10 Hotel Bersejarah Di Indonesia -->

10 Hotel Bersejarah Di Indonesia

Hotel Bersejarah Di Indonesia

10 Hotel Bersejarah di Indonesia

Hotel Bersejarah di Indonesia. Hallo, kalian para traveller. Selamt datang di Blog Daily Trip. Pada oembahasan kali ini admin akan membagikan sebuah materi tentang hotel-hotel bersejarah di Indonesia. Artikel ini merupakan pelengkap dari artikel sebelumnya tentang Sejarah Hotel di dunia dan Sejarah Hotel di Indonesia. So, jadi bagi kalian yang penasaran dengan hotel bersejarah apa saja yang ada di Indonesia, maka simaklah artikel admin berikut ini.


Saat kalian hendah untuk pergi berlibur, dan kalian memilih hotel untuk tempat menginap, apa yang menjadi pertimbangna kalian? kebanyakan orang akan menjawab harga kamar. namun ada faktor lain seperti lokasi, harga, serta fasilitas dan pelayanan dari hotel itu sendiri. Namun, pernahkah kalian berfikir untuk menginap di hotel yang memiliki sejarah ?


Mulai dari pernah diaplikasikan sebagai bangunan-bangunan yang mempunyai skor sejarah di masa lampau sampai menjadi daerah terjadinya momen-momen bersejarah, hotel bersejarah di Indonesia yang masih beroperasi sampai ketika ini menjadi tenaga tarik tersendiri yang tentunya tidak dapat kau dapatkan di hotel lainnya.


Tahukah kau? Di Pulau Jawa dan Sumatera terdapat sebagian hotel bersejarah peninggalan zaman Belanda yang mewah dan masih eksis sampai kini lho. Dengan sentuhan klasik modern, hotel ini tidak lekang dimakan umur. Penasara apa saja hotel-hotel bersejarah yang ada di Indonesia? Simak sebagian anjuran hotel bersejarah di Indonesia berikut:

Baca Juga : Sejarah Industri Perhotelan Dunia dan Indonesia


Hotel Bersejarah di Indonesia


Hotel Indonesia Kempinski

hotel bersejarah di indonesia

Hotel Indonesia Kempinski

Sedangkan dari segi umur, hotel bersejarah di Indonesia yang pertama ini tak setua hotel-hotel lainnya, hotel yang sering disingkat menjadi "HI" ini adalah salah satu hotel ikonik di Indonesia. Hotel ini menjadi hotel bintang lima pertama di Indonesia, dan menjadi gedung tertinggi pertama di Jakarta, hotel bersejarah di Indonesia ini, merupakan hotel hasil rampasan perang dengan Jepang.


Disahkan pada 1962 untuk menyambut Asian Games IV, hotel bersejarah di Indonesia ini tidak hanya jadi akomodasi para atlet, tapi juga para pejabat tinggi serta tetamu-tetamu penting pada masa itu. Diprakarsai seketika oleh presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno, hotel bersejarah satu ini mempunyai "Signatures Restaurant" yang adalah cafe unggulan sang proklamator.


Baru pada 2004, hotel ini kemudian dikelola oleh Kempinski Groip dan mulai diketahui dengan nama Hotel Indonesia Kempinski. Sampai kini, Hotel Indonesia Kempinski merupakan salah satu hotel termewah dan termegah yang ada di Jakarta, mungkin malahan Indonesia.


Lokasi: Jalan MH Thamrin No. 1, Thamrin, Jakarta Sentra, Jakarta, Indonesia, Hotel Indonesia Kempinski



Hotel Savoy Homann

hotel bersejarah di indonesia

Hotel Savoy Homann

Satu lagi hotel tertua di Indonesia yang mempunyai skor sejarah yakni Hotel Savoy Homann di Bandung. Berdiri semenjak 1871, hotel bersejarah di Indonesia ini mulanya bernama Hotel Homann yang diambil dari nama pemiliknya kala itu, Homman seorang berkebangsaan Jerman. Pada ketika itu, hotel ini terbuat dari bambu sebelum kemudian pada 1880 bangunan hotel ini dibangun kembali dengan tembok batu bata.


Gedung yang sekarang berdiri megah menghadap Jalan Asia Afrika sendiri baru dibangun pada 1937 dengan rancangan arsitek A.F. Albers bergaya art deco dan semenjak tahun itu pula hotel bersejarah ini diketahui dengan nama Savoy Homann Hotel.


