Jenis - Jenis Alat Pembayaran dan Metode Pembayaran Tamu Hotel -->

Jenis - Jenis Alat Pembayaran dan Metode Pembayaran Tamu Hotel

Jenis - Jenis Alat Pembayaran dan Metode Pembayaran Tamu Hotel

Metode Pembayaran di Hotel. Hallo semuanya, selamat datang kembali di Blog Day Trip. Pada pembahasan kali ini admin akan membagikan sebuah artikel yaitu tentang Jenis Pembayaran di Hotel atau Cara Pembayaran Hotel. Bagi kalian yang sedang berencana untuk menginap di hotel tentu kalian harus mengetahui metode pembayaran kamar di hotel. Maka dari itu simak pembahasan admin berikut ini.




Front Office Department adalah salah satu department hotel yang memiliki tugas dalam melayani segala kebutuhan tamu mulai dari tamu tiba di hotel, sampai dengan meninggalkan hotel. Karena Front Office adalah pusat operasional hotel, untuk memperlancar hal tersebut Front Office dibagi menjadi beberapa bagian, salah satunya adalaha Front Office Cashier.

 

Baca Juga : Contoh Percakapan Bellboy Dengan Tmu Dalam Menangani Tamu Check-In Bahasa Inggris dan terjemahan


Pengertian Front Office Cashier

Front Office Cashier adalah salah satu section yang ada di Front Office Department yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam menangani keuangan di kantor depan. Front Office Cashier ini akan menangani segala tagihan tamu. Tamu yang menggunakan fasilitas hotel atau membeli sesuatu di dalam hotel, akan ditangani oleh Front Office Cashier, termasuk juga untuk pembayaran kamar.


Pembayaran tagihan atau bill tamu ini ada beberapa jenis-jenis pembayaran atau metode pembayaran tamu hotel ini. Lalu ada berapa sih sistem pembayaran tamu di hotel ? Pembayaran apa saja yang ada di hotel? Pembayaran apa saja yang diterima di kasir hotel?Metode pembayaran apa yang biasanya dipakai oleh tamu dalam melakukan pembayaran terhadap tagihan kamarnya?
 Berikut ini penjelasan jenis-jenis alat pembayaran tamu di hotel atau metode pembayaran tamu hotel.



Jenis Alat dan Metode Pembayaran Tamu Hotel

 

Jenis - Jenis Alat Pembayaran dan Metode Pembayaran Tamu Hotel

Dalam menangani pembayaran tagihan atau bill dari tamu, FO Cashier biasanya akan menjumpai berbagai jenis-jenis pembayaran atau metode pembayaran tamu di hotel. Pembayaran apa saja yang ada di hotel? Pembayaran apa saja yang diterima di kasir hotel?Metode pembayaran apa yang biasanya dipakai oleh tamu dalam melakukan pembayaran terhadap tagihan kamarnya? Berikut ini adalah metode pembayaran yang biasa dilakukan oleh tamu.


1. Cash Settlement

Metode pembayaran cash atau tunai adalah metode pembayaran yang dilakukan oleh tamu secara tunai dalam dalam jumlah penuh atau sisa tagihan sesuai dengan harga yang harus dibayarkan pada saat check-out.

2. Cash Deposit

Cash Deposit adalah metode pembayaran tunai yang dilakukan oleh tamu ketika melakukan pemesanan kamar atau saat tamu masih menginap di hotel.

3. Cash Deposit Refund

Cash Deposit Refund adalah uang sisa kembalian yang dimiliki tamu ketika tamu melakukan pembayaran cash deposit. Karena biasanya pihak hotel akan meminta lebih terhadap cash deposit apabila seandainya tamu menggunakan fasilitas hotel yang memerlukan tagihan, dan sisa uangnya akan dikembalikan ketika check-out

4. Credit Card

Metode pembayaran dengan kartu kredit adalah pembayan yang dilakukan ke lembaga keuangan penerbit kartu kredit yang tamu miliki sesuai dengan persyaratan kartu kredit yang berlaku

5. Debit Card

Pembayaran dengan debit card biasanya bisa dilakukan tamu memiliki tabungan atau saldo di bank, akan bisa ditarik baik secara tunai atau digunkan untuk pembayaran menggunakan kartu debit

6. Bank Cheque

Bank Cheque atau dalam Bahasa Indonesia “cek” , adalah surat atau dokumen yang berisi perintah tak bersyarat dari nasabah bank agar bank tersebut membayar sejumlah uang  yang tertera pada surat itu kepada pihak hotel.


7. Traveller’s Cheque

Traveller’s Cheque atau Cek perjalanan adalah alat pembayaran semacam cek yang diciptakan bagi orang yang melakukan perjalanan dan dapat diuangkan pada kantor bank yang mengeluarkan atau pihak yang ditunjuk.


8. Travel Agent Ledger

Travel Agent Ledger adalah pembayaran kepada pihak hotel yang ditagih melalui pihak travel agent, karena tamu sebelumnya melakukan pembayaran kepada pihak travel agent. Pembayaran kamar dimana pembayarannya oleh travel agent maka biasanya tamu akan membawa kartu credit.

9. Company Ledger

Company Ledger adalah pembayaran yang dibebankan kepada pihak perusahan yang menginap di suatu hotel. Biasanya tamu menginap atas nama perusahaan tempat mereka bekerja. 


Metode pembayaran yang biasa dilakukan oleh tamu ketika selesai menginap di hotel dimana tamu tersebut merupakan tamu sebuah perusahaan dan semua perjalanannya ditanggung oleh perusahaan tempat mereka bekerja disebut Company Ledger

10. Government Ledger

Pembayaran metode ini adalah pembayaran yang ditagihkan kepada instansi pemerintah yang menginap di suatu hotel

11. City Ledger

Metode ini adalah bentuk pembayaran yang ditagihkan kepada tamu yang sudah check-out dan sudah sering menginap di hotel tersebut.

Baca Juga : Peralatan dan Perlengkapan Kasir Front Office


12. Guest Ledger

Sedangkan guest ledger adalah tagihan yang harus dibayarkan tamu dimana tamu tersebut masih menginap di hotel tersebut namun dalam keadaan menginap dalam jangka waktu yang lama

13. Paid Out Procedure

Paid out ini berarti tagihan bagi tamu ketika pihak hotel harus mengeluarkan sejumlah uang terhadapap sesuatu, seperti biaya taksi. Biaya ini akan dimasukan ke dalam tagiahan tamu dan diposting  pada bagian paid out.


14. Pre-Payment

Pembayaran yang dilakukan oleh para tamu hotel yang menginap dimana keseluruhan pembayaran akan kamar dan fasilitas yang digunakan dibayar di awal sebelum tamu menggunakan fasilitas yang dipesan disebut dengan Pre Payment


Baca Juga : Jenis-Jenis Harga Kamar Hotel



Jadi itulah tadi pembahasan admin tentang beberapa jenis alat pembayaran tamu hotel atau metode pembayaran tamu di hotel. Dengan penjelasan sistem pembayaran di hotel ini, semoga dapat bermanfaat bagi kalian para pembaca dan admin mohon maaf jika ada tulisan admin yang kurang dimengerti.


LihatTutupKomentar