Pengertian Hotel Menurut Para Ahli -->

Pengertian Hotel Menurut Para Ahli

pengertian hotel, defiinisi hotel, pengertian hotel menurut para ahli
Pengertian Hotel Menurut Para Ahli

Pengertian Hotel. Bagi kalian yang pertama kali menempuh pendidikan di jurusan perhotelan, pasti kalian akan selalu ditanya ‘apa itu hotel ?’ pastinya !!!. Oke pada artikel ini, aku akan memberi jawaban dari pertanyaan tersebut.


Pada materi kali ini akun akan memberikan kalian penjelasan tentang pengertian hotel atau definisi hotel, dan pengertian hotel menurutt para ahli. Jadi simak penjelasannya berikut ini.


Pengertin Hotel

Menurut pendapat aku pribadi, hotel adalah sebuah bangunan yang dikelola secara komersial, diperuntukan bagi orang umum yang dimana hotel memberikan fasilitas penginapan serta makan dan minum, dan fasilitas pendukung lainnya, dan juga memberikan pelayanan bagi para tamu yang bertujuan untuk mendapatkan suatu keuntungan.


Secara umum hotel memang adalah sebuah usaha yang menyediakan jasa akomodasi. Tapi hotel sekarang lebih dari itu. Banyak hal yang bisa ditawarkan oleh hotel sekarang, yang sesuai dengan fungsi dan peranan hotel itu sendiri.

 

Baca Juga : Fungsi fan Peranan Hotel


Dari pengertian hotel yang aku jelaskan di atas, banyak para ahli juga menyampaikan pendapat mengenai pengertian hotel. Selain itu pengertian hotel juga terdapat dari berbagi sumber yang dapat dipercaya seperti dari pengertian hotel menurut undang-undang misalnya.


Jadi berikut ini adalah pengertian hotel menurut para ahli dan berbagai sumber lainnya.


Pengertian Hotel Menurut Para Ahli.

Setiap orang memiliki definisi hotel atau pengertian hotel masing-masing, yang sesuai dengan pemahaman mereka, tidak terkecuali saya ataupun kalian yang membaca tulisan ini. Tapi tentunya kalian mememerlukan referensi mengenai hal ini tentunya.


Referensi yang bisa kalian ambil tentang pengertian hotel salah satunya pendapat para ahli mengenai pengertian hotel. Beikut ini pengertian hotel menurut para ahli.

pengertian hotel, defiinisi hotel, pengertian hotel menurut para ahli
Pengertian Hotel Menurut Para Ahli


Pengertian Hotel Menurut Agus Sulastiyono

Drs. Agus Sulastiyono, M.Si merupakan salah satu ahli yang menerbitkan buku yang berjudul “Teknik dan Prosedur Divisi Kamar Pada Bidang Hotel” dalam seri “Manajemen Usaha Jasa Sarana Pariwisata dan Akomodasi” tahun 2006. Pada buku tersebut beliau menjelaskan pengertian hotel atau definisi hotel secara lengkap.


Adapun pengertian hotel menurut beliau dalam bukunya :

Hotel adalah perusahaan atau badan usaha yang menyediakan layanan menginap untuk orang-orang yang melakukan perjalanan. Dikelola oleh pemilik atau ownernya dengan layanan tempat tidur beserta fasilitasnya makanan dan minuman serta fasilitas lengkap lainnya. Untuk dapat menggunakan layanan yang disediakan oleh pemilik hotel menurut sulastiyono, seseorang harus membayar dengan tarif atau harga yang sudah ditentukan.


Pengertian Hotel Menurut Bagyono dan Agus Sambodo

Bagyono dan Agus Sambodo merupakan salah satu ahli yang  memberikan definisinya tentang hotel. Mereka menyususun sebuah buku yang berisikan tentang definisi hotel dan hal-hal lainya yang tentang perhotelan.


Buku yang mereka susun tersebut berjudul ‘Dasar-Dasar Kantor Depan Hotel’ oleh Agus Sambodo & Bagyono yang terbit pada tahun 2006


Adapun pengertian hotel menurut Bagyono dan Agus Sambodo adalah sebagai berikut :

Hotel adalah tempat dimana para pelancong berkelas mendapat jasa penginapan dan makan dengan cara menyewa. Dan penyewa dalam keadaan memungkinkan untuk memperoleh jasa itu.


