-->

Follow Daily Trip

Pengertian serta Tugas dan Tanggung Jawab Telephone Operator Hotel


Pengertian serta Tugas dan Tanggung Jawab  Telephone Operator Hotel
 Pengertian serta Tugas dan Tanggung Jawab  Telephone Operator Hotel


Pengertian Telephone Operator

Telephone Operator Hotel adalah salah satu section yang ada di frony office department yang bertugas menangani layanan sambungan telepon, baik itu yang datang dari dalam maupun luar hotel.


Dalam sebuah hotel, terdapat beberapa bagian yang saling mendukung satu sama lain. Karena tampa hal tersebut, operasional suatu hotel tidak dapat berjalan dengan baik. Setiap bagian-bagian, termasuk telephone operator memiliki tugas dang fungsinya masing-masing.

 

Baca Juga : Pengertian Pelayanan Prima Dalam Industri Perhotelan Berdasarkan Konsep A6


Bagian telephone operator ini dipimpin oleh seorang yang disebut chief operator.  Ia yang bertanggung jawab langsung tehadap front office manager. Sedangkan tugas-tugas pelaksanaan sehari-hari dilakukan oleh para petugas telepon operator.


Untuk mengetahui petugas-petugas yang ada di telephone operator beserta job deskripsinya silahkan baca pada link artikel disini. Section section front office department.


Tugas-Tugas Tanggung Jawab Telephone Operator

Pengertian serta Tugas dan Tanggung Jawab  Telephone Operator Hotel
 Pengertian serta Tugas dan Tanggung Jawab  Telephone Operator Hotel

Pada petugas yang bekerja pada bagian telepon operator biasanya memiliki tugas-tugas, tanggung jawab, serta peranan sebagai berikut.

 

Baca Juga :  JENIS-JENIS ATAU BENTUK KOMUNIKASI YANG DIGUNAKAN DALAM INDUSTRI PERHOTELAN

 

  1. Menangani penerimaan dan penyambungan sambungan telepon baik yang berasal dari dalam hotel maupun yang berasal dari luar hotel.
  2. Memberi informasi kepada tamu mengenai nomot telepon hotel atau perusahaan penting yang diminta oleh tamu. Sering kali tamu ini bertanya kepada petugas telepon operator mengenai nomer telepon yang tidak diprediksi sebelumnya, seperti : kantor polisi, rumah sakit, atau alamat dari rumah makan atau restoran terkenal disekitar hotel.
  3. Menangani panggilan tamu melalui paging, pemanggilan ini dilakukan atas permintaan orang yang bersangkutan atau informasi penting bagi pihak hotel. Paging dilakukan minimal 3 kali apabila yang dipanggil belum mengetahui.
  4. Melayani wake up call sesuai permintaan. Wake up call adalah pemanggilan yang dilakukan oleh petugas telepon operator yang bertujuan untuk membangunkan tamu yang ada di kamar atas permintaan tamu itu sendiri.
  5. Mengukur lama tamu melakukan pembicaraan terhadap lawan bicaranya melalui sambungan atau layanan sambungan telepon hotel.
  6. Membuat rekening pemakaian pesawat telepon (telepon bill) sesuai shiff masing-masing.
  7. Membuat summary tentang pemakaian tentang pemakaian telepon tamu setiap shiff.
  8. Menyampaikan pesan-pesan tamu kepada pelanggan yang diminta.




Setelah dijabarkan tugas-tugas telephone operator seperti di atas, dapat kita simpulkan bahwa bagian telephone operator merupakan bagian yang bertugas untuk melayani sambungan telepon baik yang berasal dari dalam maupun luar hotel.


Bagian ini bisa sangat bermaanfaat dan berperan penting bagi tamu, karena layanan ini tidak hanya melayani penyambungan telepon, tetapi juga melayani jasa wake up call dan juga pengiriman pesan apabila tamu yang dituju tidak ada di dalam kamar.


Oleh karena itu bagian telephone oprator merupakan bagian yang penting dalam sebuah hotel dan juga dapat bermanfaat bagi tamu yang menginap di hotel tersebut.


LihatTutupKomentar