Mengalami pelbagai pergantian kepemilikian, hotel bersejarah di Indonesia satu ini juga pernah menjadi alternatif akomodasi tokoh-tokoh dunia seperti artis pria Charlie Chaplin dan pemimpin-pemimpin negara pada ketika Konferensi Asia-Afrika seperti Cho En Lai dan Jawaharlal Nehru.


Lokasi: Jl. Asia Afrika No. 112, Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat.



Hotel Salak The Heritage

hotel bersejarah di indonesia

Hotel Salak The Heritage

Pada masa Jepang menjajah Indonesia, hotel bersejarah di Indonesia ini ialah tempat Jendral VOC beristirahat. Dibangun pada 1856, hotel ini mulanya bernama Bellevue-Dibbets Hotel yang dimiliki oleh keluarga Gubernur Jendral VOC untuk akomodasi para elit pemerintahan VOC.


Tapi, pada ketika pendudukan Jepang hotel ini kemudian sempat dihasilkan markas milier sebelum kemudian pada 1948, sesudah Indonesia Mereka, hotel ini dihasilkan hotel kembali dengan nama Hotel Salak. Baru pada 1998, hotel bersejarah di Indonesia ini berganti nama menjadi Hotel Salak The Heritage. Menginap di hotel bersejarah di Indonesia ini, masih dapat merasakan arsitektur-arsitektur bergaya kolonial yang penuh dengan sejarah.


Lokasi: Jalan Ir Djuanda No.8, Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat.



Grand Inna Medan

hotel bersejarah di indonesia

Grand Inna Medan

Tidak cuma di Pulau Jawa saja, di Sumatera, tepatnya Medan, kau juga dapat menemukan hotel dengan skor sejarah yang cukup kental. Hotel yang mulanya mempunyai nama autentik Hotel Mijn de Boer ini dibangun pada 1898 oleh Aeint Herman de Boer yang adalah pengusaha asal Belanda.


Mulanya hotel ini cuma berukuran kecil, tapi terus dimaksimalkan sebab kala itu menjadi salah satu akomodasi bagi para tetamu-tetamu penting asal Eropa seperti Raja LĂ©opold II dari Belgia.


Baru sesudah kemerdekaan Indonesia hotel ini kemudian diambil alih pemerintah Indonesia dan masih beroperasi hingga ketika ini dengan nama Grand Inna Medan.


Lokasi: Jalan Balai Kota No.2, Sentra Kota Medan, Medan, Sumatera Utara.



Hotel Horison Arcadia

hotel bersejarah di indonesia

Hotel Salak The Heritage

Terletak di Jalan Rajawali, Surabaya, hotel bersejarah di Indonesia berikutnya dulu adalah sebuah kantor perusahaan gula pada zaman Hindai Belanda. Sudah berdiri semenjak 1916, bangunan cagar kebiasaan ini sekarang difungsikan sebagai hotel yang masih beroperasi sampai ketika ini.


Sedangkan telah terdapat renovasi dan penambahan bangunan-bangunan baru, komponen depan dari Hotel Horison Arcadia ini masih adalah bangunan autentik dengan fasad khas yang sungguh-sungguh ikonik.


Lokasi: Jalan Rajawali No. 9-11, Ampel, Surabaya, Jawa Timur.



Hotel Pelangi

hotel bersejarah di indonesia
Hotel Pelangi

Berdiri di tahun 1916 dengan nama Palace Hotel, hotel bersejarah di Indonesia berikutnya ini adalah salah satu hotel tertua yang ada di Indonesia. Sebelum berganti nama menjadi Hotel Pelangi pada 1953, Hotel Pelangi pernah bernama Hotel Asoma pada masa pendudukan Jepang.


Sekarang Hotel Pelangi masih mempertahankan arsitektur autentik bangunannya berasama bangunan-bangunan tua bersejarah lainnya yang ada di Kota Malang.


Lokasi: Jalan Merdeka Selatan No. 3 , Klojen, Malang, Jawa Timur.



Hotel Tjampuhan & Spa.

hotel bersejarah di indonesia

Hotel Tjampuhan & Spa.

Satu lagi hotel bersejarah di Indonesia yang dapat kau dapatkan di Pulau Dewata, merupakan Hotel Tjampuhan & Spa. Hotel ini termasuk salah satu hotel mewah tertua yang masih beroperasi sampai ketika ini di Bali.


