-->

Follow Daily Trip

Jenis-Jenis Harga Kamar Hotel

jenis jenis harga kamar hotel, jenis harga kamar, jenis harga kamar hotel,  jenis jenis harga kamar, harga kamar hotel, macam macam jenis harga kamar, apa yang dimaksud dengan harga kamar hotel ?

jenis jenis harga kamar hotel, jenis harga kamar, jenis harga kamar hotel,  jenis jenis harga kamar, harga kamar hotel, macam macam jenis harga kamar, apa yang dimaksud dengan harga kamar hotel ?
Jenis-Jenis Harga Kamar Hotel


Jenis-Jenis Harga Kamar Hotel. Hallo semuanya, selamat datang di blog Daily Trip. Pada artikel kali ini admin berniat membagikan sebuiah materi yang berhubungan dengan Front Office, yaitu jenis jenis harga kamar hotel. Maka dari itu simak dan baca artikel sampai habis agar kalian mendaptkan ilmu mengenai jenis harga kamar hotel.


Tapi sebelum itu kalian harus tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan harga kamar hotel.


Baca Juga : Jenis - Jenis Alat Pembayaran dan Metode Pembayaran Tamu Hotel


Apa yang dimaksud dengan harga kamar hotel ?

Adakah disini yang tau apa itu harga kamar ? mari admin jelaskan. Harga kamar adalah sesuatu yang dibebankan kepada tamu atau customer yaitu sejumlah uang untuk mendapatkan suatu fasilitas dan pelayanan yang dihitung dalam satu malam.


Pada dasarnya, harga kamar-kamar hotel akan selalu berubah. Hal ini didasari pada kondisi yang berbeda. Misalnya harga kamar hotel yang satu dengan yang lainnya berbeda, maka masing-masing hotel tersebut akan mempelajari harga kamar saingannya agar dapat menarik para tamu untuk menginap di salah satu hotel tersebut. Jadi tidak perlu heran bila kamu yang sering bepergian, sering menjumpai harga-harga kamar hotel yang berbeda dengan jenis kamar yang sama.


Namun ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perbedaan harga kamar, salah satunya seperti yang admin sebutkan tadi.


Jadi berikut ini faktor-faktor yang mempengaruhi harga kamar hotel.


Faktok Pengaruh Penentuan Harga Kamar

Untuk memdukung materi utama kita kali in mengenai jenis jenis harga kamar hotel, maka disisni admin akan memberikan faktor apa saja yang memperngaruhi penentuan harga kamar hotel.

jenis jenis harga kamar hotel, jenis harga kamar, jenis harga kamar hotel,  jenis jenis harga kamar, harga kamar hotel, macam macam jenis harga kamar, apa yang dimaksud dengan harga kamar hotel ?
Jenis-Jenis Harga Kamar Hotel

Seperti yang kita ketahui bahwa harga kamar di setiap hotel akan selalu berbeda, hal itu karena dipengaruhi oleh  beberapa faktor, seperti berikut :

 

1. Ketersediaan kamar dan permintaan

Seperti yang kita ketahui, ketersedian barang dan jasa dengan permintaan akan selalu mempengaruhi harga suatu barang dan jasa, tidak terkecuali harga kamar hotel. Harga kamar hotel biasanya akan meningkat bila banyaknnya permintaan dan ketersediannya sedikit. Namun sebaliknya harga kamar hotel akan menurun bila sepi permintaan dan banyaknya ketersediaan kamar.


2. Lokasi hotel

Lokasi hotel juga dapat mempengaruhi tarif  harga kamar hotel. Lokasi hotel ini biasanya akan dipengaruhi oleh jenis jenis hotel. Hotel yang memiliki pemandangan indah dan fasilitas yang lengkap, biasanya harga kamarnya cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan hotel yang tidak menawarkan pemandangan sebagai salah satu nilai jualnya.


3. Jenis kamar hotel

Seperti yang kita ketahui, setiap hotel akan memiliki jenis jenis kamar yang lebih dari satu. Setiap jenis kamar tersebut akan memiliki fasilitas dan layanan yang berbeda. Maka dari itu, sangat wajar jika kamar yang memiliki fasilitas yang lebih lengkap dan mewah akan memiliki harga kamar yang lebih tinggi. Begitu pula sebaliknya.


4. Kesepakatan antar hotel

Faktor yang satu ini biasanya dipengaruhi oleh lokasi dan falitas hotel. Agar sama-sama saling menguntungkan antar hotel, maka dibualah kesepakatan harga. Hal tersebut didasari oleh pemikiran, jika ada sebuah hotel yang menawarkan harga hotel yang tinggi, maka secara otomatis para tamu akan memilih hotel dengan fasilitas kamar yang cukup dengan harga yang lebih rendah.


