Tugas dan Tanggung Jawab Reception Hotel -->

Tugas dan Tanggung Jawab Reception Hotel

job desk receptionist, tugas receptionist hotel, job description receptionist, tugas reception, tugas dan tanggung jawab reception hotel, tugas receptionist dalam bahasa inggris, sebutkan tanggung jawab dari reception
Tugas dan Tanggung Jawab Reception

sebutkan tugas dan tanggung jawab reception hotel dalam bahasa inggris, serta job desk atau description receptionist
Tugas dan Tanggung Jawab Reception Hotel. Halo broo, selamat datang di blog Daily Trip. Pada pembahasan kali ini admin akan membagikan materi tentang tugas dan tanggung jawab Reception hotel.  Tapi sebelum masuk ke dalam inti pembahasannya, sebelumnya admin akan memberikan pengertian secara umum terlebih dahulu, apa itu Reception. So, jadi berikut ini materi tentang tugas dan tanggung jawab Reception dan job desk Receptionist.

 

Baca Juga : Pengertian Reception Section Beserta Tugas dan Tanggung Jawabnya


Apa itu Reception ?

Ok mari kita bahas. Reception adalah salah satu bagian atau section yang ada di Front Office Department yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam menangani kedatangan tamu, pindah kamar, dan keberangkatan tamu, serta membantu memberikan informasi kepada tamu jika diperlukan.


Tugas Reception akan dimulai dari tamu tersebut mendatangi hotel. Kemudian Reception akan membantu tamu tersebut untuk regitrarsi atau melakukan check-in, baik tamu itu sudah melakukan pemesanan kamar atau booking (reservasi), maupun tanpa reservasi (walk-in guest). Pada bagian ini, Reception lah yang bertugas dan bertanggung jawab dalam menangani dan melayani tamu.


Tidak hanya di awal ketangan tamu, tugas Reception juga akan terus berlangsung ketika tamu tersebut menginap di hotel hingga meninggalkan hotel. Selama berada di hotel, Reception akan selalu siap siaga untuk membantu tamu bila diperlukan. Biasanya, selama menginap di hotel akan selalu ada tamu yang akan bertanya atau mengeuhkan sesuatu kepada Reception. Baik itu pertanyaan dan keluhan terhadap pelayanan staff hotel, maupun mengenai fasilitas hotel. Maka dari itu,  dalam situasi ini akan menjadi tugas dan tanggung jawab Reception.


Tidak jauh berbeda dengan ketika tamu check-in, tugas Reception juga hampir mirip ketika menangani keberangkatan tamu atau check-out. Namun dalam hal ini menjadi kebalikannya. Ketika  tamu check-out, pihak Reception akan meminta tamu untuk mengembalikan kunci kamar, dan menyelesaikan semua bill atau tagihan yang masih dimiliki tamu. Reception harus memastikan bawah seluruh tabihan tamu tersebut harus sudah diselesaikan. Namun terkadang bagian ini juga akan dibagi dan ditangani oleh Front Office Cashier. Jadi tugas dan tanggung jawab Reception dalam menangani keberangkatan tamu menjadi hal yang penting.


Jadi, dapat disimpukan bahwa, tugas Reception akan selalu bergantung dari keberadaan tamu yang menginap di sebuah hotel. Maka dari itu, untuk dapat menjalakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik, seorang Reception harus dapat  melayani setiap tamu dengan prima atau maksimal, sehingga dapat memberikan kesan yang baik kepada tamu ketika menginap di hotel.


So, setelah memahami apa itu Reception, maka berikutnya admin akan menguraikan atau menyebutkan tugas dan tanggung jawab Reception. Atau juga dengan kata lainya Job Desk Receptionist. Yuk simak penjelasannya.


Tugas Receptionist Hotel (Reception)

job desk receptionist, tugas receptionist hotel, job description receptionist, tugas reception, tugas dan tanggung jawab reception hotel, tugas receptionist dalam bahasa inggris, sebutkan tanggung jawab dari reception
Tugas Rception

Tugas Reception. Mungkin sudah admin banyak jelaskan tugas Reception pada artikel lainnya di blog ini, atau juga pada artikel ini pada pemahaman Reception. So, jadi secara umum tugas Reception adalah melayani  dan menangani segala kebutuhan tamu, mulau dari tamu tesebut datang ke hotel (check-in), pindah kamar (change room, hingga tamu tersebut meninggalkan hotel (check-out).


Itu penjelasan secara umum tugas dari Reception. Kali ini admin akan uraikan atau sebutkan satu persatu tugas dan tanggung jawab dari Reception. So, admin harap ini akan lebih membuat jelas lagi bagi kalian yang memabacanya.


Tugas dan Tanggung Jawab Reception :

  • Menangani dan menyambut kedatangan tamu di hotel.
  • Memberikan pelayanan dalam memproses registrasi atau pendaftaran tamu (check-in)
  • Bertanggung jawab dalam menyiapkan kedatangan tamu dan menentukan kamar sesuai dengan permintaan tamu.
  • Bertugas dan bertanggunga jawab dalam pemberian dan penitipan kunci kamar tamu.
  • Bertugas menjawab panggilan telepon dengan tenang.
  • Bertugas melayani segala kebutuhan dan permintaan tamu.
  • Berkomunikasi dengan department lain dalam memenuhi permintaa tamu.
  • Menangani complaint atau keluhan tamu terdapat masalah pelayanan ataupun fasilitas hotel.
  • Membuat laporan mengenai tingkat hunian kamar di hotel.


