Fungsi dan Peranan Hotel dalam Perekonomian Nasional -->

Fungsi dan Peranan Hotel dalam Perekonomian Nasional

FUNGSI HOTEL, PERANAN HOTEL, FUNGSI DAN PERANAN HOTEL
Fungsi Hotel dan Peranan Hotel

Fungsi dan Peranan Hotel

Fungsi dan Peranan Hotel dalam Perekonomian. Jika bertanya bagaimana fungsi dan peranan hotel terhadap perekonomian nasional, maka jawabannya adalah sangat berpengaruh. Bagaimana bisa begitu ? yuk simak ulasannya berikut ini.


Sebagai sebuah industri, hotel merupakan salah satu usaha yang dapat memiliki banyak kontribusi terhadap perekonomian. Baik itu fungsi dan peranan hotel berperan dalam perekonomian nasional, maupun perekonomian global.


Baca Juga : Pengertian Hotel : Sejarah, Fungsi, Klasifikasi, Jenis, dan Struktur Organisasi Hotel

 

Fungsi Hotel Terhadap Perekonomian

Fungsi utama dan fungsi tradisional sebuah hotel yakni  sebagai tempat atau sarana bagi para wisatawan atau tamu untuk memenuhi kebutuhan mereka selama melakukan suatu perjalanan, misalnya seperti kebutuhan untuk menginap, makan dan minum, istirahat, serta kebutuhan lainnya yang dibutuhkah oleh wisatawan selama perjalanan.


Tetapi di masa sekarang, dengan semakin pesatnya kemajuan dan perkembangan industri perhotelan, fungsi hotel juga telah mengalami perkembangan. Fungsi hotel sekaran tidak hanya sebagai tempat untuk akomodasi, namun hotel juga mempunyai fungsi yang lain yang sangat menguntungkan, seperti hotel bisa digunakan untuk melakukan suatu pertemuan, seminar, meeting, acara pertunjukan, promosi, pertunjukan seni dan budaya dan lain sebagainnya. Dengan begitu, hotel akan mendaptkan keuntungan lebih dari hasil fungsi hotel yang berkembang tersebut.


Dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti yang disebutkan di atas, tentu akan memerlukan banyak karyawan. Dengan begitu banyak tenaga kerja yang akan terserap dan roda perekonomian dapat berputar. Dengan begitu fungsi hotel juga dapat menjadi salah satu penggerak perekonomian nasional.


Untuk lebih rincinya tetang fungsi hotel. Berikut ini akan dijabarkan beberapa fungsi hotel dalam perekonomian nasional.


Fungsi Hotel

Agar lebih mengetahui tentang fungsi hotel, kita harus melihat fungsi hotel itu tidak hanya dari satu sudut pandang. Pada dasarnya fungsi hotel sangat bergantung dari siapa yang melihat keberadaan hotel itu sendiri


Maka dari itu, berikut ini fungsi hotel dalam perekonomian dilihat dari sudut pandang pemilik hotel, karyawan, tamu, dan pemerintah.


Fungsi Hotel Bagi Pemilikan Hotel

Pada dasarnya, fungsi hotel bagi pemilik hotel yang berkecimpung dalam usaha business, hotel adalah alat bagi pemilik hotel untuk mendapatkan suatu keuntungan dan modal usaha. Fungsi hotel bagi pemilik hotel ini tidak terlepas dari bagaimana ia mengamankan dan menuyelamatkan modal usaha itu sendiri.


Fungsi Hotel Bagi Karyawan Hotel

Sebagai karyawan, pekerjaan adalah hal  utama bagi mereka untuk medapatkan suatu pemasukan. Tidak beda halnya dengan hotel. Fungsi hotel bagi karyawannya adalah tempat untuk mereka mendapatkan penghasilanan yang dimana digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Fungsi hotel dalam hal ini adalah sebagai salah satu tempat untuk menyerap tenaga kerja, yang mana dengan begitu dapat menggerakan roga ekonomi.


