Pengertian Housekeeping Secara Umum Dan Materi Lengkap -->

Pengertian Housekeeping Secara Umum Dan Materi Lengkap

pengertian housekeeping, housekeeping adalah, apa itu housekeeping, artinya housekeeping apa, definisi housekeeping, materi housekeeping, housekeeping artinya?, pengertian housekeeping department, Apa yang dimaksud dengan departemen housekeeping?, ruang lingkup housekeeping, fungsi housekeeping, tujuan housekeeping, peranan housekeeping, tugas dan fungsi housekeeping, tugas dan tanggung jawab housekeeping,  tugas dan tanggung jawab housekeeping department,  Apa saja tugas housekeeping hotel? uraian tugas housekeeping hotel, tugas dari housekeeping, tugas dan tanggung jawab departemen housekeeping, tugas seorang housekeeping, bagian-bagian housekeeping, section-section housekeeping, section housekeeping, seksi-seksi housekeeping department, section yang ada di housekeeping, struktur organisasi housekeeping, strukutur departemen housekeeping,

pengertian housekeeping, housekeeping adalah, apa itu housekeeping, artinya housekeeping apa, definisi housekeeping, materi housekeeping, housekeeping artinya?, pengertian housekeeping department, Apa yang dimaksud dengan departemen housekeeping?, ruang lingkup housekeeping, fungsi housekeeping, tujuan housekeeping, peranan housekeeping, tugas dan fungsi housekeeping, tugas dan tanggung jawab housekeeping,  tugas dan tanggung jawab housekeeping department,  Apa saja tugas housekeeping hotel? uraian tugas housekeeping hotel, tugas dari housekeeping, tugas dan tanggung jawab departemen housekeeping, tugas seorang housekeeping, bagian-bagian housekeeping, section-section housekeeping, section housekeeping, seksi-seksi housekeeping department, section yang ada di housekeeping, struktur organisasi housekeeping, strukutur departemen housekeeping,

Pengertian Housekeeping. Hallo semuanya para mengunjung Daily Trip, selamat datang di blog ini. Pada artikel kali ini admin akan membagikan sebuah materi mengenai pengertian housekeeping. Namun admin tidak akan membahas sebatas definisi housekeeping saja, tapi amin juga aka membahasa pengertian housekeeoing secara umum dan materi lengkap, maka dari itu simak artikel ini sampai habih ya!!


Housekeeping Department, untuk sejumlah besar hotel, sebagai sumber penghasilan hotel yang terbesar. Tamu yang bermalam pasti keluarkan uang semakin banyak untuk sewa jika dibandingkan dengan uang yang perlu dibayarnya untuk minum dan makan dan pengeluaran lainnya. Akan tetapi saat ini ada banyak hotel yang memiliki sumber penghasilan paling besar hasil dari pemasaran minum dan makan.Untuk sumber penghasilan, Housekeeping Department mesti dikerjakan oleh tenaga-tenaga yang terampil dan professional.


Baca Juga : Pengertian Hotel Secara Umum dan Materi Lengkap


Pengertian Housekeeping

Housekeeping datang dari kata house yang memiliki arti rumah, wisma, hotel, dan to keep yang memiliki arti menjaga atau memiara . Maka housekeeping adalah bagian atau departemen yang mengontrol atau merapikan perlengkapan, menjaga kebersihan, membenahi kerusakan, dan memberikan dekor dengan maksud supaya hotel terlihat rapi, bersih, menarik, dan menyenang¬kan penghuninya.

pengertian housekeeping department, pengertian housekeeping menurut para ahli, pengertian housekeeping dalam bahasa inggris, pengertian housekeeping dalam k3, pengertian housekeeping dan tugasnya, pengertian housekeeping section, pengertian housekeeping menurut ahli, pengertian housekeeping service, pengertian housekeeping report, jelaskan pengertian housekeeping order taker, jelaskan pengertian housekeeping department, jelaskan pengertian housekeeping, apa pengertian housekeeping, pengertian departemen housekeeping, pengertian dari housekeeping, pengertian tugas dan tanggung jawab housekeeping

Housekeeping Departement memiliki arti bagian yang bekerja dan bertanggungjawab untuk menjaga kebersihan, kerapian, keelokan dan kenyamanan di semua area hotel, baik di luar gedung atau dalam gedung, terhitung kamar-kamar tamu, ruang-ruangan yang disewa oleh beberapa tamu, restoran, offices dan toilet.