Mulanya bangunan dengan arsitektur khas Bali ini adalah sebuah guesthouse yang dimiliki dan cuma diaplikasikan oleh keluarga kerajaan di Ubud. Tapi, pada 1970-an alhasil hotel ini dibuka juga untuk tetamu-tetamu biasa.


Salah satu tokoh populer yang pernah tinggal di hotel bersejarah di Indonesia ini yakni seorang pelukis asal Jerman yang ikut mengoptimalkan kesenian di Bali bernama Walter Spies.


Lokasi: Jalan Raya Tjampuhan PO Box 198, Ubud, Sayan, Bali.



Inna Bali Heritage Hotel

hotel bersejarah di indonesia

Inna Bali Heritage Hotel

Sebagai destinasi tamasya terpopuler di Indonesia, tentu ada banyak sekali alternatif hotel dan penginapan yang dapat kau pilih. Tapi, di masa sebelum kemerdekaan, hotel mewah pertama yang ada di Bali baru dibangun pada 22 Agustus 1927 yang difungsikan untuk akomodasi para turis-turis asing yang berkunjung ke Bali kala itu.


Pada masa itu, mulai banyak pelancong asing yang mengunjungi pulau Dewasa dengan menyebrang memakai kapal uap Koninklijke Paketvaart Maatschappij. Sampai sekarang, hotel bersejarah di Indonesia ini masih beroperasi dengan nama Inna Bali Heritage Hotel.


Lokasi: Jalan Mantan No 3 Dauh Puri Kaja Denpasar, Denpasar Utara, Denpasar, Bali.




Hotel Majapahit

hotel bersejarah di indonesia

Hotel Majapahit

Sudah ada semenjak tahun 1910. Hotel Majapahit mulanya mempunyai nama Oranje Hotel dan dibangun oleh seseorang asal Armenia bernama Lucas Martin Sarkies. Arsitektur hotel bersejarah di Indonesia yang satu ini sempat direnovasi bergaya art deco pada tahun 1936. Saat era Jepang merajai Nusantara, hotel ini sempat berubah nama menjadi Yamato Hoteru.


Kecuali perjalanan panjangnya hal yang demikian, salah satu alasan kenapa Hotel Majapahit menjadi salah satu hotel bersejarah yang tenar di Indonesia yakni momen bersejarah perobekan bendera Belanda di hotel ini.


Tepatnya pada 19 September 1945, Mastiff Carbolic mengibarkan bendera Belanda di hotel ini. Memperhatikan hal hal yang demikian, masyarakat Indonesia yang murka kemudian menaiki hotel dan menurunkan bendera Belanda hal yang demikian dan merobek komponen birunya dan mengibarkan kembali komponen bendera berwarna merah putih.


Hotel ini sendiri sudah sebagian kali berganti nama dan pengeloaannya dan masih beroperasi sampai ketika ini dengan nama Majapahit Hotel. Salah satu kamar yang ditawarkan hotel bersejarah di Indonesia ini yakni "Kamar Merdeka" yang adalah kamar yang pernah ditinggali oleh artis pria Charlie Chaplin pada1936.


Lokasi: 65, Jl Tunjungan, Genteng, Surabaya, Jawa Timur.



The Hermitage Hotel

hotel bersejarah di indonesia

The Hermitage Hotel

Satu lagi alternatif hotel bersejarah di Indonesia yang menawarkan arsitektur khas zaman kolonial yakni The Hermitage Hotel yang terletak di wilayah Menteng, Jakarta. Mulanya sendiri bangunan bersejarah peninggalan Belanda ini bukanlah sebuah hotel. Dibangun pada 1920-an, bangunan itu diaplikasikan sebagai sentra telekomunikasi pemerintah Hindia Belanda. Baru ketika 2008 bangunan bersejarah ini dikelola menjadi sebuah hotel yang bernamaThe Hermitage Hotel.


Mulai dari fasad bangunan sampai komponen interior hotel, kau dapat menikmati kesan antik yang sungguh-sungguh menarik. Hal ini menjadi hal yang menarik dari salah satu hotel bersejarah di Indonesia satu ini.


Lokasi: Jl. Cilacap No.1, Menteng, Jakarta Sentra, Jakarta.