Pengertian Hotel Menurut Endar Sri

Pengertian hotel menurut ahli lainnya  adalah menurut Ir. Sugiarto Endar, BA dan Sri Sulartiningrum, BA dengan buku yang berjudul “Pengantar Akomodasi dan Restoran”.


Berikut ini pengertian hotel menurut Endar Sri :

Hotel adalah sebuah bangunan yang didirikan dan dikelola dengan tujuan komersial dengan jalan menyediakan fasilitas penginapan untuk masyarakat umum. Dengan rincian fasilitas seperti jasa penginapan, jasa pelayanan barang bawaan, jasa penyedia makanan dan minuman, jasa fasilitas perabot dan hiasan, serta jasa pencucian pakaian.


Pengertian Hotel Menurut Lawson

Ahli lainnya yang menyampaikan pandangannya tentang pengertian hotel adalah Lawson pada bukunya yang berjudul “Hotels, Motels, and Condominius : Design, Planning, and Maintenance”. Yang menjelaskan secara lengkap tentang definisi hotel.


Buku ini ditulis dalam Bahasa inggris. Maka kurang lebih dalalm Bahasa Indonesia tentang pengertian hotel seperti ini.

Hotel adalah sarana tempat tinggal sementara yang dapat digunakan oleh para wisatawan dengan beberapa fasilitas pelayanan seperti jasa kamar, jasa makanan dan minuman, dan jasa akomodasi lainnya dengan syarat berupa bayaran.


Buku ini diterbitkan oleh Architectural Presspada tahun 1976 di London yang merupakan buku yang ditulis oleh Fred Lawson.


Pengertian Hotel Menurut Rumekso

Ahli yang berikutnya yang menympaikan definisi hotel adalah Rumekso, SE. beliau menulis buku yang berjudul “Housekeeping Hotel” diterbitkan di Jogja pada tahun 2002 oleh penerbit ANDI.  Pada halaman 2 terdapat sedikit definisi mengenai  hotel.


Berikut ini pengertian hotel menurut Rumekso :

Hotel adalah bangunan yang menyediakan kamar-kamar untuk menginap para tamu, makanan dan minuman, serta fasilitas-fasilitas lain yang diperlukan. Dikelola dengan managemen yang profesional untuk mendapatkan keuntungan.


Pengertian Hotel Menurut Richard Sihite

Definisi hotel menurut pendapat ahli yang berikutnya adalah menurut Richard Sihite S. Sos. Beliau menulis buku yang cukup terkenal, yang berjudul  “Hotel Management (Pengelolaan Hotel)” yang diterbitkan oleh penerbit SIC Surabaya pada tahun 2000, yang memiliki jumlah halaman sebanyak 290 halaman.


Berikut ini pengertian hotel menurut Richard Sihite

Hotel adalah suatu bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan dan penginapan serta memperoleh makanan dan minuman.

 

pengertian hotel, defiinisi hotel, pengertian hotel menurut para ahli
Pengertian Hotel Menurut Para Ahli

Definisi Hotel Menutut Sumber Lainnya

Selain menurut para ahli yang disebutkan di atas, banyak sekali definisi hotel dari banyak sumber lainnya. Maka dari itu berikut ini definisi hotel dari berbagai sumber lainnya.


Definisi Hotel Menurut Undang-Undang (UU)

Dalam undang-undang juga terdapat definisi mengenai hotel. Definisi dan aturan perhotelan tersebut diatur dalam undang-undang pariwisata no.90 tahun 1990


Definisi hotel tersebut terdapat dalam undang-undang pariwisata pasal 25 ayat  1 dan 2 :

  1. Usaha penyediaan akomodasi merupakan usaha penyediaan kamar dengan fasilitas yang lain serta pelayanan yang diperlukan.
  2. Usaha penyediaan setiap jenis akomodasi sebagaimana dimaksud dalam ayat ( 1 ) dibedakan atas kriteria yang disusun menurut jenis dan tingkat fasilitas yang disediakan.


