-->

Follow Daily Trip

Sejarah industri perhotelan dunia dan Indonesia

sejarah industri perhotelan, sejarah perhotelan internasional, Sejarah Hotel Di Dunia, sejarah perhotelan nasional, sejarah hotel di indonesia, sejarah perkembangan hotel di indonesia
Sejarah Industri Perhotelan

Sejarah Industri Perhotelan
–  hotel merupakan suatu bangunan yang dikelola oleh seseorang atau perusahaan secara komersial, yang dimana hotel akan memberikan pelayana penginapan atau akomodasi, serta pelayanan makan dan minum dan jasa pelayana dan fasilitas lainnya.


Sejarah Hotel

Kata hotel berasal dari Bahasa prancis. Istilah Hotel berasal dari  kata hostel yang memiliki arti tempat penampungan bagi para pendatang dan menyediakan  makanan dan minuman. Kata hostel ini sendiri diambil dari Bahasa latin, yaitu kata hospes


Sejarah hotel berawal dari negara di eropa yaitu inggris. Hotel diperkenalkan peratama kali di London pada tahun 1797. Hotel ini dikenal dengan hotel Garni. Hotel garni ini merupakan sebuah rumah yang disewakan bagi seseorang yang sedang melakukan perjalan.


Jadi itulah history of hotel pertama kali di dunia. Untuk lebih lanjut mengenai sejarah hotel, maka ikuti arikel berikut ini.

 

Baca Juga : Pengertian Hotel : Sejarah, Fungsi, Klasifikasi, Jenis, dan Struktur Organisasi Hotel


Sejarah Perhotelan Internasional

sejarah industri perhotelan, sejarah perhotelan internasional, Sejarah Hotel Di Dunia, sejarah perhotelan nasional, sejarah hotel di indonesia, sejarah perkembangan hotel di indonesia

Sejarah perhotelan internasional tejadi pertama kali di inggris. Dulu  pegawai hotel di sana  seperti pegawai  pegawai negeri atau dengan kata lai pelayan masyarakat. Namun, dengan  berkembangnya zaman dan bertambahnya orang-orang untuk memakai jasa di perhotelan, mereka mulai mencoba untuk menganbil sebuah keuntungan. Dalam sejarah hotel di dunia, tamu yang menginap dipungut biaya. Dengan begitu, bangunan rumah ini mulai direnovasi agar membuat tamu yang menginap menjadi nyaman.


Walau seperti itu, sejarah perkembangan hotel internasional tidak mengalami perubahan, standar pelayanan  hotel tak berubah selama bertahun-tahun. Hingga tahun 1793, ketika City Hotel didirikan  di  kota New York, hotel ini menjadi pelopor pembangunan hotel gaya baru yang lebih modern atau fashionable.  Hal itu karena, dasar pembanguna City Hotel tak melulu mementingkan letak yang strategis, Tapi juga menganggap hotel juga merupakan tempat istirahat bagi para tamunya.


Sejarah hotel kemudian mulai berkembang. munculah hotel-hotel legendaris seperti Tremont House di Boston tahun 1829 yang disebut sebagai tepat paling baik di Amerika Serikat. Lalu ada hotel Tremont yang  bersaing ketat dengan Astor House, yang berdiri di New York, tahun 1836.


Saat itu sejarah perhotelan internasional, hampir di setiap stasiun kerta api transit dibangun hotel. Yang dimana  pada saat itu pembangunan jaringan kerta api sedang gencar-gencarnnya. Sehingga banyak orang yang akan menginap di hotel dekat stasiun kereta api tersebut.


Seiring dengan berkembangnya hotel di dunia dan juga teknologi, serta makin luasnya jangkauan angkutan darat apalagi mulai dikenalnya kendaraan bermotor, area sekitar stasiun kereta api tidak lagi menarik minat para investor untuk mengembangkan industri perhotelan.


