Prosedur Langkah-Langkah Penanganan Barang Bawaan Tamu -->

Prosedur Langkah-Langkah Penanganan Barang Bawaan Tamu

Prosedur Langkah-Langkah Penanganan Barang Bawaan Tamu. langkah-langkah penanganan barang bawaan tamu. menangani barang bawaan tamu. barang bawaan tam
Prosedur Langkah-Langkah Penanganan Barang Bawaan Tamu

Prosedur Langkah-Langkah Penanganan Barang Bawaan Tamu. Barang bawaan tamu sendiri merupakan segala keperluan dan perlengkapan yang diwaba oleh tamu untuk memenuhi segala kebutuhan yang diperlukan tamu selama berlibur.


Tamu biasanya membawa barang bawaan lebih dari satu buah dan lebih dari satu jenis juga. Tami terkadang ada juga tamu yang membawa barang bawaan lebih sedikit. Hal itu demi kemudahan mobilitas dari tamu itu sendiri.


Jumlah barang bawaan tamu dan jenis barang bawaannya tergantung dari karakteristik tamu itu sendiri. Tetapi berapapun jumlah barang bawaan tamu yang dibawa, diperlukan prosedur langkah-langkah penanganan barang bawaan tamu tersebut sebagai betuk pelalayan dari pihak hotel.

Prosedur Langkah-Langkah Penanganan Barang Bawaan Tamu 

Dalam menangani barang bawaan tamu, ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh petugas hotel atau bellboy dalam menangani barang-barang yang dibawa oleh tamu hotel, baik secara individu maupun datang sebagai rombongan.


Dalam artikel ini saya akan menjelaskan prosedur langkah-langkah penanganan barang bawan tamu. Langkah-langkah penanganan barang bawaan tamu tersebut akan dijelaskan di bawah ini.



 Baca Juga : Jenis-jenis Formulir Bellboy


Prosedur Langkah-Langkah Penanganan Barang Bawaan Tamu Check-In Individu

Dalam melakukan langkah-langkah penangan barang bawan tamu check-in secara individu, terdapat dua tahapan yang harus dilakukan oleh bellboy. Pertama adalah tahapan pengeluaran barang bawaan tamu, dan kedua adalah tahapan membawa barang bawaan tamu ke kamar.


Maka dari itu simak prosedur langkah-langkah penanganan barang bawan tamu check-in secara individu. Cusss!

 

Prosedur Langkah-Langkah Penanganan Barang Bawaan Tamu. langkah-langkah penanganan barang bawaan tamu. menangani barang bawaan tamu. barang bawaan tam

Tahapan Pengeluaran barang bawaan tamu

Dalam mengeluarkan barang bawaan tamu, Unloading Luggage, tedapat beberapa langkah penanganan barang bawaan tamu yang harus dilakukan oleh seorang Bellboy, yaitu :

1. Membukan dan menutup pintu kendaraan tamu.

Pada saat tamu tiba dengan kendaraannya, beri bantuan kepada tamu untuk keluar dari kendaraannya dengan membukakan pintu kendaraannya. Beri pelayanan ekstra bagi tamu lansia, anak-anak, wanita hamil, dan tamu penyandang disabilitas agar membuat tamu merasa nyaman.

2. Menyambut dan meberikan salam kepada tamu

Beri salam kepada tamu dengan mengucapkan “Good Evening madam/sir welcome to Cultura Hotel. Mind your step/head please”.

3. Menanyakan apakah mereka membawa barang bawaan

Bellboy memberikan pelayanan untuk mengambilkan barang bawaan tamu dari bagasi mobil. Dan pastikan tamu mengijinkan.

4. Mengeluarkan barang bawaan tamu.

Setelah diberi izin, segera keluarkan barang bawaan tamu secara hati-hati dari bagasi mobil, untuk menghindari terjadinya kerusakan pada barang bawaan tamu.

