Fungsi dan Peranan Front Office Hotel -->

Fungsi dan Peranan Front Office Hotel

Fungsi dan Peranan Front Office

fungsi dan tugas front office, sebutkan tugas dan fungsi front office, fungsi front office di hotel, fungsi front office adalah, tugas dan fungsi front office, berikut adalah fungsi front office department kecuali, sebutkan fungsi front office, apa fungsi front office, jelaskan fungsi front office, fungsi dari front office, fungsi utama front office, fungsi dari petugas front office adalah, sebutkan dan jelaskan fungsi dan peranan front office, fungsi dan peranan front office hotel, fungsi dan peran front office, peran dan fungsi front office, peranan front office, peranan front office dalam peningkatan kualitas pelayanan sebuah hotel, peranan front office dalam perhotelan, apa peran front office di hotel, jelaskan peranan front office

peranan front office, berikut adalah fungsi front office department, fungsi front office secara umum, apa fungsi front office, apa peranan front office, apa peranan front office di hotel, fungsi dan peran front office, fungsi dan peranan front office, fungsi dan peranan front office hotel, fungsi front office, fungsi front office department, peran dan fungsi front office, peranan front office, peranan front office bagi hotel, peranan front office department,  fungsi dan tugas front office, sebutkan tugas dan fungsi front office, fungsi front office di hotel, fungsi front office adalah, tugas dan fungsi front office, berikut adalah fungsi front office department kecuali, sebutkan fungsi front office, apa fungsi front office, jelaskan fungsi front office, fungsi dari front office, fungsi utama front office, fungsi dari petugas front office adalah, sebutkan dan jelaskan fungsi dan peranan front office, fungsi dan peranan front office hotel, fungsi dan peran front office, peran dan fungsi front office, peranan front office, peranan front office dalam peningkatan kualitas pelayanan sebuah hotel, peranan front office dalam perhotelan, apa peran front office di hotel, jelaskan peranan front office
Fungsi dan Peranan Front Office
 
Fungsi dan peranan Front Office. Hallo bro, selamat datang di blog Daily Trip. pada kesempatan kali ini admin akan membahas materi mengenai fungsi dan peranan front office hotel. Tanpa perlu menunggu lagi, berikut ini penjelasan materinya.


Sebelum kita membahas mengenai fungsi dan peranan front office bagi hotel, ada baiknya kita menegenal terlebih dahulu apa itu front office.

 
Pengertian Front Office

Front Office adalah salah satu department yang ada di hotel yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam melayani tamu, mulai dari tamu tersebut memesan kamar, ketika tamu sedang berada di hotel, hingga tamu tersebut meninggalakan hotel.


Front office akan selaalu berada di garis terdepan dalam memberikan pelayanan kepada tamu. Oleh karena itu, peran dan fungsi front office sangatlah penting dalam memberikan kesan pertama kepada tamu. Dapat kita ketahui, kesan pertama adalah hal yang penting dalam memberikan gambaran mengenai fasiltas dan pelayanan di hotel.


Untuk lebih jelasnya mengenai pentingnya fungsi dan peran front office, berikut ini akan dijelaskan bagaiman fungsi dan peranan front office hotel.

 



peranan front office, peranan front office dalam peningkatan kualitas pelayanan sebuah hotel, peranan front office dalam perhotelan, apa peran front office di hotel, jelaskan peranan front office

Peranan Front Office Depatement

Jika ditanya, apa peran front office di hotel ? maka dengan mudah kita jawab, "melayani tamu'. Tapi tidak sesimpel itu. Peranan Front Office bagi hotel sangatlah penting. Kita ketahui bahwa front Office berada di bagian depan sebuah hotel. Karena hal itu agar lebih mudah dicari dan dilihat oleh tamu. Jadi, peranan front office dalam peningkatan kualitas pelayanan sebuah hotel.

 

Peranan front Office dianggap sebagai jantungnnya hotel, atau sebagai pusat dalam memberikan pelayanan. Hal itu karena Front Office merupakan tempat datannya informasi, instruksi, dan pengarahan tentang pelayanan yang akan diberikan kepada tamu di hotel.

 

Dalam kegitanan operasionalnya sehari-hari, peran front office sangatlah bermacam-macam, hal itu demi lancarnya sebuah operasional hotel. Terkait dengan hal itu, peranan Front Office department sangat vital. 

 

Baca Juga : Tugas Dan Tanggung Jawab Front Office Hotel


Lalu apa peran front office di hotel ? berikut ini admin jelaskan peranan front office dalam perhotelan.

1. Merupakan Wakil Dari Management (Management Representative)

Dalam keaadaan tertentu, Front Office dapat berperan sebagai wakil dari menejemen untuk dapat menyelesaikan masalah tertentu yang biasanya hanya bisa diselesaikan oleh pihak menejemen.


2. Bertindak Sebagai Penjual (Sales Person)

Karyawan Front Office mampu dan meiliki jiwa salesmanship, sebab karyawan pada Front Office lebih banyak berhubungan dengan tamu. Oleh karena itu, mereka harus mampu mempromosikan produk hotel secara professional. Ini merupakan salah satu peranan front office yang penting.