Maka sebagai stategi bisnis. Dibuatlah perjanjian antar hotel untul memberikan harga yang menguntungkan satu sama lain. Meskipun demikian fasilitas kamar yang diberikan oleh hotel akan berbeda-beda.


5. Hari-hari tertentu (hari special)

Hari-hari tertentu dalam hal ini seperti, hari besar nasional, hari besar agama, dan hari peringatan. Pada hari-hari ini harga kamar akan berubah dan cenderung meningkat, karena biasa pada hari-hari ini permintaan kamar akan meningkat. Hari-hari tertentu tersebut misalnya, natal, tahun baru, lebaran dan lain sebagainya.


6. Musim (seasonal)

Sejalan dengan point nomer satu dan lima, pada musim-musim tertentu permintaan kamar akan meningkat dan ketersedian kamar akan berkurang, sehingga harga kamar akan meningkat.


Misalnya pada musim panas dan musim dingin di negara tertentu, pada musim itu meraka akan menikmati libur panjang, maka kebutuhan akan penginapan akan meningkat karena mereka biasanya akan bepergian ke luar negara mereka.


Pada musim turnamen olah raga. Tidak dipungkiri bila suatu negara yang menjadi tuan rumah seuatu turnamen oleh raga akan dikunjungi oleh banyak turis. Jadi selarah dengan itu, permintan akan kamar hotel akan meningkat dan harga kamar akan meningkat.


Setelah kalian mengetahui faktor-faktor yang mempengarhi penentuan harga kamar hotel, barulah kita masuk ke pokok pembahasan kita kali ini, yaitu jenis-jenis harga kamar hotel.

 

Baca Juga :

Jenis Harga Kamar Hotel

Harga kamar adalah satuan harga sewa yang dikenakan kepada tamu dalam hitungan satu malam. Pada dasarnya jenis harga kamar hanya terdapat dua jenis saja, yaitu harga normal dan harga khusus. Meskipun demikian, jenis harga kamar tidaklah hanyak sebatas itu.

jenis jenis harga kamar hotel, jenis harga kamar, jenis harga kamar hotel,  jenis jenis harga kamar, harga kamar hotel, macam macam jenis harga kamar, apa yang dimaksud dengan harga kamar hotel ?
Jenis-Jenis Harga Kamar Hotel

Seperti yang sudah admin jelaskan tadi, ada faktor yang mempengaruhi harga kamar. Maka dari itu, berikut ini admin akan jelaskan jenis-jenis harga kamar hotel mulai yang paling umum, yaitu :

  1. Room tariff, yaitu jenis harga kamar yang diberikan berdasarkan hitungan per kamar dan tidak dipengaruhi oleh jumlah orang yang menghuni dalam satu kamar.
  2. Person tariff, yaitu jenis harga kamar yang diberikan berdasarkan tergantung jumlah orang yang menginap dalam satu kamar.
  3. Publish tariff, jenis harga kamar yang diberikan sesuai dengan harga kamar yang dipublikasi atau dipasarkan.
  4. Confidential tariff, yaitu jenis harga kamar yang dikenakana kepada tamu-tamu tertentu sesuai dengan kesepakatan yang telah disetujui oleh masing-masing pihak.


Setelah itu, ada yang namanya jenis harga kamar berdasarkan sistem penerapan tariff (room rate). Jenis-jenis harga kamar ini, seperti Full American Plan, Modified American Plan, Continental Plan, Bermuda Plan, dan Ueropan Plan. Untuk itu admin akan berikan penjelasan dari masing-masing jenis harga kamar tersebut.

  1. Full American Plan (FAP), yaitu jenis harga kamar yang dikenakan terhadapa tamu yang dimana harga kamar ini sudah termasuk dalam biaya tiga kali makan, yatiu sarapan (breakfast), makan siang (lunch), dan makan malam (dinner).
  2. Midified American Plan (MAP), yaitu jenis harga kamar yang diberikan kepada tamu yang dimana harga kamar sudah termasuk dalam harga 2 kali makan, yaitu sarapan dan makan siang, atau sarapan dan makan malam.
  3. Continental Plan (CP), yaitu jenis harga kamar yang dikenakan kepada tamu yang dimana harga kamr sudah termasuk dalam harga sarapan.
  4. Bermuda Plan (BP), yaitu jenis harga kamar yang dikenakan kepada tamu yang sudah termasuk makan padi ala amerika (American plan).
  5. Europan Plan (EP), yaitu jenis harga kamar yang dikenakan kepada tamu yang dimana harga kamart tidak termasuk makan.

