Front Office Cashier : Pengertian, Tugas, dan Syarat-Syarat Sebagai Front Office Cashier -->

Front Office Cashier : Pengertian, Tugas, dan Syarat-Syarat Sebagai Front Office Cashier

front office cashier, pengertian front office cashier, tugas dan tanggung jawab front office cashier, syarat-syarat front office cashier, ruang lingkup front office cashier
front office cashier

Front Office Cashier adalah salah satu bagaian atau section yang ada di Front Office. Bila kita ingin melakukan pembayaran di hotel, maka Front Office Cashier lah yang akan melayani kamu. Berikut ini akan dijelaskan pengertian, tigas dan tanggung jawab Front Office Cashier, serta syarat-syarat sebagai Front Office Cashier.


Front office cashier adalah salah satu bagian atau section yang terlibat dalam sebuah hotel untuk menjalankan operasionalnya. Hotel memiliki beberapa department yang memiliki tugasnya masing-masing, seperti Front Office Department yang salah satu bagiannya adalah front office cashier.


Front Office Departemen terutama Front Office cashier ini lah yang menjadi jantungnya hotel atau menjadi pusat dari operasional keuangan di kantor depan itu sendiri. Karena segala pembayaran yang dilakukan oleh tamu hotel pada akhirnya akan ditangani oleh Front Office Cashier.


Front Office Department ini adalah salah satu department hotel yang memiliki tugas dalam melayani segala kebutuhan tamu mulai dari tamu tiba di hotel, sampai dengan meninggalkan hotel. Karena Front Office adalah pusat operasional hotel, untuk memperlancar hal tersebut Front Office dibagi menjadi beberapa bagian, salah satunya adalah Front Office Cashier.


Pengertian Front Office Cashier

Front Office Cashier adalah salah satu section yang ada di Front Office Department yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam menangani keuangan di kantor depan. Front Office Cashier ini akan menangani segala tagihan tamu. Tamu yang menggunakan fasilitas hotel atau membeli sesuatu di dalam hotel, akan ditangani oleh Front Office Cashier, termasuk juga untuk pembyaran kamar.


Front Office Cashier ini juga secara langsung berpengaruh terhadap keuangan di hotel itu sendiri. Uang yang masuk pertama kali ke dalam hotel akan melalui Front Office Cashier. Pada saat tamu membayar pesanan kamar Front Office Cashier lah yang akan menangani. Pada saat tamu menggunakan fasilitas dan pelayanan yang berbayar, Front Office Cashier lah yang menangani billnya. Maka posisi Front Office Cashier ini sangatlah penting.


Sebagai Front Office Cashier sangat lah riskan dalam menjalankan tugasnya. Bagaima tidak, Front Office Cashier setiap hari akan selalu berurusan dengan uang hotel. Uang adalah hal yang sensitif dimanapun berada. Bila seorang Front Office Cashier tidak dapat menahan diri, bukan tidak mungkin ia akan mengambil sedikit uang yang bukan miliknya. Maka seorang Front Office Cashier harus memiliki hati yang teguh untuk tidak mengambil uang tersebut.


Selain itu, Front Office Cashier juga harus bekerja dengan begitu teliti dan cekatan. Karena yang ditanganinya adalah uang, maka seorang Front Office Cashier tidak boleh salah perhitungan dalam bekerja. Jangan sampai ada bill yang ketinggalan atau hasil keuangan yang tidak balance.


Untuk itu, berikut ini akan dijelaskan apa saja yang menjadi syarat-syarat sebagai seorang Front Office Cashier. Juga akan dibahas apas saja tugas dan tanggung jawab Front Office Cashier.


Syarat-Syarat Seorang Front Office Cashier

front office cashier, pengertian front office cashier, tugas dan tanggung jawab front office cashier, syarat-syarat front office cashier, ruang lingkup front office cashier
front office cashier

Untuk menjadi seorang Front Office Cashier, seseorang petugas harus memiliki syarat-syarat tertentu, agar dapat melayani tamu secara maksimal. Jangan sampai tamu berfikir Front Office Cashier adalah bagian yang paling horror di sebuah hotel. Berikut ini syarat-syarat Front Office Cashier:

