Jenis-Jenis Formulir (Form) dan Peralatan Reception Section -->

Jenis-Jenis Formulir (Form) dan Peralatan Reception Section

contoh formulir, peralatan, pengertian guest card, room rack, registration form, guest slip, formulir registrasi front office hotel beserta fungsinya, formulir reception, formulir receptionist, formulir reception hotel, formulir front office dan pengertiannya, formulir yang ada di front office, jenis jenis formulir front office pengertian guest card, contoh fromulir registrasi hotel, alat alat yang digunakan di front office, area kerja reception dan peralatan yang digunakan, peralatan operasional yang digunakan di front desk, sebutkan peralatan pada section reception, peralatan yang ada di receptionis, peralatan yang ada di reception section,
Jenis-jenis Formulir dan Peralatan Reception

jenis jenis formulir reception dan peralatan yang ada di reception section ialah alat alat operasional yang digunakan di front office dan pengertiannya, formulir front office dan pengertiannya

Jenis jenis Formulir dan Peralatan Reception. Halo broo, kembali lagi di blog Daily Tripp. Pada artikel kali ini, admin akan memberikan materi-materi tentang jenis-jenis formulir reception dan perlatan yang di gunakan di reception hotel. Tapi sebelum memasuki inti materi kita kali ini, yaitu tentang formulir dan peralatan di reception, admin terlebih dahulu akan menjelaskan secara umum apa itu reception. 

 

Pengertian Reception

Reception adalah salah satu section yang ada di Front Office Department yang mempuyai tugas dan tanggung jawab dalam menangani kedatangan tamu (check-in), menangani tamu pindah kamar, dan menangani keberangkatan tamu (check-out), serta Reception juga bertanggung jawab dalam menangani tamu yang datang untuk menginap di hotel tanpa reservasi sebelumnya.

peralatan front office beserta fungsinya

Dalam menunjang semua kegiatan seorang reception, tentu memerlukan peralatan yang dapat mendungkung pekerjaan pada bagian reception. Peralatan ini bertujuan untuk memudahkan pekerjaan seorang receptionist agar pekerjaanya  menjadi lebh cepat dan efisien serta lebih efektif.

pengertian guest card

Selain itu, diperlukan juga formulir-formulir pendukung untuk membantu petugas Reception dalam mencatat segala kegiatan yang berhubungan dengan tamu. Berikut ini jenis-jenis formulir dan peralatan yang digunakan dalam Section Reception. Jenis-jenis fornulir reception.

 

contoh formulir registrasi hotel

Jenis-Jenis Formulir (Form) dan Peralatan Pada Section Reception

formulir receptionist

contoh formulir, peralatan, pengertian guest card, room rack, registration form, guest slip, formulir registrasi front office hotel beserta fungsinya, formulir reception, formulir receptionist, formulir reception hotel, formulir front office dan pengertiannya, formulir yang ada di front office, jenis jenis formulir front office pengertian guest card, contoh fromulir registrasi hotel, alat alat yang digunakan di front office, area kerja reception dan peralatan yang digunakan, peralatan operasional yang digunakan di front desk, sebutkan peralatan pada section reception, peralatan yang ada di receptionis, peralatan yang ada di reception section,
Formulir Reception dan Peralatan Reception

Formulir Reception hotel ini bertujuan agar dapat membantu pekerjaan petugas reception sehingga menjadi lebih cepat dan efisien. Selain itu juga dapat memcegah pengeluaran yang tidak diperlukan karena lambatnya dan kurang efisien dalam bekerja. contoh registration form hotel

contoh formulir registrasi hotel

Formulir Reception

  1. Log Book adalah buku yang digunakan untuk berkomunikasi dari shift sebelumunya kepada shift selanjutnya, mengenai hal-hal yang harus ditindak lanjuti.
     
  2. Room Slip adalah kartu yang berisikan informasi tamu yang diletakan pada room rack. guest slip adalah
     
  3. Expected Arrival List adalah formulir yang berisikan daftar nama-nama tamu yang diharapkan kedatangannya.
     
  4. Expected Departure List adalah formulir yang berisikan daftar nama-nama tamu yang diharapkan keberangkatannya.
     
  5. Booking Card adalah kartu yang digunakan untuk memboking atau membloking kamar pada room rack, agar kamar tersebut tidak bisa dijual oleh petugas lainnya.
     
  6. Group Information List adalah daftar informasi dari tamu-tamu rombongan atau kelompok.
     
  7. Rooming List adalah daftar jumlah kamar yang akan digunakan oleh suatu group yang akan menginap di suatu hotel.
     
  8. VIP List adalah daftar nama-nama tamu yang memiliki status sangat penting
     
  9. Reqution Form adalah formulir yang digunakan dalam mencatat permintaan-permintaan khusus dari tamu
     
  10. Registration Form adalah formulir yang digunakan dalam manangani kedatangan tamu (check-in) yang berisikan informasi tamu tersebut.
     
