-->

Follow Daily Trip

Fungsi dan Peranan Hotel dalam Industri Pariwisata

fungsi dan peranan hotel, fungsi hote, peranan hotel
Fungsi dan Perana Hotel

 

Fungsi dan Peranan Hotel

Fungsi   dan  Peranan   Hotel. pada dasarnya, fungsi dan peranan hotel dalam industri pariwisata sangatlah penting. Karena hotel merupakan salah satu bagian dalam industri pariwisata itu sendiri. Dan pada faktanya hotel adalah salah satu sektor yang menerima pendapatan tertinggi dalan industri pariwisata.


Fungsi Hotel dalam Industri Pariwisata

Secara umum, fungsi hotel adalah sebagai penyedia jasa akomodasi atau penginapan untuk para wisatawan yang sedang atau hendak pergi ke suatu daerah. Tanpa hotel, kegiatan pariwisata tidak dapat berjalan dengan maksimal. Karena akomodasi merupakan salah satu faktor pendukung dalam kegiatan wisata.


Namun seiring perkembangan zaman dan budaya, fungsi hotel tidak lagi hanya hanya menjadi tempat untuk para wisatawan untuk menginap. Tetapi fungsi hotel kini telah berkembang lebih dari hanya menjadi sekedar tempat untuk tidur.


Fungsi hotel sekarang selain menjadi tempat menginap, hotel juga memberikan berbagai fasilitas tambahan lainya yang dapat memberikan kenyamanan lebih bagi tamu yang menginap di suatu hotel. Fungsi hotel sekarang juga bisa dijadikan untuk melakukan sebuah pertemuan, seperti pertemuan bisnis, seminar, meeting, serta acara pribadi seperti ulang tahun dan pernikahan.


Maka dari itu fungsi hotel sekarang tidak hanya untuk mendatangkan tamu untuk menikmati fasilitas kamar, tetapi juga untuk menikmati berbgai fasilitas dan pelayanan yang disediakan hotel, yang hal tersebut dapat memberikan keuntungan bagi pihak hotel.

 

FUNGSI DAN PERANAN HOTEL, FUNGSI HOTEL, PERANAN HOTEL
Fungsi Hotel

 

Fungsi Hotel

Fungsi hotel sebagai suatu usaha komersial, sumber pendapatan terbesarnya berasal dari penjualan kamar sera makanan dan minuman. Hal ini didukung dari hasil penelitian yang menunjukan bahwa lebih dari 50% uang yang dikeluarkan wiasatawan disedot oleh perusahaan perhotelan.


Berikut ini apa saja yang menjadi fungsi hotel.

  • Laundry, jika tamu ingin menggunakan layanan sehingga pakaiannya selalu rapi dan siap untuk digunakan.
  • Fungsi hotel sebagai sebuah tempat untuk latihan, fasilitas ini adalah tempat favorit bagi pengunjung yang menyukai olahraga
  • Lounge, tempat ini adalah ruang bagi para tamu ingin melepaskan penatnya, karena di sini ada berbagai macam hiburan seperti karaoke, biliar dll
  • Fungsi hotel sebagai ruang bermain, jika tamu memiliki anak kecil dan perlu taman bermain.
  • Fungsi hotel sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan tamu (wisatawan atau pelancong).
  • Fungsi hotel sebagai tempat tinggal sementara ketika sedalang melakukan suatu perjalanan.
  • Sungsi hotel sebagai tempat menginap atau istirahat bagi para tamu.
  • Fungsi hotel sebagai tujuan konferensi, seminar, lokakarya, musyawarah nasional dan kegiatan lainnya.


Peranan Hotel dalam Industri Pariwisata

Fungsi dan peranan hotel. Hotel memang dijadikan tempat untuk melakukan berbagai kegiatan, hal itu karena fasiltas yang dimiliki sebuah hotel, memang sangat mendung untuk melakukan berbagai kegiatan.


Selain fungsi hotel terhadap pariwisata sangat penting, peranan hotel juga salah satu hal yang penting dalam pariwisata. Bagaimana tidak, hotel yang merupakan salah satu tempat menyediakan jasa akomodai bagi para wisatawan, sangat membatu dal memudahkan para wisataman yang sedang melakukan kegiatan pariwisata dengan layanan penginapan yang diberikannya.


fungsi dan peranan hotel, fungsi hotel, peranan htel
Peranan Hotel

Peranan Hotel

  • Secara cara rinci berikut ini adalah bebapa peranan hotel
  • Membantu meningkatkan industri rakyat
  • Membantu menciptakan lapangan kerja yang lebih luas
  • Membantu usaha pendidikan dan pelatihan demi tenaga kerja yang kompeten
  • Membantu meningkatkan pemasukan pendapatan daerah dan negara
  • Membantu meningkatkan devisa negara
  • Meningkatnaya hubungan antar negara


Industri perhotelan sangat berhubungan erat dengan industri pariwisata. Peranan hotel dalam hal ini adalah hotel merupakan salah satu faktor pendukung dalam pariwisata, atau yang biasa dikenal dengan istilah 4A (akomodation, attraction, acsessibity, dan amenities)


Hotel temasuk dalam hal pokok dalam dunia kepariwisataan (main tourism superstructures), hal itu berarti kegiatan pariwisata bergantung banyak terhadap banyaknya wisatawan yang berkunnjung.


