-->

Follow Daily Trip

Fungsi dan Peranan Hotel

fungsi hotel, peranan hotel. fungsi dan peranan hotel
Fungsi dan Peranan Hotel

Fungsi dan Peranan Hotel Fungsi utama dari hotel ialah sebagai sarana untuk memenuhi keperluan tamu atau wisatawan sebagai tempat tinggal sementara selama jauh dari tempat asalnya.


Pada lazimnya keperluan utama para tamu dalam hotel ialah rehat, tidur, mandi, makan, minum, hiburan dan lain-lain. Tapi dengan perkembangan dan kemajuan hotel sekarang ini, fungsi hotel bukan saja sebagai tempat menginap atau rehat bagi para tamu, tetapi fungsinya bertambah sebagai tujuan konferensi, seminar, lokakarya, musyawarah nasional dan aktivitas lainnya semacam itu yang tentunya menyediakan sarana dan prasarana yang komplit.


Dengan demikian fungsi hotel sebagai suatu sarana komersial berfungsi bukan cuma untuk menginap, beristirahat, makan dan minum tetapi juga sebagai tempat melangsungkan beraneka macam aktivitas yang cocok dengan tujuan pasar hotel tersebut.


Fungsi dan Peranan Hotel dalam Industri Pariwisata

Fungsi hotel sekarang selain menjadi daerah menginap, hotel juga memberikan bermacam fasilitas tambahan lainya yang bisa memberikan kenyamanan lebih bagi tamu yang menginap di suatu hotel. Fungsi hotel sekarang juga bisa diwujudkan untuk melakukan sebuah pertemuan, seperti pertemuan bisnis, seminar, meeting, serta acara pribadi seperti ulang tahun dan pernikahan.


Karenanya, fungsi hotel sekarang tak cuma untuk mendatangkan tamu merasakan fasilitas kamar, melainkan juga untuk merasakan berbagai fasilitas dan pelayanan yang disediakan hotel, yang bisa memberikan keuntungan bagi pihak hotel.


Fungsi Hotel dalam Industri Perhotelan

Fungsi hotel sebagai suatu usaha komersial, sumber pendapatan terbesarnya berasal dari penjualan kamar selain makanan dan minuman. Fakta ini disokong dari hasil penelitian yang menunjukan bahwa lebih dari 50% uang yang dikeluarkan wiasatawan disedot oleh perusahaan perhotelan.


Berikut ini apa saja yang menjadi fungsi hotel.

  • Laundry, kalau tamu mau memakai layanan sehingga bajunya selalu rapi dan siap untuk diterapkan.
  • Fungsi hotel sebagai sebuah daerah untuk latihan, fasilitas ini adalah daerah unggulan bagi pengunjung yang menyukai olahraga
  • Lounge, daerah ini adalah ruang bagi para tamu mau melepaskan penatnya, sebab di sini ada bermacam macam hiburan seperti karaoke, biliar dan lainnya
  • Fungsi hotel sebagai ruang bermain, kalau tamu memiliki buah hati kecil dan perlu taman bermain.
  • Fungsi hotel sebagai sarana untuk memenuhi keperluan tamu (pelancong atau pelancong).
  • Fungsi hotel sebagai daerah tinggal sementara ketika sedalang melakukan suatu perjalanan.
  • Sungsi hotel sebagai daerah menginap atau istirahat bagi para tamu.
  • Fungsi hotel sebagai tujuan konferensi, seminar, lokakarya, musyawarah nasional dan aktivitas lainnya.



Fungsi dan Peranan Hotel, fungsi hotel, peranan hotel
Fungsi Hotel

Peranan Hotel dalam Industri Pariwisata

Disamping fungsi hotel kepada pariwisata betul-betul penting, peranan hotel juga salah satu hal yang penting dalam pariwisata. Bagaimana tak, hotel yang adalah salah satu daerah menyediakan jasa akomodai bagi para pelancong, betul-betul membatu dal memudahkan para wisatawan yang sedang melakukan aktivitas pariwisata dengan layanan penginapan yang diberikannya.


Industri perhotelan betul-betul berhubungan erat dengan industri pariwisata. Peranan hotel dalam hal ini adalah hotel adalah salah satu faktor pendukung dalam pariwisata, atau yang lazim diketahui dengan istilah 4A (akomodation, attraction, acsessibity, dan amenities)


Hotel temasuk dalam hal pokok dalam dunia kepariwisataan (main tourism superstructures), hal itu berarti aktivitas pariwisata bergantung banyak kepada banyaknya pelancong yang berkunnjung.