3. Pemberi Informasi (Information Giver)

Sebagai petugas Front Office diharapkan mampu memberikan informasi tepat dan akurat tentang produk dan fasilitas hotel. Informasi tersebut berkaitan dengan fasilitas hotel, dan segala sesuatu yang terjadi di luar hotel.


4. Penyimpanan Data (Record Keeper)

Front Office merupakan sumber dan pusat penyimpanan data dalam kegiatan sehari-hari. Semua data dan laporan akan direkap dari bagian lain, kemudian dicatat oleh kantor depan dalam bentuk laporan dana data statistik.


5. Diplomatik (Diplomatic Agent)

Petugas Front Office pada situasi dan kondisi tertentu, harus mampu bertindak diplomatis untuk menjaga hubungan yang telah terjalin dengan pihak lain. 


6. Pemecah Masalah (Problem Solver)

Front Office merupakan tempat menyelesaikan masalah tamu terutama keluhan atau Complaint tamu. Tamu biasanya cenderung akan menyampaikan pada bagian Front Office dibandingkan dengan departemen lain.


7. Wakil Dari Hubungan Masyarakat (Public Relation Agent)

Peranan Front Office yang satu ini yaitu Front Office sebagai wakil dari hubungan masyarakat. Petugas Front Office juga berperan aktif dalam berhungan dengan masyarakat, terutama pengunjung yang datang ke hotel. Oleh karena itu, hendaknya mereka dapat memberikan citra yang baik terhadap para pengunjung.


8. Coordinator Kegiatan Pelayanan (Service Coordinator)

Front Office juga berperan sebagai tempat kordinasi dari seluruh kegiatan yang terjadi di hotel. Informasi dan kegiatan departemen lain dikoordinasikan secara intensif melalui Front Office Department sehingga dalam pelaksanaannya dapat berjalan lancar.


Setelah Mengetahui apa peranan front office bagi sebuah hotel, maka kalian juga harus mengetahui apa fungsi Front Office. Maka dari itu, berikut ini admin akan jelaskan fungsi Front Office Department.

 

 

fungsi dan tugas front office, sebutkan tugas dan fungsi front office, fungsi front office di hotel, fungsi front office adalah, tugas dan fungsi front office, berikut adalah fungsi front office department kecuali, sebutkan fungsi front office, apa fungsi front office, jelaskan fungsi front office, fungsi dari front office, fungsi utama front office, fungsi dari petugas front office adalah


Fungsi Front Office Departement

Fungsi Front Office. lalu bila ada juga yang bertanya, apa fungsi front office ? admin juga akan mejawab melayani tamu. hmm iya sih. Fungsi front office sedikit mirip denga tugas dan tanggung jawabnya. Namun disini, fungsi Front Office meupakan dasar dari pengembangan tugas-tugas di front office. Maka dari itu, dapat dipastikan fungsi front office bagi hotel juga sangat penting. 


Untuk meningkatkan pelayanan yang diberikan, diperlukan kualitas tenaga kerja yang baik, demi memeberikan pelayanan kepada tamu agar merasa mendat pelayanan yang memuaskan. Sehingga Front Office dapat disebut dengan pusat kegiatan hoel, karena mulai dan berakhirnya pelayanan berada di front office.

 

Mengingat peranan dari front office ini sangat startegis dalam menjalankan operasional di front office, maka dari itu berikut adalah fungsi front office department dalam kegiatan sehari-hari.

  1. Mejual kamar, meliputi menerima reservasi kamar, menangani tamu check-in maupun check-out, memproses pendaftaran tamu, menentukan kamar tamu. 
  2. Menyiapkan dan memberikan layanan informasi. Informasi yang diberikan baik informasi yang berhubungan dengan fasilitas hotel, maupun informasi tentang peristiwa-peristiwa atau event-event di luar hotel, misalnya lokasi atau tempat berlangsungnya event-event budaya di seputaran lokasi hotel yang bias disaksikan tamu selama menginap. 
  3. Mengkoordinir peyalanan baik yang berhubungan langsung dengan tamu maupun tidak langsung serta menangani keluhan tamu jika ada. 
  4. Menyiapkan berkas-berkas pembayaran tamu (Guest Bill) sesuai penggunaan tamu tersebut. 
  5. Menangani surat-surat masuk maupun keluar baik dari tamu maupun dari instansi pemerintah. 
  6. Melayani fasilitas komunikasi tamu sesuai dengan permintaan.



Front office berperan sebagai pusat atau jantungnya kegiatan hotel dalam memberikan pelayanan karena di front office datangnya informasi, instruksi dan pengarahan tentang pelayanan yang akan diberiakan kepada tamu. Oleh karena itu, peran dan fungsi front office sangatlah penting demi memberikan pelayan yang maksimal dan memuaskan bagi para tamu.


Ok admin rasa cukup pembahasan materi kali ini mengenai fungsi dan peranan front office hotel. Admin harap materi ini dapat bermanfaat bagi kalian yang membacanya.


sebutkan dan jelaskan fungsi dan peranan front office, fungsi dan peranan front office hotel, fungsi dan peran front office, peran dan fungsi front office


LihatTutupKomentar