Jika kita  ibaratkan sebuah industri pariwisata adalah sebuah bangunan, maka industri perhotelan merupakan tiang dari bangunan tersebut. Sebagai sebuah industri yang dimana jasa adalah jualannnya,  Pariwisata   mempunyai  mekanisme pengaturan yang sangat lengkap. Hal itu disebabkan karena mencangkup bagaimana pengaturan pergerakan wisatawan, mulai dari wisatawan datang dari negara asalnya, bagaimana wisatwan di daerah tujuannya, hingga pergerakan wisatan ketika kembali ke negara asalnya.


Hal tersebut melibatkan berbagai sektor usaha, seperti usaha transportasi, usaha penginapan, usaha makan dan minum, jasa pemandu wisata, dan usaha lainnya yang bergerak di industri pariwisata. Oleh karena itu, peranan hotel merupakan hal yang penting dalam keberlangsungan industri pariwisata itu sendiri.


Fungsi dan peranan hotel merupakan salah satu unsur pendung dalam penyelenggaraan kegitan pariwisata. Yang dalam pendapat spillane (1994 : 30), ia mengutarakan bahwa ada 3 pemeran utama dalam sutu industri pariwisata, yaitu:

  • Orang-orang yang mencari rasa puas dan senang dari perjalanan mereka (tamu/wisatawan)
  • Orang-orang yang tinggal di daerah tujuan wisata (masyarakat setempat)
  • Kelompok yang menjadi perantara dalam memasarkan atau mempromosikan tempat wisata tersebut (usaha pariwisata)


Dengan fungsi dan peranan hotel terhadap pariwisata tersebut, menjadika industri pariwisata salah satu sektor yang penting dan diakui mejadi salah satu hal yang terpenting dan menguntungkan dalam hal perekonomian.


Fungsi dan peranan hotel tehadap pariwisata ini memberikan pemasukan bagi negara, yaitu dalam bentuk devisa. Di Indonesia pariwisata merupakan termasuk dalam GBHN ( Garis-Garis Besar Haluan Negara), yang merupakan bagian integral dalam pembangunan nasional.


Peranan pariwisata Dalam hal ini sangat penting, yaitu karena pariwisata dapat menunjang pembangunan nasional, hal itu karena:

  • Pariwisata dapat membuka lapangan pekerjaan yang lebih banyak, termasung dalam hal ini, hotel, restoran, transportasi, industri sandang dan pangan, kerajinan, pertanian, serta berbagai sector usaha laiinya.
  • Pariwisata berperan dalam berkembangnnya usaha-usaha kecil di dalamnnya, seperti tempat hiburan, kafe dan restoran, dan usaha daya Tarik wisata lainnya.
  • Pariwisata membantu dalam pelestarian budaya dan alam di daerah tujuan wisata.
  • Pariwisata berperan dalam pengenalan rasa saling menghargai antar suku dan bangsa, yang dapat mepererat relasi antar manusia.


Baca Juga : Pengertian Hotel : Sejarah, Fungsi, Klasifikasi, Jenis, dan Struktur Organisasi Hotel


Fungsi dan peranan hotel dalam pariwisata selain berpengaruh terhadap tamu, hotel juga berperan penting dalam keberlangungan usaha-usaha lain yang bergerak dalam industri pariwisata. Peran hotel dan fungsi hotel terhadap usaha pariwisata, yaitu seperti usaha makan dan minum, usaha transportasi, usaha perjalanan wisata, usaha daya Tarik wisata, dan usaha souvenir,  yang dapat memberikan pemasukan terhadapa suatu daerah dengan berbagai usaha tersebut.


Selain dalam industri pariwisata fungsi hotel dan peran hotel juga dapat membantu terciptanya berbagai lapangan pekerjaan. Yang mana hal tersebut dapat membantu memutar roda ekonomi suatu negara. Maka dari itu, fungsi dan peranan hotel sangatlah penting dalam keberlangsungan suatu industri pariwisata.


Jadi itulah tadi pembahasan tentang fungsi dan peranan hotel dalam industri pariwisata. Semoga informasi dalam artikel kali ini dapat bermanfaat bagi kalian yang membacanya.



LihatTutupKomentar