Kecuali hal yang demikian melibatkan bermacam sektor usaha, seperti usaha transportasi, usaha penginapan, usaha makan dan minum, jasa pemandu liburan, dan usaha lainnya yang bergerak di industri pariwisata. Oleh sebab itu, peranan hotel adalah hal yang penting dalam keberlangsungan industri pariwisata itu sendiri.


Fungsi dan peranan hotel adalah salah satu faktor pendung dalam penyelenggaraan kegitan pariwisata.  dalam pendapat spillane (1994 : 30), ia mengutarakan bahwa ada 3 pemeran utama dalam sutu industri pariwisata, adalah:

 

Orang-orang yang mencari rasa puas dan gembira dari perjalanan mereka (tamu/pelancong)
Orang-orang yang tinggal di daerah tujuan liburan (masyarakat setempat)
Yang menjadi perantara dalam menjual atau mempromosikan daerah liburan hal yang demikian (usaha pariwisata)


Dengan fungsi dan peranan hotel kepada pariwisata hal yang demikian, menjadika industri pariwisata salah satu sektor yang penting dan diakui menjadi salah satu hal yang terpenting dan menguntungkan dalam hal perekonomian.


Fungsi dan Peranan Hotel dalam Perekonomian Nasional

Sebagai sebuah industri, hotel merupakan salah satu usaha yang bisa memiliki banyak kontribusi terhadap perekonomian. Baik itu fungsi dan peranan, hotel berperan dalam perekonomian nasional, ataupun perekonomian global.


Tetapi di masa kini, dengan semakin pesatnya kemajuan dan perkembangan industri perhotelan, fungsi hotel juga sudah mengalami perkembangan. Fungsi hotel sekaran tidak hanya sebagai daerah untuk akomodasi, tetapi hotel juga memiliki fungsi yang lain yang sungguh-sungguh menguntungkan, seperti hotel bisa digunakan untuk melaksanakan suatu pertemuan, seminar, meeting, acara pertunjukan, promosi, pertunjukan seni dan tradisi dan lain sebagainnya. Dengan begitu, hotel akan mendapatkan keuntungan lebih dari hasil fungsi hotel yang berkembang hal yang demikian.


Dengan menyelenggarakan berjenis-jenis kegiatan seperti yang disebutkan di atas, tentu akan membutuhkan banyak karyawan. Dengan begitu banyak kekuatan kerja yang akan terserap dan roda perekonomian bisa berputar. Dengan begitu fungsi hotel juga bisa menjadi salah satu penggerak perekonomian nasional.


Untuk lebih detailnya tetang fungsi hotel. Berikut ini akan dijabarkan beberapa fungsi hotel dalam perekonomian nasional.


Fungsi dan Peranan Hotel, fungsi hotel, peranan hotel
Peranan Hotel

Fungsi Hotel Terhadap Perekonomian Nasional

Agar lebih mengenal tentang fungsi hotel, kita semestinya melihat fungsi hotel itu tidak hanya dari satu sudut pandang. Pada dasarnya fungsi hotel sungguh-sungguh bergantung dari siapa yang melihat eksistensi hotel itu sendiri


Maka dari itu, berikut ini fungsi hotel dalam perekonomian dilihat dari sudut pandang pemilik hotel, karyawan, tamu, dan pemerintah.


Fungsi Hotel Bagi Pemilikan Hotel

Pada dasarnya, fungsi hotel bagi pemilik hotel yang berkecimpung dalam usaha business, hotel merupakan alat bagi pemilik hotel untuk menerima suatu keuntungan dan modal usaha. Fungsi hotel bagi pemilik hotel ini tidak terlepas dari bagaimana ia mengamankan dan menuyelamatkan modal usaha itu sendiri.


Fungsi Hotel Bagi Karyawan Hotel

Sebagai karyawan, pekerjaan merupakan hal  utama bagi mereka untuk medapatkan suatu pemasukan. Tak beda halnya dengan hotel. Fungsi hotel bagi karyawannya merupakan daerah untuk mereka menerima penghasilanan yang dimana digunakan untuk memenuhi keperluan hidupnya. Fungsi hotel dalam hal ini merupakan sebagai salah satu daerah untuk menyerap kekuatan kerja, yang mana dengan begitu bisa menggerakan roga ekonomi.


Fungsi Hotel Bagi Tetamu Hotel

Fungsi hotel bagi tamu sudah pastinya merupakan sebagai daerah mereka untuk menginap dan menerima kenyamananm keamanan, dan kepuasan dari pelayanan yang diberikan hotel. Sebagai pengguna jasa, tamu hotel merupakan salah satu sumber penghasilan bagi sebuah hotel. Maka dari itu hotel sungguh-sungguh bergantung dari jumlah tamu dalam hal pendapatan mereka.