Fungsi Hotel Bagi Tamu Hotel

Fungsi hotel bagi tamu sudah pastinya adalah sebagai tempat mereka untuk menginap dan mendapatkan kenyamananm keamanan, dan kepuasan dari pelayanan yang diberikan hotel. Sebagai pengguna jasa, tamu hotel adalah salah satu sumber penghasilan bagi sebuah hotel. Maka dari itu hotel sangat bergantung dari jumlah tamu dalam hal pendapatan mereka.


Fungsi Hote Bagi Pemerintah

Pada dasarnya, hotel merupakav suatu usaha yang sangat besar manfaatnya bagi pemerintah, baik itu pemerintah pusat, maupun pemerintah daerah. Fungsi hotel dalam hal ini sebagai tempat untuk menyerap sebanyak-banyaknya tenaga kerja. Semakin banyaknya hotel, hal itu juga berarti terbukanya lapangan kerja yang baru serta terbukanya kesempatan kerja bagi banyak orang, guna membantu program pembangunan.


Fungsi hotel bagi pemerintah juga dalam hal ini akan meningkatkan pendapatan negara yang masuk dalam bentuk devisa. Serta fungsi hotel juga sebagai media untuk mengenalkan kebudayaan dan keindahan alam di suatu daerah.


Peranan Hotel Dalam Perekonomian Nasional

Peranan hotel saat ini dapat dikatakan sebagai salah satu sektor yang menyebabkan sektor lain dapat tumbuh dan berkembang seperti pariwisata, bisnis, dan pengembangan dan pelesatrian seni dan budaya.


Dalam hal ini peranan hotel juga dapat dikatakan sebagai penggerak sektor lainnya dan memiliki multiplier effect bagi usaha lainnya, seperti usaha makan dan minum, hiburan, transportasi, dan lain sebagainya. Dengan begitu, investasi yang dikembangkan dalam usatu usaha harus memiliki pemain-pemain pariwisata yang berkompeten dan bersinergi dengan komponen pariwisata lainnya.


Peranan hotel sangat berkontribusi terdapa usaha pembangunan nasional. Berikut ini contoh-contohnya.


Peranan Hotel

  • Meningkatkan industri rakyat
  • Melestarikan seni dan budaya
  • Benciptakan banyak lapanga kerja
  • Membantu usaha pendidikan dan pelatihan
  • Meningkatkan pendapatan daerah dan negara


Dengan peranan hotel ini, sector pariwisata akan dijadikan penggerak utama pertumbuhan ekonomi nasional. Seperti yang  dikatakan oleh Kemenparekraf (Kementrian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif) dalam rencana strategis. Sector pariwisata dan ekomomi kreatif menargetkan akan meperoleh pemasukan devisa dari tamu asing atau wisatawan mancanegara yaitu sebesar US$10,35 miliar pada tahun 2013, meningkat 14,11 persen dari estimasi tahun 2012 yang hanya berkisar US$9,07 miliar.


 

Pertumbuhan sektor pariwiata dan ekonomi kreatif Indonesia diproyeksikan sekitar 11 persen, melebihi pertumbuhan ekonomi nasional yang diproyeksikan sekitar 6,5 persen dan pun jauh melebihi pertumbuhan pariwisata dunia yang cuma berkisar 4,5 persen. Dikala ini sektor pariwisata ada di peringkat 5 sesudah minyak dan gas bumi, minyak kelapa sawit, batubara, dan karet olahan dalam mendonasi devisa Negara.


Baca Juga : Fungsi dan Peranan Hotel dalam Industri Pariwisata


Jadi itulah pemabahasan pada artikel kali ini tentang fungsi dan peranan hotel dalam perekonomian nasional. Semoga informasi dalam artikel kali ini dapat bermanfaat bagi kalian yang mebacanya.


LihatTutupKomentar