-->

Follow Daily Trip

Teknik Penanganan Barang Bawaan Tamu Hotel

teknik atau metode penanganan barang bawaan tamu hotel. metode atau teknik mengangkat barang bawaan tamu, cara dalam menangani barang bawaan tamu

Teknik Penanganan Barang Bawaan Tamu Hotel. step step penanganan barang bawaan tamu yang tertinggal di bandara  sebutkan prosedur langkah-langkah penanganan barang bawaan tamu perorangan  prosedur menangani barang bawaan tamu saat check-in adalah  kapan seorang bellboy menandai barang bawaan tamu  jelaskan fungsi dari penanganan barang bawaan tamu  teknik penanganan barang bawaan tamu pada saat check out  jenis barang bawaan tamu  prosedur penanganan barang bawaan tamu check out, teknik penanganan barang bawaan tamu hotel. metode penanganan barang bawaan tamu, metode atau teknik mengangkat barang bawaan tamu, cara dalam menangani barang bawaan tamu
teknik penaganan barang bawaan tamu
 

Teknik penanganan barang bawaan tamu. Hallo kalian. selamat datang kembali di Blog Daily Trip, blog pariwisata dan perhotelan. Pada artikel kali ini, admin akan membagikan materi tentang teknik atau metode penanganan barang bawaan tamu. Maka dari itu simak baik-baik artikel kali ini. So berikut in teknik mengangkat barang tamu.


Teknik penanganan barang bawaan tamu yaitu layanan yang disajikan oleh pihak hotel kepada para tamu dan barang bawaan tamu yang menginap bersifat menyeluruh dan mencakup hampir semua kebutuhan tamu selama nenginap.



Mulai dari pemenuhan kebutuhan pokok seperti akomodasi, makanan dan minuman, pencucian pakaian, hingga penanganan barang dibawaan tamu selama mengadakan perjalanan dan menginap di hotel.



Prosedur menangani barang bawaan tamu saat check-in termasuk kegiatan yang sangat penting dikerjakan di bagian Concierge (Bellboy). Kelalaian Bellboy dalam prosedur menangani barang bawaan tamu dapat menyebabkan kegiatan tamu menjadi terganggu sehingga tamu menjadi tidak senang.


Fungsi dari teknik Penanganan barang tamu adalah untu menghindari kerusakan pada barang bawaan tamu atau hal-hal lain yang tidak diinginkan. Karena terkadang, ada tamu yang membawa sesuatu yang barang itu sangat penting bagi mereka, seperti lukisan, keramik, perlekapan shooting film, dan lain sebagainya. Maka dari itu, penting bagi seorang bellboy mengetahui dan mengerti bagaimana teknik mengangkat barang tamu tersebut.



Prosedur langkah-langkah penanganan barang bawaan tamu harus dilakukan dengan hati-hatidan diperlakukan dengan perlakuan khusus. Hal ini sering dikenal dengan istilah Handling With Care. Ada beberapa alasan mengapa  barang tamu memerlukan teknik penangan khusus.


1. Expense

Barang bawaan tamu memiliki nilai yang sering sangat tinggi dilihat dari segi biaya maupun non-materi. Nilai tersebut Expense (biaya/ongkos).


Namun demikian dalam penanganan barang tamu, petugas tidak boleh hanya memandang dari sudut pandang mahal dan tidaknya barang. Semua barang bawaan tamu harus diperlakukan dengan tingkat kehati-hatian yang sama.


2. Limiting Expense

Penangan dan perhatian yang baik dapat menekan Cost. Bila Bellboy tidak berhati-hati dalam teknik penanganan barang bawaan tamu sehingga terjadi kerusakan pada barang maka hotel harus bertanggung jawab dan mengganti barang tersebut.


Selanjutnya dalam penanganan barang-barang tersebut, terdapat metode penangan barang bawaan tamu atau teknik pengananan barang bawaan tamu. Atau bisa disebut juga Handling Motodes.



