FUNGSI DAN PERANAN FRONT OFFICE
Fungsi dan Peranan Front Office |
Peranan Front Office Depatement
Jika ditanya, apa peranan front office di hotel ? maka dengan mudah kita jawab, "melayani tamu'. Tapi tidak sesimpel itu. Peranan Front Office bagi hotel sangatlah penting. Kita ketahui bahwa front Office berada di bagian depan sebuah hotel. Karena hal itu agar lebih mudah dicari dan dilihat oleh tamu.
Peranan front Office dianggap sebagai jantungnnya hotel, atau sebagai pusat dalam memberikan pelayanan. Hal itu karena Front Office merupakan tempat datannya informasi, instruksi, dan pengarahan tentang pelayanan yang akan diberikan kepada tamu di hotel.
Dalam kegitanan operasionalnya sehari-hari, peran front office sangatlah bermacam-macam, hal itu demi lancarnya sebuah operasional hotel. Terkait dengan hal itu, peranan Front Office department sangat vital, seperti uraian dari peranana front office.
Baca Juga : Tugas Dan Tanggung Jawab Front Office Hotel
1. Merupakan Wakil Dari Management (Management Representative)
Dalam keaadaan tertentu, Front Office dapat berperan sebagai wakil dari menejemen untuk dapat menyelesaikan masalah tertentu yang biasanya hanya bisa diselesaikan oleh pihak menejemen.
2. Bertindak Sebagai Penjual (Sales Person)
Karyawan Front Office mampu dan meiliki jiwa salesmanship, sebab karyawan pada Front Office lebih banyak berhubungan dengan tamu. Oleh karena itu, mereka harus mampu mempromosikan produk hotel secara professional. Ini merupakan salah satu peranan front office yang penting.
3. Pemberi Informasi (Information Giver)
Sebagai petugas Front Office diharapkan mampu memberikan informasi tepat dan akurat tentang produk dan fasilitas hotel. Informasi tersebut berkaitan dengan fasilitas hotel, dan segala sesuatu yang terjadi di luar hotel.
4. Penyimpanan Data (Record Keeper)
Front Office merupakan sumber dan pusat penyimpanan data dalam kegiatan sehari-hari. Semua data dan laporan akan direkap dari bagian lain, kemudian dicatat oleh kantor depan dalam bentuk laporan dana data statistik.
5. Diplomatik (Diplomatic Agent)
Petugas Front Office pada situasi dan kondisi tertentu, harus mampu bertindak diplomatis untuk menjaga hubungan yang telah terjalin dengan pihak lain.
6. Pemecah Masalah (Problem Solver)
Front Office merupakan tempat menyelesaikan masalah tamu terutama keluhan atau Complaint tamu. Tamu biasanya cenderung akan menyampaikan pada bagian Front Office dibandingkan dengan departemen lain.
7. Wakil Dari Hubungan Masyarakat (Public Relation Agent)
Peranan Front Office yang satu ini yaitu Front Office sebagai wakil dari hubungan masyarakat. Petugas Front Office juga berperan aktif dalam berhungan dengan masyarakat, terutama pengunjung yang datang ke hotel. Oleh karena itu, hendaknya mereka dapat memberikan citra yang baik terhadap para pengunjung.
8. Coordinator Kegiatan Pelayanan (Service Coordinator)
Front Office juga berperan sebagai tempat kordinasi dari seluruh kegiatan yang terjadi di hotel. Informasi dan kegiatan departemen lain dikoordinasikan secara intensif melalui Front Office Department sehingga dalam pelaksanaannya dapat berjalan lancar.
Setelah Mengetahui apa peranan front office bagi sebiah hotel, maka kalian juga harus mengetahui apa fungsi Front Office. Maka dari itu, berikut ini adalah fungsi Frot Office Department.
Fungsi Front Office Departement
Fungsi Front Office. lalu bila ada juga yang bertanya, apa fungsi front office ? admin juga akan mejawab melayani tamu. hmm iya sih. Fungsi front office sedikit mirip denga tugas dan tanggung jawabnya. Namun disini, fungsi Front Office meupakan dasar dari pengembangan tugas-tugas di front office. Maka dari itu, dapat dipastikan fungsi front office bagi hotel juga sangat penting.
Untuk menigkatkan pelayanan yang diberikan, diperlukan kualitas tenaga kerja yang baik, demi memeberikan pelayanan kepada tamu agar merasa mendat pelayanan yang memuaskan. Sehingga Front Office dapat disebut dengan pusat kegiatan hoel, karena mulai dan berakhirnya pelayanan berada di front office.
Mengingat peranan dari frotn office ini sangat startegis dalam menjalankan operasional di front office, maka dari itu berikut ini adalah uraian fungsi front office depatment dalam kegiatan sehari-hari.
- Mejual kamar, meliputi menerima reservasi kamar, menangani tamu check-in maupun check-out, memproses pendaftaran tamu, menentukan kamar tamu.
- Menyiapkan dan memberikan layanan informasi. Informasi yang diberikan baik informasi yang berhubungan dengan fasilitas hotel, maupun informasi tentang peristiwa-peristiwa atau event-event di luar hotel, misalnya lokasi atau tempat berlangsungnya event-event budaya di seputaran lokasi hotel yang bias disaksikan tamu selama menginap.
- Mengkoordinir peyalanan baik yang berhubungan langsung dengan tamu maupun tidak langsung serta menangani keluhan tamu jika ada.
- Menyiapkan berkas-berkas pembayaran tamu (Guest Bill) sesuai penggunaan tamu tersebut.
- Menangani surat-surat masuk maupun keluar baik dari tamu maupun dari instansi pemerintah.
- Melayani fasilitas komunikasi tamu sesuai dengan permintaan.
Front office berperan sebagai pusat atau jantungnya kegiatan hotel dalam memberikan pelayanan karena di front office datangnya informasi, instruksi dan pengarahan tentang pelayanan yang akan diberiakan kepada tamu. Oleh karena itu, peranan dan fungsi dari front office sangatlah penting demi memberikan pelayan yang maksimal dan memuaskan bagi para tamu.
Ok admin rasa cukup pembahasan materi kali ini mengenai fungsi dan pernaan front office bagi hotel. Admin harap materi ini dapat bermanfaat bagi kalian yang membacanya.