Orang-orang menjadi lebih suka perpergaian dengan mobil ketimbang menggunakan kereta. Keberadaan hotel transit pun mulai tersaingi hadirnya jenis hotel baru, yaitu "motel". Motel merupakan singkatan dari kata motor dan hotel. Maka dari sini sejarah perhotelan internasional kembali berubah


Namun keberadaan motel tak berlangsung lama. Seiring pekembangan industri perhotelan dan dengan pesatnya perkembangan kota,  maka berakhir pula era motel. Hal itu karena motel kalah bagus dengan hotel yang berada di pusat kota dari segi fasilitas. Ditambah munculnya resort-resort yang menawarkan jasa penginapkan yang tak kalah bagus. Maka sekali lagi sejarah hotel internasional kembali berubah.


Selain hotel resort, kemudian sejahah hotel pada tahun 1990 an timbul hotel jenis hotel baru yang dikenal dengan extended-stay hotel. Hotel ini merupakna hotel yang khusus bagi tamu yang menginap lebih dari 5 malam.

Sejarah Hotel Di Dunia

Secara singkat berikut ini urutan sejarah hotel di dunia

  • Mulai dari Inggris di 1129 yang bertempat di penginapan tertua Canterbury,
  • Amerika Inn tertua dibangun pada 1670.
  • dibangun De Lancey pada tahun 1762
  • Hotel Covent Garden pada tahun 1774
  • Dibangun Hotel dengan kapasitas 170 kamar pada tahun 1794 di New York yang bernama City Hotel.
  • Boston Tremont House dibangun pada tahun 1829
  • The Palmer House dan The Sherman House di Chicago, Planters Hotel di St Louis pada tahun 1830 sampai 1850.
  • Berdiri The St. Pancras Station dan Hotel di London pada tahun 1875
  • Pada tahun 1875 dibangun istana di San Francisco
  • Pada tahun 1880 didirikan Ellsworth Milton Statler di New York
  • Pada tahun 1894 Belanda dibangun sebagai hotel di New York hotel
  • Pada tahun 1896 mendirikan The Waldorf Astoria di New York.



Sertelah mengetahi bagaiman sejarah perhotelan internasional, berikut ini akan dijelaskan bagaimana sejarah perhotelan diIindonesia.


Sejarah Hotel Di Indonesia

sejarah industri perhotelan, sejarah perhotelan internasional, Sejarah Hotel Di Dunia, sejarah perhotelan nasional, sejarah hotel di indonesia, sejarah perkembangan hotel di indonesia

Sejarah perkembangan perhotelan di Indonesia belum banyak terungkap, juga belum banyak buku yang mengungkapkan dilema ini. Indonesia sudah dikenal di dunia pariwisata semenjak sebelum Perang Dunia ke I, namun jumlah wisatawan yang berkunjung masih terbilang ribuan.  


Seiring dengan perkembangan sejarah hotel di Indonesia, kedatangan wisatawan asing ke indonesia yang lebih membutuhkan sarana akomodasi pariwisata yang memadai, maka semasa penjajahan kolonial Belanda, mulai berkembanglah hotel-hotel di Indonesia.


Berikut ini sejarah perkembangan hotel di indonesia pada masa kolonial Belanda

  • Jakarta, dibangun Hotel Des Indes, Hotel Der Nederlanden, Hotel Royal dan Hotel Rijswijk.
  • Surabaya, berdiri Hotel Sarkies dan Hotel Orange.
  • Semarang, berdiri Hotel Du Pavillion.
  • Malang, Palace Hotel.
  • Solo, Slier Hotel.
  • Yogyakarta, Grand Hotel ( sekarang Hotel Garuda )
  • Bandung, Hotel Savoy Homann, Hotel Preanger dan Pension Van Hangel (kini Hotel Panghegar ).
  • Bogor, Hotel Salak.
  • Medan, Hotel de Boer dan Hotel Astoria.
  • Makasar, Grand Hotel dan Staat Hotel Orange



Sejarah Perhotelan Nasional

Sebagaian besar hotel-hotel tersebut masih beroperasi hingga kini, ada yang berubah menjadi Herritage Hotel, ada yang sudah direnovasi jadi lebih indah dan ada juga yang telah di redevelopment dengan sempurna sehingga tak lagi seperti wujud aslinya, seperti Hotel Des Indes.