 

Baca Juga : Pengertian Reservatiom Hotel Serta Tugas Dan Tanggung Jawab Reservation

 

Jenis Harga kamar Khusus

Seperti yang sudah admin katakana tadi, jenis harga kamar terdapat dua jenis, yaitu harga kamar normal dan harga kamar khusus. Berikut ini admin akan berikan jenis-jenis harga kamar khusus.

  1. Walk-In Guest Rate, yaitu jenis harga kamar yang khusus untuk tamu hotel datang ke hotel tanpa memesan kamar (reservasi) sebelumnya. Ada hotel yang menyediakan harga tertentu, tetapi masih ada ruang untuk menawar dengan harga terendah, yang menjadi titik referensi untuk hotel (tarif buttom).
  2. Group rate, yaitu jenis harga kamar yang diberikan bagi tamu perusahaan atau grup yang memesan kamar di hotel selama hari tertentu dengan minimal 8 kamar. Mereka dapat bergabung dan juga secara individual. Hanya saja, mereka berada di perusahaan atau dalam kelompok yang sama untuk tinggal di hotel yang sama.
  3. Travel agent rate, harga yang diberikan kepada biro perjalanan yang biasanya biro perjalan tertentu  akan mendapatkan harga kamar terendah. Hal itu karena travel agent adalah salah satu sumber recervasi yang terus menyuplai tamu secara konsisten, sehingga terjalinlah kerja sama antar hotel dan pishak travel agent.
  4. Corporate Rate, adalah jenis harga kamar khusus yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan langganan yang sering menginap di suatu hotel.
  5. Embassy Rate, yaitu jenis harga kamar yang diberikan kepada kedutaan dari suatu negara tertentu..
  6. Airline Crew Rate,yaitu jenis harga kamar yang diberikan kepada maskapai penerbangan beserta kru pesamatnya.
  7. Airline Passenger Rate, yaitu harga kamar yang diberikan kepada penumpang pesawat dari suatu maskapai penerbangan, yang dimana karena suatu alasan penumpang pesawat ini harus tinggal semalam di hotel sambil menunggu jadwal penerbangannya. Harga kamar ini biasanya sudah terjalin kesepakatan antara pihak hotel dan maskapai penerbangan.
  8. Week End Rate Rate, jenis harga kamar yang diberikana hotel saat akhir pecan yang dimana pada waktu ini akan banyak orang yang berlibur dan membutuhkan akomodasi. Dan biasanya pada akhir pekan harga kamar hotel akan cenderung lebih tinggi.   
  9. Membership Card Rate, yaitu harga kamar yang diberikan hotel kepada tamu yang telah mendaftar menjadi anggota hotel, dan bianyanya tamu akan dimintai sejumlah uang oleh hotel untuk menjadi anggota. Namun pihak tamu akan mendapatkan potongan harga khusus dan faslitas yang khusus.
  10. Hoteliers Rate, yaitu harga kamar yang diberikan potongan antara 40-60% dari harga yang dipublikasikan kepada orang-orang tertentu yang bekerja di suatu hotel.
  11. Press Rate, yaitu harga kamar yang diberikan kepada para press atau wartawan yang hendak menginap di hotel. Wartawan adalah bagian dari pemasaran hotel, khususnya ada kedekatan dengan bagian Public Relations suatu hotel untuk melakukan promosi, press release, press conference, dan lain sebagainya.
  12. Government rate, harga kamar yang diberikan oleh hotel kepada orang-orang yang berada dalam pemerintahaan. Seperti presiden, mentri-mentrim dan lain sebagianya.    
  13. Long Staying Guest Rate, yaitu jenis harga kamar yang diberikan oleh hotel kepada tamu yang menginap dalam jangka waktu yang lama. Biasanya tamu tersebut akan menginap lebih dari seminggu atau bahkan bulan. Maka sebagai bentuk pelayanan, pihak hotel akan memberikan harga dan pelayanan yang khusus.    
  14. Certain Packages Rate, yaitu harga kamar yang dikeluarkan hotel dalam bentuk paketan khusus, seperti paket liburan, paket bisnis, paket Natal, paket tahun baru, dan lain sebagainya.

 

Baca Juga : Pengertian Pelayanan Prima Dalam Industri Perhotelan Berdasarkan Konsep A6


Ok, admin rasa cukup sampai disini pembahasan admin mengenai jenis-jenis harga kamar hotel. Admin mohon maaf bila ada tulisan admin yang kurang baik dalam penyampaiannya, dan semoga artikel ini dapat bermanfaan bagi kalian yang membacanya.

jenis jenis harga kamar hotel, jenis harga kamar, jenis harga kamar hotel,  jenis jenis harga kamar, harga kamar hotel, macam macam jenis harga kamar, apa yang dimaksud dengan harga kamar hotel ?
 
LihatTutupKomentar