Housekeeping atau Tata Graha satu diantara bagian yang berada di dalam hotel yang menangani beberapa hal yang terkait dengan keelokan, kerapian, kebersihan, kelengkapan, dan kesehatan semua kamar, terhitung tempat-tempat umum lain supaya semua tamu atau pegawai bisa berasa aman serta nyaman ada dalam hotel.


Ruang Lingkup Housekeeping

Ruang lingkup kegiatan housekeeping di hotel penting dipahami oleh semua pegawai. Ini untuk membuat perform kenerja yang bagus dan menghindari tumpang tindih dengan bagian yang lain. Misalkan dalam soal linen yang kotor, barang tamu yang ketinggalan, kerusakan perlengkapan dikamar tamu, dan beberapa hotel serta servis minuman dan makanan di kamar. Ini tidak dapat dilaksanakan oleh bagian yang lain. Oleh karenanya, ruang lingkup aktivitas atau operasional penting dalam membuat kelancaran bekerja.

ruang lingkup housekeeping, tuliskan area yang merupakan ruang lingkup housekeeping hotel, sebutkan ruang lingkup housekeeping, sebutkan area yang merupakan ruang lingkup housekeeping hotel, tuliskanlah area yang merupakan ruang lingkup housekeeping hotel, ruang lingkup pekerjaan housekeeping, apa itu housekeeping dan ruang lingkup kerjanya, ruang lingkup layanan jasa housekeeping, uraikan area yang merupakan ruang lingkup housekeeping hotel, ruang lingkup kerja housekeeping

Berikut ini ruang lingkup housekeeping di hotel

  • Guest rooms
  • Corridors
  • Public areas, such as the lobby and public restrooms
  • Pool and patio areas 
  • Managements offices 
  • Storage areas
  • Linen and sewing rooms
  • Laundry room
  • Back of the house areas, such as employee locker room.”


Yang untuk beberapa hotel masih ditambah lagi dengan:

  • Meeting rooms 
  • Dinning rooms 
  • Banquet rooms 
  • Convention exhibit halls
  • Hotel operated shops
  • Game rooms
  • Exercise rooms.


Fungsi Housekeeping

Fungsi Housekeeping adalah menyiapkan dan menjaga kebersihan kamar, melindungi dan merawat, kerapian dan keelokan semua lingkungan hotel ( luar dan dalam ) terkecuali tiga bagain yang memiliki sifat khusus yakni main kitchen, laundry ( washing area), dan engineering ( mechanical room/ workshop ). Ke-3 sisi itu tidak jadi tanggung jawab housekeeping karena ke-3 sisi itu mempunyai ke khususan dalam pekerjaan, perawatan dan pembersihannya, yakni :

  1. Main Kitchen telah diatasi oleh Kru Steward yang ditugas secara eksklusif untuk menjaga, bersihkan semua perlengkapan dapur, lingkungan dapur, membersihkan piring dan gelas, atau dalam kata lain steward bertanggungjawab atas kebersihan dan kerapian semua perlengkapan dapur, restaurant dan semua perlengkapan servis yang lain.
  2. Laundry ( Washing Area ) juga diatasi oleh kru laundry atau laundry man yang secara eksklusif mengontrol, menjaga dan sekalian membersihkan baju dan bertanggungjawab atas kebersihan washing area.
  3. Engineering terutamanya di bagian mechanic, pemeliharaan, dan workshop, tak perlu diatasi housekeeping karena tempat ini telah diatasi secara eksklusif oleh kru engineering yang sekaligus bertanggungjawab atas kerapian dan kebersihannya.