Seperti yang admin sudah katakan tadi, admin sudah menguraikan atau menyebutkan tugas dan tanggung jawab Reception. Seperti yang sudah kalian tahu, bawah Reception bertugas dalam melayani tamu mulai dari tamu tersebut datang hingga meninggalkan hotel. Tapi dalam hal ini Reception juga masih memiliki tugas-tugas lain yang tidak kalah pentingganya, seperti berkoordinasi dengan department lain di hotel dalam memaksimalkan pelayanan kepada tamu yang menginap.


Tetapi, dalam Section Reception dibagi menjadi beberapa posisi lagi, seperti head front desk, Reception supervisor, dan Receptionist. Namun dalam artikel ini admin akan menjelaskan Job Description Receptionist Hotel. So, jadi berikut ini penjelasannya.


Baca Juga : Jenis-Jenis Formulir (Form) dan Peralatan Reception Section


Job Description Receptionist

job desk receptionist, tugas receptionist hotel, job description receptionist, tugas reception, tugas dan tanggung jawab reception hotel, tugas receptionist dalam bahasa inggris, sebutkan tanggung jawab dari reception
Job Desk Receptiont

Receptionist adalah sebutan bagi petugas yang berada dalam section Reception. Receptionist lah yang akan menjalankan tugas-tugas secara umum dari Section Reception. Maka dari itu disini admin akan menjelaskan secara khusus job desk dari Receptionist ini.


Job desk Receptionist dapat admin jelaskan yaitu  menyambut kedatangan tamu yang akan check-in dan memprosesnya dengan cepat, tepat, efisien, ramah, dan santun sehingga tamu memperoleh kesan yang baik.


Yang dimaksud job desk ini sendiri yaitu daftar tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh seorang Receptionist dalam sebuah giliran kerja atau shift, yang dimana semua tugas ini harus dikerjakan dan diselaikan dengan penuh tanggung jawab. Dan bila ada sesuatu hal yang belum dapat diselesaikan oleh Receptionist dalam satu shift, maka ia harus mencatat hal tersebut dalam log book agar dapat ditindaklanjuti oleh petugas Reception selanjutnya.


So, Job Desk Reception dapat admin jelaskan seperti yang berikut ini :

  • Menyambut, memberikan salam dan melayani tamu yang akan check-in.
  • Memeriksa reservasi tamu, dan mencarikan kamar sesuai pesanan
  • Membantu tamu melakukan registrasi.
  • Menanyakan system pembayaran tamu pada saat check-in serta memrosesnya.
  • Memberikan tamu guest card, welcome drink card,breakfast coupon serta kunci kamar.
  • Menjaga kebersihan counter front office dan mengecek perlengkapan peralatan dan formulir yang diperlukan.
  • Menyelesaikan permasalahan tamu yang pindah kamar.
  • Membuat atau menuliskan hal-hal yang perlu ditindaklanjuti di log book, jika waktu kerja sudah habis dan sementara terdapat masalah dengan tamu yang belum terselesaikan.
  • Memberitahukan housekeeping tentang kamar-kamar yang telah check-out, check-in atau pindah kamar.
  • Memeriksa reservasi kamar-kamar tamu baik yang individu maupun rombongan.
  • Mengecek room rack dan membuat house account selalu akurat.
  • Mempersiapkan kamar-kamar baik untuk VIP, group maupun perorangan  setelah kamarnya diblokir oleh supervisor.
  • Melakukan pemeriksaan terhadap room discrepancy (perbedaan status kamar) antara Front Office dengan Housekeeping.
  • Mengimput data registrasi ke komputer, agar seluruh bagian dapat memanfaatkan untuk transaksi bill.

 

Baca Juga : Jenis-Jenis atau Bentuk Komunikasi Yang Digunakan Dalam Industri Perhotelan


So, kalian sudah paham mengenai job desk Receptionist ? adakah dari kalian yang berminat untuk menjadi seorang Receptionist ? mungkin. Pada dasarnya admin rasa menjadi seseorang Receptionst hanya perlu bertanggung jawab terhadap kenyaman tamu ketika menginap. Jadi seorang Receptionist harus dapat memberikan kesan yang baik kepada setiap tamu.


Jadi dapat disimpulkan bahwa tugas Reception adalah bertanggung jawab atas seluruh pelayanan dan kenyamanan tamu, mulai dari tamu tersebut mendatangni hotel, pindah kamar, hingga meninggallkan hotel, serta memastikan bahwa tamu mendapatkan kesan yang baik ketika menginap di hotel.


So, admin rasa cukup pembahasan admin kali ini mengenai materi tentang Tugas Dan Tanggung Jawab Reception Hotel. Admin mohon maaf jika ada tulisan admin yang kurang berkenan. Dan semoga materi kali ini dapat bermanfaat bagi kalian yang membacanya.
sebutkan tugas dan tanggung jawab reception hotel dalam bahasa inggris, serta job desk atau description receptionist


LihatTutupKomentar