Fungsi Hotel Bagi Pemerintah

Pada dasarnya, hotel merupakav suatu usaha yang sungguh-sungguh besar manfaatnya bagi pemerintah, baik itu pemerintah sentra, ataupun pemerintah daerah. Fungsi hotel dalam hal ini sebagai daerah untuk menyerap sebanyak-banyaknya kekuatan kerja. Semakin banyaknya hotel, hal itu juga berarti terbukanya lapangan kerja yang baru serta terbukanya kans kerja bagi banyak orang, guna membantu program pembangunan.


Fungsi hotel bagi pemerintah juga dalam hal ini akan meningkatkan pendapatan negara yang masuk dalam wujud devisa. Serta fungsi hotel juga sebagai media untuk mengenalkan kebudayaan dan keindahan alam di suatu daerah.


Peranan Hotel Dalam Perekonomian Nasional

Peranan hotel saat ini bisa dikatakan sebagai salah satu sektor yang menyebabkan sektor lain bisa tumbuh dan berkembang seperti pariwisata, bisnis, dan pengembangan dan pelesatrian seni dan tradisi.


Dalam hal ini peranan hotel juga bisa dikatakan sebagai penggerak sektor lainnya dan memiliki multiplier effect bagi usaha lainnya, seperti usaha makan dan minum, hiburan, transportasi, dan lain sebagainya. Dengan begitu, investasi yang dimaksimalkan dalam usatu usaha semestinya memiliki pemain-pemain pariwisata yang berkompeten dan bersinergi dengan komponen pariwisata lainnya.


Dalam menyokong pembangunan negara, usaha perhotelan mempunyai peran antara lain :

1. Meningkatkan industri rakyat

Hotel banyak menawarkan barang-barang yang diproduksi oleh industri rakyat, seperti meubel, bahan pakaian, makanan, minuman dan lain sebagainya. Dengan dengan begitu, masyarakat dapat terus prosuktif dan menghasilkan sehingga perekonomian tetap berjalan.
 

2. Menghasilkan lapangan kerja

Seperti yang sering kita lihat, terutama di daerah objek wisata, sangat banyak hotel yang didirikan disekitarnya. Dengan banyaknya hotel di tempat wisata, tentu akan banyak membutuhkan pegawai, sehingga tebukanya banyak lapangan pekerjaan. Disamping itu, akan banyak juga usaha lain yang ada di sekitar hotel yang dibuka, maka banyak juga lapangan pekerjaan yang terbuka.


3. Menolong usaha pendidikan dan latihan

Karena banyaknya permintaan tenaga kerja dari sektor perhotelan, maka kualitas tanaga kerja juga harus diperhatikan. Dengan dibutuhkannya kuantitas dan kualitas tenaga kerja, maka kan menolong usaha pendidikan dan pelatihan. Akan banyak orang yang menempuh pendidikan dan pelatihan di bidang perhotelan karena kesempatan bekerja di perhotelan itu sendiri.


4. Meningkatkan pendapatan negara

Karena pariwisata, tentu akan banyak orang yang berkenjung ke suatu daerah tujuan wisata, baik itu wisatawan lokal, maupun wisatawan mancanegara. Terutama wisatawan mancanegara, mereka akan memberikan pemasukan bagi negara dalam bentuk devisa. Karena saat berlibur, wisatawan tentu akan membelanjakan uangnya di tempat yang mereka tuju. Dan yang pasti, mereka akan sebagian besar menghabiskan uangnnya untuk biaya hotel. Maka dari itu, hotel berperan dalam meningkatkan pendapatan negara.


5. Meningkatkan devisa negara

Seperti yang sudah disebutkan di atas, wisatwan mancanegara akan memberikan pendapatan negara dalam bentuk devisa. Devisa adalah pendapatan suatu negara dalam bentuk mata uang asing. Saat ingin membelanjakan uangnnya, tentu tamu asing tersebut harus menukarkan uangnya terlebih dahulu dengan rupiah. Mereka akan menukarnya ke money changer, maka dari situlah negara akan mendapatkan suatu devisa.


6. Meningkatkan hubungan antar bangsa.

Dengan terjadinya suatu pariwisata, tentu akan terjadi interaksi antar orang yang berbeda negara. Baik itu sebagai wisatwan, maupun para pemangku pariwisataa. Dengan begitu pemerintah akan  saling melakukan kerja sama dalam hal pariwisata. Dan juga, kita bisa mendapatkan kenalan atau teman dari berbagai negara melalui pariwisata.

Ok demikian dulu pembahasan kali ini tentang fungsi dan peranan hotel. Semoga informasi ini dapat membantu kalian dan bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

LihatTutupKomentar