Media Reservasi Kamar Hotel, Media Pemesanan Kamar -->

Media Reservasi Kamar Hotel, Media Pemesanan Kamar

media reservasi, media reservasi kamar, media pemesanan kamar, media pemesanan kamar hotel. media reservasi kamar hotel, media-media reservasi kamar.
Media Reservasi

Media Reservasi Kamar Hotel. Reservasi adalah salah satu section yang ada di Front Office Department yang bertugas menangani pemesanan kamar yang dilakukan calon tamu di suatu hotel.


Pemesanan kamar yang dilakukan oleh tamu terkadang bisa berasal dari berbagai sumber dan media reservasi. Reservasi itu bisa berasal dari perusahaan penyediaan perjalanan atau bisa tamu sendiri yang mengunjungi situs hotel utuk melakukan pemesana kamar.


Namun para calon tamu cenderung untuk menggunakan media reservasi  yang oraktis dan tidak memakan banyak waktu. Seperti kasa travel agent untuk pemesanan kamar.
 

Dalam proses pemesanan kamar tersebut memerlukan sebuah media pemesanan kamar untuk memperlancar proses reservasi tersebut. Media reservasi adalah alat, metode, atau cara yang digunakan seseorang dalam melakukan pemesanan kamar atau proses pemesanan kamar.


Berikut ini adalah media-media reservasi atau media pemesanan kamar yang biasa digunakan oleh tamu dalam memesan kamar


Media Pemesanan Kamar

1. Telepon : telepon merupakan alat komunikasi yang cepat, efektif dan efisien. Biasanya pihak hotel akan memberikan atau memasang nomor telepon hotel dalam sebuah brosur atau website hotel.


Dengan media reservasi berupa telepon, pihak tamu bisa menghubungi nomor telepon yang tertera pada website atau brosur untuk melakukan pemesanan kamar.


2. Surat : jaman dulu surat memang media pemesanan kamar yang sering digunakan pihak hotel dan calon tamu dalam memproses pemesanan kamar. Namun di jaman sekarang yang serba digital, surat sudah jarang atau bahkan tidak digunakan lagi dalam media reservasi. Karena surat memerlukan waktu yang lama dalam menyampaikan informasi mengenai proses pemesanan kamar.


3. E-mail : e-mail adalah surat elektronik yang dikirimkan menggunakan jaringan internet. Karena surat di jaman sekarang sudah jarang digunakan dalam pemesanan kamar, maka di jaman sekarang surat elektronik (e-mail) lah yang sering digunakan sebagai media reservasi dalam memroses pemesanan kamar karena jauh lebih praktis dan efisien.


4. Faximail : faximail adalah salah satu media reservasi yang lebih maju dari telepon. Membuat reservasi menggunkan faximail memungkinkan kita mempunyai bukti tertulis mengenai reservasi yang dibuat, terutama mengenai konfirmasi dari pihak hotel.


Ketika kita akan melakukan check in di hotel tempat kita menginap, kita bisa menunjukan bukti konfirmasi pemesanan kamar yang dikirim menggunakan faximail  dari hotel ini kepada pihak hotel.


5. Telex : telex adalah media reservasi yang dulu sering digunakan. Media ini sering digunakan karena cepat diterima serta ada bukti pemesanan kamar.


Namun biaya pengirimannya cukup mahal karena biaya dihitung berdasarkan jumlah huruf. Oleh karena itu, cara mengirimannya menggunakan kode-kode atau singkatan yang sudah saling dimengerti.


6. Komputer : komputer merupakan media reservais yang paling baru dan paling banyak digunakan.dalam pemesanan kamar. Karena menggunkan komputer sebagai media reservasi, jauh lebih cepat, praktis dan efisien karena prosesnya bisa dilakukan dengan cepat.


7. Handphone : handphone atau smartphone atau mobile phone atau apapun sebutannya merupakan media reservasi yang jauh lebih praktis lagi dari komputer. Karena hal yang biasanya dilakukan melalui komputer dapat digunakan menggunakan handphone, terutama pihak calon tamu.


Jaman sekarang sebagian besar orang sudah memiliki handphone. Orang-orang dapat memesan kamar menggunkan media reservasi handphone dengan membuka aplikasi pemesanan kamar. Sehingga proses pemesanan kamar menjadi lebih praktis.


8. Perorangan : cara pemesanan kamar ini sudah jarang dilakukan orang. Karena calon tamu harus datang langsung ke hotel tempat mereka ingin menginap, sehingga hal ini dapat memerlukan waktu dan biaya yang jauh lebih banyak.


 
Itulah tadi penjelasan mengenai media-media reservasi kamar hotel. Media reservasi ini sangat diperlukan calon tamu dan pihak hotel dalam meperlancar proses pemesanan kamar.


Semoga artikel kali ini tentang media-media reservasi dapat bermanfaat bagi kalian.

 
Baca Juga :
LihatTutupKomentar