Teknik penangan barang bawaan tamu ini wajib dipahami dan dilakukan oleh Bellboy ketika menangani barang tamu. Adapun metode penanganan barang bawaan tamu tersebut, yaitu :


Teknik Penanganan Barang Bawaan Tamu

Dalam membawa barang tamu dari atau ke kamarnya, ada beberapa cara dalam menangani barang bawaan tamu, yaitu :

1. Lifting

Yang dimaksud dengan Lifting adalah teknik mengangkat atau menggantung barang bawaan tamu. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam mengangkat barang bawaan tamu adalah dengan memeriksa tanda yang terdapat pada barang tersebut.

teknik atau metode penanganan barang bawaan tamu hotel. metode atau teknik mengangkat barang bawaan tamu, cara dalam menangani barang bawaan tamu
Lifting

Bellboy harus memeperhatikan kondisi barang dan tanda penanganan barang bawaan tamu, seperti Fragile Bag. Untuk mengangani barang yang termasuk Fragile Bag, seorang Porter harus hati-hati untuk menghindari terjadinya pecah barang dalam mengangkatnya.


2. Stacking

Stacking adalah teknik yang digunakan oleh bellboy dalam meletakkan atau menumpuk barang dengan cara yang benar dan tepat untuk menghindari kerusakan atau keretakan pada barang. Berikut ini prinsip-prinsip yang benar dalam  menumpuk barang :

  • Menumpuk dan meletakkan barang yang paling keras di bagian bawah
  • Menumpuk dan meletakkan barang yang paling tebal di bagian bawah
  • Menumpuk dan meletakkan barang yang paling besar di bagian bawah

teknik atau metode penanganan barang bawaan tamu hotel. metode atau teknik mengangkat barang bawaan tamu, cara dalam menangani barang bawaan tamu
Stacking

Tujuan dari penanganan barang tamu yang dikenal dengan istilah stacking atau teknik meletakkan atau menumpuk barang adalah agar barang yang bawa tidak mudah rusak atau mengalami masalah. Selain itu, dengan teknik ini Bellboy akan dengan mudah membawa barang-barang tersebut.


Teknik penanganan barang bawaan tamu dengan cara  meletakkan barang, harus mendapat perhatian sepenuhnya dari bellboy, pada bagasi bus ataupun taksi, petugas harus memperhatikan prinsip-prinsip tersebut di atas.

Tanda atau Sign Pada Barang Bawaan Tamu

Setelah mengetahui bagaimana metode atau cara dalam menangani barang bawaan tamu, kalian juga harus mengetahui tanda-tanda atau sign yang terdapat pada setiap barang. Hal ini bertujuan agar petugas bellboy mengetahui bagaimana seharusnya mereka memperlakukan barang tersebut.

1. This way up adalah tanda yang menunjukan bagian atas barang bawaan tamu.
 

2. Fragile adalah tanda bahwa barang bawaan tamu mudah pecah.
 

3. Keep dry berarti barang bawaan tamu harus dalam keadaan kering.
 

4. Maximum stack berarti jumlah maksimal tumpukan barang.
 

5. Handle with care berarti barang harus diperlakukan dengan berhati-hati.

 

Teknik penanganan barang bawaan tamu tidak terbatas pada saat tamu check-in, tetapi juga saat tamu check-out, pindah kamar, dan ketika tamu akan menitipkan barang-barangnya untuk sementara waktu.

Untuk menangani barang barang bawaan tamu dengan baik, diperlukan pengetahuan tentang jenis-jenis barang dan keterampilan teknis mengenai tknik membawa barang yang benar dan aman sehingga terhidar dari kemungkinan rusak, tertukar, ataupun hilang.


So, admin rasa cukup sampai disitu pembahasan admin kali ini mengenai tenik penanganan barang bawaan tamu. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kalian yang membacanya.


LihatTutupKomentar