotel besar adalah struktur organisasi yang paling lengkap dalam sebuah hotel. Hal ini karena  hotel besar memiliki fasilitas yang lebih lengkap dan pelayanan yang lebih komplit untuk tamu, serta tamu yang menginap di hotel ini juga tergolong banyak. maka diperlukan struktur organisasi yang lengkap untuk menunjang operasional.


1. General Manager

General Manager adalah pimpinan tertinggi dalam sebuah hotel yang bertugas dan bertanggung jawab atas seluruh penyelenggaraan kegiatan hotel dan mengawasi kinerja bawahannya.


2. Assistant General Manager

Assistant General Manager adalah bawahan langsung dari seorang general manager yang bertugas membantu semua tugas-tugas dari general manager dan menggantikannya ketika General Manager sedang tidak ada di tempat karena alasan tertentu.


3. Front Office

Front Office adalah salah satu department yang ada dihotel yang bertanggung jawab atas pelayanan kepada tamu mulai dari tamu itu ingin memesan kamar hingga tamu itu meninggalkan hotel.


4. Housekeeping

Housekeeping adalah salah satu departemen yang bertanggung jawab atas kebersihan dan kerapihan seluruh area yang ada di hotel.


5. Food Production

Food Producton adalah salah satu department yang ada di hotel yang bertanggung jawab atas pembuatan makanan atau hidangan yang akan disajikan kepada tamu di restoran.


6. F&B Service

F&B Service adalah salah satu department yang adak di hotel yang bertugas dalam menyajikan makanan yang sebelumnya sudah disiapkan oleh bagian Food Production, serta menghidangkannya kepada tamu.


7. Engeneering

Engeneering adalah salah satu department yang ada di hotel yang bertanggung jawab atas pemeliharaan dan perbaikan seluruh fasilitas yang dimiliki hotel, seperti gedung dan peralatan elektronik hotel.


8. Human Resources/Personel

Human Resources adalah department yang ada di hotel yang bertanggung jawab atas sumber daya manusia yang dimiliki hotel, serta sistim ketenagakerjaan.


9. Accounting

Accounting adalah department hotel yang memiliki tugas sebagai pengatur keuangan hotel, mulai dari pengeluran untuk kos setiap department hotel, hingga pemberian gajih karyawan.


10. Sales & Marketing

Sales & Marketing adalah departemen yang bertanggung jawab atas penjualan dan pemasaran product-product hotel agar dapat diminati oleh para calon tamu.


11. Purchasing

Purchasing adalah departemen yang bertanggung jawab atas segala pembelian yang diperlukan oleh masing-masing departemen yang ada.


12. Security

Security adalah department hotel yang bertanggung jawab atas keamanan seluruh area hotel.



Struktur organisasi hotel menengah


1. General Manager

General Manager adalah pimpinan tertinggi dalam sebuah hotel yang bertugas dan bertanggung jawab atas seluruh penyelenggaraan kegiatan hotel dan mengawasi kinerja bawahannya.


2. Assistant General Manager

Assistant General Manager adalah bawahan langsung dari seorang general manager yang bertugas membantu semua tugas-tugas dari general manager dan menggantikannya ketika general manager sedang tidak ada di tempat karena alasan tertentu.


3. Room Division

Room division adalah abgian yang bertugas dalam penyiapan kamar tamu dan pemeberian pelayanan kepada tamu serta pemesanan kamar tamu


4. F&B Departenent

F&B Departenent adalah bagian yang bertanggung jabawb atas pengolahan dan penyajian makanan kepada tamu


5. Personel Manager / Human Resources

Human Resources adalah department yang ada di hotel yang bertanggung jawab atas sumber daya manusia yang dimiliki hotel, serta sistim ketenagakerjaan.


6. Accounting

Accounting adalah department hotel yang memiliki tugas sebagai pengatur keuangan hotel, mulai dari pengeluran untuk kos setiap department hotel, hingga pemberian gajih karyawan.


7. Sales & marketing

Sales & Marketing adalah departemen yang bertanggung jawab atas penjualan dan pemasaran product-product hotel agar dapat diminati oleh para calon tamu.


8. Engeneering

Engeneering adalah salah satu department yang ada di hotel yang bertanggung jawab atas pemeliharaan dan perbaikan seluruh fasilitas yang dimiliki hotel, seperti gedung dan peralatan elektronik hotel.


Struktur Organisasi Hotel Kecil


1. General Manager

General Manager adalah pimpinan tertinggi dalam sebuah hotel yang bertugas dan bertanggung jawab atas seluruh penyelenggaraan kegiatan hotel dan mengawasi kinerja bawahannya.


2. Front Office

Front Office adalah salah satu department yang ada dihotel yang bertanggung jawab atas pelayanan kepada tamu mulai dari tamu itu ingin memesan kamar hingga tamu itu meninggalkan hotel.


3. Housekeeping

Housekeeping adalah salah satu departemen yang bertanggung jawab atasu kebersihan dan kerapihan seluruh area yang ada di hotel.


4. F&B Department

F&B Departenent adalah bagian yang bertanggung jawab atas pengolahan dan penyajian makanan kepada tamu


untuk lebih mengerahui lebih banyak mengenai dunia pariwisata dan perhotelan silahkan klik disini

 

Jadi kamu sudah tau apa itu hotel ? aku harap sudah ya.


Jadi hotel adalah suatu tempat yang dikeloka secara komersial yang menyediakan jasa penginapan serta pelayanan makan dan minum yang bertujuan untuk mendapatkan suatu keuntungan bagi hotel.


Oke saya rasa sudah cukup materi kali ini tentang pengertian hotel, sejarah hotel, fungsi hotel, jenis dan klasifikasi hotel, serta struktur organisasi hotel.


Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian yang membacanya


LihatTutupKomentar