Definisi Hotel Menurut MENPARPOSTEL

Sunber berikutnya yang dapat dijadikan referensi adalah pengertian hotel menurut MENPARPOSTEL atau Pariwisata Pos dan Telekomukasi. Dalam surat keputusannya diatur mengenai hotel dalam SK MENPARPOSTEL Nomor KM.37/PW.304/MPPT–86 BAB 1 pasal 1 ayat (8) , pada tanggal 7 Juni 1986.


Berikut ini pengertian hotel menurut MenParPosTel (Menteri Pariwisata Pos dan Telekomukasi) : Hotel adalah jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa penginapan, makanan, dan minuman. Selain itu juga menyediakan jasa penunjang umum lainnya yang semuanya dikelola secara komersial.


Definisi Hotel Menurut SK Menteri Perhubungan

Definisi hotel juga diatur dalam 2 surat keputusan menteri perhubungan tahun 1970 dan tahun 1977. Berikut ni pengertian hotel menurut SK  menteri perhubungan.


SK. Menteri Perhubungan No. 241/11/1970 : Hotel adalah perusahaan yang menyediakan jasa dalam bentuk akomodasi serta menyediakan hidangan dan fasilitas lainnya dalam hotel untuk umum yang memenuhi syarat kenyamanan dan bertujuan komersil dalam jasa tersebut.


SK Menteri Perhubungan No. Pm. 10/Pw. 301/Phb. 77 tahun 1977 : Hotel adalah suatu bentuk akomodasi yang dikelola secara komersil, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan dan penginapan berikut makan dan minum.


Definisi Hotel Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Jika kamu mencari pengertian yang valid dan baku untuk sebuah kata, maka KBBI adalah jawabnya. Tidak terkecuali jika kamu mencari tentang definisi hotel. Berikut ini pengertian hotel menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)


Hotel adalah bangunan berkamar banyak yang disewakan sebagai tempat untuk menginap dan tempat makan orang yang sedang dalam perjalanan; bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan, penginapan, makan dan minum.


Definisi Hotel Menurut Kamus Bahasa Inggris (Oxford English Dictionary)

Kamus Bahasa Inggris (Oxford English Dictionary) ialah kamus Bahasa inggris yang diterbitkan oleh Oxford University Press (OUP) yang secara bentuk sama dengan kamus Besar Bahasa Indonesia.


Dalam Kamus Bahasa Inggris (Oxford English Dictionary) juga terdapat definisi tentang hotel, yakni : “Building where meals and rooms are provided for travelers.” Atau dalam Bahasa indoneisa, “bangunan yang dimana menyediakan layanan kamar serta makan dan minum bagi para wisatwan.”


Definisi hotel menurut AHMA (the American Hotel Motel Association)

Asosiasi hotel dam motel Amerika atau AHMA (the American Hotel Motel Association) merupaka organisasi persatuan hotel dan motel di Amerika. Mereka juga memberikan pandangannya mengenai pengertian hotel sebagai berikut.


Hotel maybe defined as an establishment whose primary business is providing lodging facilities for the general public and which furnishes one or more of the following services: food and beverage service, room attendant service, uniformed service, Laundering of linens and use of furniture and fixtures.


Atau bila kita terjemahkan akan berarti :

"Hotel mungkin didefinisikan sebagai pendirian yang bisnis utamanya menyediakan fasilitas penginapan untuk masyarakat umum dan yang melengkapi satu atau lebih layanan berikut: layanan makanan dan minuman, layanan petugas kamar, layanan berseragam, Pencucian seprai dan penggunaan furnitur dan perlengkapan".


Baca Juga : Pengertian Hotel : Sejarah, Fungsi, Klasifikasi, Jenis, dan Struktur Organisasi Hotel

 

Jadi, dari sekian pandangan tentang pengertian hotel, maka dapat disimpulkan bahwa pengertian hotel adalah, sebuah bangunan yang dikelola secara komersial untuk para tamu, yang dimana bangunan tersebut menyediakan fasilitas dan layanan berupa penginapan, makan dan minnum serta fasilitas dan layanan lalinnya untuk mendapatkan keuntungan.


So, apakah kamu sudah memiliki pendapat sendiri mengenai pengertian hotel ? aku rasa sudah. Maka aku cukupkan dulu sampai disini materi tentang pengertian hotel menurut para ahli. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

LihatTutupKomentar