5. Menempatkan barang bawaan tamu

Tempatkan barang pada tempat yang aman di area main entrance kemudian meminta izin untuk memeriksa barang bawaannya seandainya ada barang yang rusak. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan hotel harus bertanggung jawab atas kerusakan tersebut.

6. Mempersilahkan tamu ke lobby

Persilahkan tamu ke lobby untuk melakukan registrasi kamar yang telah dibookingnya.

7. Membawa barang bawaan ke lobby

Kemudian bawa barang bawaan tamu ke lobby dengan menggunakan trolley. Tempatkan barang bawaan tamu berada dekat dengan tamu agar mudah diawasi.


  Baca Juga : Teknik Penanganan Barang Bawaan Tamu Hotel


Tahapan Membawa Barang Bawaan Tamu Ke Kamar

Langkah-langkah penangan barang bawaan tamu yang wajib dilakukan oleh bellboy dalam melakukan Rooming Guest atau yang disebut dengan Escorting Guest adalah sebagai berikut

1. Tamu melakukan registrasi di Counter Reception

Sembari menunggu tamu melakukan registrasi, bellboy akan melengkapi administrasi untuk pencatatan barang-barang bawaan tamu, yaitu luggage tag dan bellboy errand card.

2. Menggantungkan Form Luggage Tag pada barang bawaan tamu

Untuk menghindari tertukarnya barang bawaan tamu dengan tamu yang lain, gantungkan luggage tag pada setiap barang bawaan tamu.

3. Menerima kartu tamu (Guest Card)

Biasanya petugas receptionist akan meminta bellboy untuk mengantar tamu ke kamar. Apabila hotel menggunkan guest card, bellboy harus cepat membaca nomor kamar dan nama tamu yang tertera pada guest card untuk ditulis pada setiap luggage tag.

4. Meminta kunci kamar

Saat memerima kunci kamar tamu, jangan lupa untuk memerikasa kembali nomor yang tertera pada kunci kamar. Terkadang kunci kamar salah karena petugas salah dalam menempatkan kunci pada rak kunci.

5. Memberi cap untuk bellboy errand Card

Sebelum mengantar tamu, bellboy akan , menerima kartu pengantar barang (Bellboy Errand Card) yan sudah dicap tanggal dan waktu oleh Bell Captain.

6. Mengantarkan tamu ke kamar

Dalam selama perjalan mengantar tamu ke kamar, petugas bellboy sebisa mungkin mejelaskan fasilitas dan event-event yang dimiliki oleh hotel. Pastikan hal yang dijelaskan oleh bellboy adalah hal-hal yang bisa memberikan pemasukan bagi pihak hotel, seperti Restaurant, Bar, SPA, dan yang hal lainya yang menghasilkan pemasukan.

7. Memasuki kamar tamu

Saat memasuki kamar tamu, tempatkan barang-barng tamu pada luggage rack, kemudian meminta izin kepada tamu untuk menjelaskan fasilitas kamar.

8. Meninggalkan kamar tamu

Setelah selesai, berikan gust card dan kunci kamar kepada tamu, kemudian meminta izin untuk meninggalkan kamar.

 

Untuk mempraktekan prosedur langkah-langkah penangan barang bawaan tamu tersebut, silahkan kamu baca artikel lainnya yaitu : Contoh Percakapan Bellboy Dalam Menangani Barang Bawaan Tamu


Prosedur langkah-langkah pengangan barang bawaan tamu check-in individu di atas adalah  penjelasan secara umum tentang cara menangani barang bawaan tamu. Hal tersebut bisa saja berubah tergantung kondisi dan standar prosedur dari suatu hotel.


Oke jadi itulah tadi sedikit penjelasan tentang prosedur langkah-langkah pengangan barang bawaan tamu. Jika ada sesuatu hal yang kurang jelas dari artikel ini, silahkan ditanyakan di kolom komentar. Dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian yang membacanya.


LihatTutupKomentar