  11. Guest Card adalah kartu yang diberikan kepada tamu yang baru melakukan registrasi yang berfungsi sebagai identitas tamu selama menginap di hotel.
     
  12. Breakfast Coupon adalah kupon yang diberikan kepada tamu yang dapat digunakan oleh tamu untuk mengklain sarapan mereka selama menginap di hotel.
     
  13. Guest Bill adalah  nota yang berisikan jumlah tagihan yang harus dibayarkan oleh tamu.
  14. Guest History Card adalah kartu yang berisikan informasi riwayat kunjungan tamu di hotel tersebut.
     
  15. Arrival And Departure Book adalah buku yang berisi informasi kedatangan dan keberangkatan tamu.
     
  16. Room And Rate Change formulir yang berupa daftar yang berisikan perubahan harga-harga kamar.
     
  17. Late Check-Out Notice adalah daftar peringatan mengenai tamu yang terlambat check-out.
     
  18. Verification Of Departure Date Form adalah formulir yang digunakan untuk memverifikasi tanggal keberangkatan tamu.
     
  19. Guest In The House adalah daftar nama-nama tamu yang menginap di suatu hotel yang diurutkan berdasarkan nama atau nomor kamar.
     
  20. Room Report adalah formulir yang digunakan untuk mencatat dan melaporkan status-status kamar.
     
  21. Room House Count Sheet adalah lembar yang digunakan untuk menghitung jumlah kamar yang tersedia, yang disusun berdasarkan kelompoknya.
     
  22. Room Sale Recapitulation Form adalah formulir yang berisi rekapitulasi menjualan kamar.
     
  23. Room Discrepancy Report adalah daftar kamar-kamar yang terdapat perbedaan status dari housekeeping dan front office.

 

Baca Juga : Tugas dan Tanggung Jawab Reception Hotel


Peralatan yang ada di Reception Section

Peralatan Reception. Area kerja reception dan peralatan yang digunakan dalam mendukung semua pekerjaan di bagian reception ini sangatlah penting. Peralatan Reception ini bertujuan untuk mempermudah pekerjaan pada bagian reception, agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat, efektif dan efisien. Oleh karena itu, ada beberapa peralatan operasional yang digunakan di front desk. Berikut ini adalah beberapa peralatan yang ada di Reception section.

  1. Counter adalah tempat dimana petugas reception bekerja dalam melakukan kegiatannya saat registrasi, memberi informasi, dan menerima kedatangna tamu.
  2. Room Rack adalah rack yang digunakan untuk menggambarkan status kamar secara keseluruhan yang ada di hotel.

  3. Information Rack merupakan rack yang berisi iniformasi tentang tamu
     
  4. Remind o-Timer adalah  alat yang digunakan untuk mengingat waktu mengenai hal yang harus dilakukan.
     
  5. Key Rack adalah rack yang digunakan untuk menyimpas kunci-kunci kamar hotel.
     
  6. Date And Stamping Mechine adalah alat yang digunakan untuk mencetak tanggal dan waktu, atau dengan kata lain alat ini seperti stempel.
     
  7. Printer adalah alat yang digunakan oleh reception untuk mencetak file-file yang diperlukan dalam operasional.
     
  8. Folio Rack adalah rak yang digunakanan untuk menyimpan guest folio.
     
  9. Computer Terminal merupakan komputer yang digunakan sebagai pusat pengolahan data.
     
  10. Posted Voucer Rack  adalah rack yang digunakan untuk menyimpan voucer yang telah diposting.
     
  11. Electronic Posting Machine adalah alat yang digunakan untuk memposting rekening tamu ke dalam guest folio.
     
  12. Hold Mail Rack adalah rack yang digunakan untuk menyimpan surat-surat yang akan di berikan kepada tamu.
     
  13. Telephone adalah alat yang digunakan untuk melakukan komunikasi jarak jauh.
     
  14. Telex Machine adalah alat yang digunakan untuk mengirim berita, yang dimana penulisannya dalam betuk singkatan.



Dari sekian banyak peralatan pada section reception yang sudah disebutkan di atas, mungkin masih ada lagi beberapa peralatan lain yang belum disebutkan. Mengkin juga ada beberapa peralatan reception yang disebutkan di atas sudah tidak lagi digunakandalam di hotel karena teknologinya sudah dalam bentuk digital atau lebih modern. Namun apapun peralatan yang digunakan di reception, itu bertujuan sama yaitu membatu pekerjaan bagian reception agar pekerjaan menjadi lebih cepat, efektif, dan efisien.

room rack front office, alat alat yang digunakan di front office, peralatan operasional yang digunakan di front desk, sebutkan peralatan pada section reception, peralatan yang ada di receptionis, peralatan yang ada di reception section,

So, admin rasa cukup pembahasan kali ini mengenai materi tentang jenis-jenis formulir reception dan peralatan yang ada di reception. Admin harapa tulisana ini dapat bermanfaat dengan memberikan informasi yang dibutuhkan bagi kalian yang membacanya.

LihatTutupKomentar