  1. Kejujuran (Honesly) : seorang FO Cashier harus jujur dalam bekerja, karena yang ditangani olehnya adalah soal uang. Jangan sampai seorang FO Cashier tidak jujur dan korupsi.
  2. Ketelitian ( Punctuality) : karena yang ditangani ini adalah uang, seorang FO Cashier harus teliti dan menghindari kesalahan dalam perhitungan tagihan tamu.
  3. Berhati-Hati (Carefully) : FO Cashier juga harus berhati dalam mengani keuangan kantor depan jangan sampai melakukan kesalahan yang dapat merugikan hotel.
  4. Dapat Dipercaya (Reliability) : seorang FO Cashier juga harus dapat dipercaya oleh rekan-rekanya, karena ia memiliki tanggung jawab keuangan kantor depan.
  5. Bertanggung Jawab (Responsibility) : apabila seorang FO Cashier melakukan keasalahan, ia harus bisa bertanggung jawab dan mengatasi masalah tersebut.
  6. Ketepatan (Accuracy) : sama seperti ketelitian, FO Cashier juga harus memiliki ketepatan dalam bekerja dibawah tekanan.
  7. Penolong (Helpuly) : sikap mau penolong juga penting bagi seorang FO Cashier, baik itu yang meminta tamu ataupun rekan kerja, seorang FO Cashier juga harus siap membantu.
  8. Ramah (Courteous) :karena seorang FO Cashier berada di depan dan juga sering bertemu dengan tamu, FO Cashier juga harus mampu ramah kepada tamu ketika melayani tamu tersebut.
  9. Kerapihan (Well Gromed) : dan yang terakhir adalah kerapihan seorang FO Cashier, baik itu dari segi penampilan ataupun kerapihan tempat kerja. Karena ini adalah penilaian pertama seseorang terhadap orang lain. Apa lagi Front Office Cashier akan banyak bertemu dengan orang.


Tugas dan Tanggung Jawab Front Office Cashier

front office cashier, pengertian front office cashier, tugas dan tanggung jawab front office cashier, syarat-syarat front office cashier, ruang lingkup front office cashier
front office cashier
 

Setelah memenuhi syarat sebagai seorang Front Office Cashier, maka seorang Front Office Cashier telah siap untuk menjalankan tuganya. Berikut ini adalah tugas dan tanggung jawab Front Office Cashier

  1. Front Office Cashier bertugas untuk menyiapkan rekening tamu atau bill tamu
  2. Front Office Cashier bertugas melayani pembayaran yang dilakukan oleh tamu
  3. Front Office Cashier bertanggung jawab atas kebenaran uang yang akan disetorkan kepada accounting
  4. Front Office Cashier bertanggung jawab atas kebenaran uang yang diterima dan dikelurkan oleh tamu
  5. Front Office Cashier bertugas mencetak rekening tamu


Ruang Lingkup Front Office Cashier

front office cashier, pengertian front office cashier, tugas dan tanggung jawab front office cashier, syarat-syarat front office cashier, ruang lingkup front office cashier
front office cashier

Setelah mengetahu tugas dan tanggung jawab sebagai Front Office Cashier, maka seorang Front Office Cashier harus mengetahui dimana saja ruang lingkup sebagai seorang Front Office Cashier. Berikut ini adalah ruang lingkup Front Office Cashier dalam menjalankan tugas dan tanggung jawbaabnya.

  1. Front Office Cashier berada dalam penanganan pembayaran tamu hotel
  2. Pelayanan tukar uang asing atau money changer oleh Front Office Cashier
  3. Pelayanan penitip barang berharga oleh tamu
  4. Front Office Cashier melakukan penyusunan hasil rekapitulasi hasi penjualan hotel
  5. Persiapan Front Office Cashier
  6. Menyiapkan area tugasnya sebagai Front Office Cashier
  7. Menyiapkan peralatan atau perlengkapan kerja Front Officer Cashier, misalnya mesin kas register, formulir rekening tamu, dan lain sebagainya
  8. Menyiapkan uang kontan yang di perlukan dalam tugas Front Office Cashier
  9. Menyiapkan seluruh intruksi yang telah di terima Front Office Cashier, sepert untuk penukaran uang asing, titip barang berharga dan sebagainya
  10. Front Officer Cashier menyiapakan harga jual kamar yang berlaku di hotel saat ini


Baca Juga : Jenis-Jenis Formulir Bellboy, Administrasi Seksi Concierge


Tidak bisa dipungkiri Front Office adalah bagian yang penting dalam sebuah hotel terutama Front Office Cashier. Front Office Cashier menjadi tempat dimana tamu melakukan pembayaran dari apa yang telah merekan dapatkan dari hotel tersebut. Oleh karena itu petugas Front Office Cashier harus dapat menjalankan tugasnya dengan tepat agar menghindari kerugian hotel akibat kesalahan yang mungkin dilakukan.


Itulah tadi penjelasan mengenai pengertian, tugas dan tanggung jawab Front Office Cashier, serta syarat-syarat sebagai Front Office Cashier. Juga yang terkahir ruang lingkup Front Office Cashier. Jika ada sesuatu hal yang kurang jelas dari artikel ini, silahkan ditanyakan di kolom komentar. Dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua yang membacanya.



LihatTutupKomentar