Royal Ambarrukmo Yogyakarta

hotel bersejarah di indonesia

Royal Ambarrukmo Yogyakarta

Sesudah sejarah hotel di Indonesia, tidak komplit tanpa membahas Royal Ambarrukmo Yogyakarta. Lokasi hotel bersejarah di Indonesia ini adalah di Pesanggarahan Ambarrukmo yang dibangun oleh Sultan Hamengku Buwono V. Tempat direnovasi pada , bangunan ini diaplikasikan Sultan Hamengku Buwono VII untuk menjamu tetamu-tetamu sebelum kemudian dihasilkan kediaman Sultan saat dia turun tahta.


Pada ketika Ir.Soekarno memrakarsai pembangunan empat hotel berstandar Internasional pertama di Indonesia dengan memakai hasil rampasan perang Jepang, Hotel Ambarrukmo menjadi salah satu lokasi yang diprakarsai. Sehingga pada 1966, Hotel Ambarrukmo yang dibangun di zona kebon raja sampai gandok kiwa.


Menjadi salah satu hotel termewah pertama di Yogyakarta, kau masih dapat menemukan sebagian komponen autentik dari hotel bersejarah yang sudah sebagian kali direnovasi dan revitalisasi ini.


Lokasi: Jalan Laksda Adisucipto No.81, Depok, Yogyakarta, Provinsi Yogyakarta.




Grand Inna Malioboro

hotel bersejarah di indonesia

Grand Inna Malioboro

Pertama kali dibangun pada 1908-an, hotel bersejarah di Indonesia ini mulanya bernama Grand Hotel de Djokja diperuntukkan bagi para tetamu Guberbur Hindia Belanda dan Militer pada masa kolonialisasi. Sempat berubah nama menjadi Asahi ketika Jepang berkuasa, Hotel ini direbut kembali sesudah kemerdekaan Indonesia dan berubah nama menjadi Hotel Mereka, kemudian Hotel Garud


Hotel Inna Garuda sudah menjadi saksi bagaimana Indonesia dijajah oleh Belanda dan Jepang. Mulanya menginap ini malahan hingga ganti nama sebanyak 6 kali sejak dibangun pada 1908-an. Mulanya bernama Grand Hotel de Djokja yang menjadi tujuan bermalam para tetamu Gubernur Belanda mapun militer. Saat Jepang menduduki Indonesia, hotel ini berubah nama menjadi Asahi.


Karena Indonesia lepas dari kungkungan Belanda ataupun Jepang, sebutannya malah menjadi Hotel Merdeka, Hotel Garuda, dan sekarang masih beroperasi dengan nama Hotel Inna Garuda.


Lokasi: Jl. Malioboro 60 Yogyakarta , Jalan Malioboro, Yogyakarta, Provinsi Yogyakarta.



Hotel Sriwijaya

hotel bersejarah di indonesia

Hotel Sriwijaya

Dibangun pada 1863, mulanya bangunan bersejarah ini adalah cafe milik Conrad Alexander Willam Cavadino. Veteran kesuksesan restorannya ini, Cavadino kemudian mendirikan juga sebuah hotel dengan nama Hotel Cavadino sesudah sembilan tahun melaksanakan cafe hal yang demikian.


Hotel Cavadino ini beroperasi semenjak 1898 sampai 1899 sebelum kemudian berubah nama menjadi du Lion d'Or. Pada 1941, hotel bersejarah ini kembali berganti nama menjadi Park Hotel, sebelum kemudian pada era 1950-an lebih kita kenal dengan Hotel Sriwijaya.


Lokasi: Jalan Mantan No. 1 , Gambir, Jakarta Sentra, Jakarta.


Sesuatu yang mempunyai skor sejarah rupanya tak wajib senantiasa terkesan kuno dan kolot. Tidak, kesepuluh hotel di atas sanggup bertahan dengan skor-skor sejarah yang ada tanpa wajib kehilangan sisi yang menarik.


Tidak cuma skor sejarahnya saja, pelbagai hotel bersejarah di Indonesia hal yang demikian juga menawarkan arsitektur menawan yang membuktikan perjalanan sejarah dari bangsa Indonesia. Mana Hotel bersejarah di indonesia yang paling membuatmu penasaran?


Jadi itulah tadi materi admin perihal hotel bersejarah di Indonesia. Semoga berita ini bisa berguna bagi kalian yang membacanya. Dan admin mohon maaf jika ada tulisan admin yang sulit untuk dimengerti.


Baca Juga :

LihatTutupKomentar