Pada tahun 1960 hotel tersebut berpindah tangan le pemerintah Indonesia dan diganti jadi Hotel Duta Indonesia. Pada tahun 1971 bangunan hotel ini diungkap untuk didirikan pertokoan Duta Merlin. Foto disamping adalah foto  Hotel Des Indes 1925-1940 (sumber : Google)


Sesudah jangka waktu pemerintahan Orde Baru, pembangunan dan absensi hotel di Indonesia jauh berkembang cepat. Terutamanya setelah masuknya  chains ‘management’ hotel international yang sebagian besar berinvestasi ke kota-kota besar di Indonesia.


Sejalan dengan berkembangnya perhotelan di indonesia, tampang arsitektur hotel di Indonesia bahkan sangat berkembang dan innovatif. Tetapi hal tersebut menjadi satu tolak ukur sejarah Hotel di Indonesia.


Perkembangan Hotel Di Indonesia

Seiring dengan tumbuhnya dunia pariwisata Indonesia, sejarah Hotel di Indonesia bahkan ikut andil menyukseskannya. Eksistensi hotel-hotel di Indonesia, tentu saja betul-betul diperlukan dalam industri pariwisata dan perhotelan, mengingat tanpa akomodasi yang memadai, mustahil turis untuk ingin berkunjung.  


Industri pariwisata Indonesia makin menanjak dikala kepariwisataan di Bali mulai menerima perhatian serius. Pada tahun 1963, dibangunlah Hotel Bali Beach, kemudian dalam tiga tahun selanjutnya menyusul disahkannya Pelabuhan Udara Ngurah Rai sebagai pelabuhan internasional. Pada perkembangannya baru-baru ini, hotel di Bali makin dipenuhi turis-turis asing yang dapat kita jumpai di daerah lain, sampai di pelosok desa terpencil sekali bahkan.


Tidak berbeda jauh dengan Bali, kehidupan pariwisata di tempat lain bahkan ikut bangkit. Seperti di Malang, Jawa Timur, yang memiliki sebagian obyek liburan potensial. Yang paling mencuat dan didatangi pengunjung yaitu wilayah Batu, dengan kontur tempat yang berbukit, perkebunan apel dan Selekta, serta perkebunan tulip, sehingga suasananya mirip dengan Belanda.


Kota berhawa teduh yang berjarak 90 km di sebelah selatan Kota Surabaya ini, mulai tumbuh dan menata fasilitas serta sarana dan prasarana pensupport. Seolah berkeinginan melestarikan peninggalan bersejarah. Pemerintah Kota Malang konsisten mempertahankan hotel yang dibangun pada jaman kolonial Belanda.


Sebagai teladan, Hotel Pelangi, yang tergolong salah satu hotel tertua di kota yang kita ketahui juga dengan sebutan Kota Pelajar itu. Sampai kini, hotel yang terletak di bilangan Jalan Merdeka ini, konsisten menjadi hotel yang pantas huni bagi wisatawan dan bahkan memberikan sebuah estetika seputar kenangan masa lampau via foto-foto “jadul” yang dipajang di dinding hotel.


Sementara, kondisi perhotelan di Bandung, juga tak keok semarak. Berkembangnnya berbagai usaha, seperti distro, masakan, cafe, home industry, dan factory outlet (FO), membikin Kota Kembang ini menjadi banyak wisatawan. Khusus di akhir minggu atau harilibur, pengunjung yang datang ke Bandung semacam itu membludak.


Sebagai imbasnya, bisnis hotel di Bandung ikut serta terdongkrak.  Bermacam-macam kelas hotel, dari kelas melati sampai berbintang, dari harga yang murah sampai harga yang mahal, bisa dijumpai dengan gampang di dekat sentra keramaian atau di perihal objek liburan.



Jadi itulah tadi pembahasan tentang sejarah industri perhotelan dunia dan Indonesia. Pekembangan hotel dari masa ke masa memang telah terjadi banyak perubahan hingga kita mengenal hotel sampai saat ini. 


klik disini untuk materi perhotelan lainnya



Sejarah perhotelan internasional tentu tidak jauh berbeda dengan bagaimana yang terjadi di Indonesia, yang berbeda mungkin hanyalah tentang waktu. Sejarah hotel di Indonesia tentu dapat kita ketahui dengan beberapa hotel pertama yang dibangun pada masa kolonial Belanda.


Aku rasa cukup sampai disini pembahasan tentang sejarah industri perhotelan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

LihatTutupKomentar