Tetapi perlu kita ketahui jika faktor kebersihan ini menjadi pekerjaan khusus housekeeping department . Maka jika bagian itu memerlukan kontribusi housekeeping, misalkan untuk general cleaning ( satu bulan sekali atau satu tahun sekali), karena itu kru housekeeping tidak boleh menampiknya . Maka dalam soal permohonan khusus itu sebaiknya Department Head / Section Head yang berkaitan juga harus membuat general cleaning order atau housekeeping order yang diperuntukkan ke Executive Housekeeper. Kemuadian Executive Housekeeper membuat perintah ke Chief / Head Public Area untuk pengerjaannya . Maka dalam masalah ini bergantung pada peraturan management hotel masing-masing dan ada kerja sama antar department yang bagus, karena tanpa kerja sama yang bagus pasti jalinan yang harmonis di antara department dan pegawai susah untuk dibuat. Karena itu rasa kebersama-samaan dan rasa mempunyai perlu dibuat dan dimasukkan ke tiap pegawai, supaya tiap pegawai mengetahui akan fungsi dan tanggung jawabannya pada perusahaan. Oleh karenanya , jadi fungsi managemen dalam operasional bisa menjadi enteng, karena beberapa keryawan dapat meyadari dan mengaplikasikan " sense of belonging and sense of responsibility ".


Baca Juga : Pengertian Pelayanan Prima Dalam Industri Perhotelan Berdasarkan Konsep A6


Bagian-Bagian Housekeeping

Seperti yang kita ketahui, housekeeping berupakan salah satu department yang ada di hotel, namun dalam departemt ini, juga dibagi lagi beberapa section. Section housekeeping ini dibagi berdasrkan besar kecilnya suatu hotel. Semakin besar suatu hotel, maka semakin lengkap pula bagian-bagian housekeeping tersebut. 


Namun secara umum, section-section housekeeping terdiri dari beberapa bagian, yaitu room section, public area section, linen section, laundry section, cleck/order taker, florist, dan garden section.


Untuk mengetahui lebih jelas mengenai section-section yang ada di housekeeping tersebut, berikut ini selaskan masing-masing bagian yang ada di housekeeping.

seksi-seksi housekeeping department, seksi-seksi di dalam housekeeping department, bagian bagian housekeeping dan tugasnya, bagian bagian housekeeping department, bagian bagian di housekeeping, bagian bagian dari housekeeping department, bagian bagian departemen housekeeping


Section Housekeeping

Room Section

Room section adalah salah satu bagian yang ada di housekeeping department yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam menangani kerapihan, kebersihan, dan kelengkapan area kamar hotel.


Public Area Section

Public area section adalah salah satu bagian yang ada di housekeeping department yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam menangani kebersihan dan kerapihan seluruh area umum yang dimiliki hotel, baik yang berada di dalam area hotel, maupun yang ada di area luar hotel.


Linen Section

Linen section adalah salah satu bagian yang ada di housekeeping department yang memilik tugas dan tanggung jawab dalam menangani seluruh cucian bersih yang ada di hotel, baik itu cucian hotel, maupun cucian tamu.


Laundry Section

Laundry section adalah salah satu bagian yang ada di housekeeping department yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam menangani cucian kotor yang ada di hotel, baik itu dari house laundry, maupun dari guest laundry.


Florist Section

Florist section adalah salah satu section yang ada di housekeeping department yang memiliki tugas menyiapkan rangkaian bunga untuk keperluan dalam hotel.


Gardener section

Gardener adalah salah satu bagian yang ada housekeeping department yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam merawat dan menjadi kebersihan seluruh kebun yang ada di hotel,


Order taker

Order taker adalah salah satu bagian yang ada di housekeeping department yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menjawab, mencatat, dan membawakan pesanan tamu yang berhubungan dengan keperluan di dalam kamar hotel, baik dari staff hotel, maupun dari tamu hotel.


Setelah mengetahui bagian-bagian housekeeping atau section section yang ada di housekeeping, berikut ini admin akan menjelaskan tugas dan tanggung jawab housekeeping.


Tugas dan Tanggung Jawab Housekeeping

Tugas dan tanggung jawab housekeeping. Seperti sebelumnya, kalian tetntu sudah mengetahui apa saja bagian bagian yang ada di housekeeping department. Maka berikutnya admin akan menjelaskan tugas dan tanggung jawabh housekeeping.


Tugas housekeeping ini, admin akan jelaskan berdasarkan section-section housekeeping. Karena semua yang dikerjakan oleh setiap bagian housekeeping tersebut itulah yang menjadi tugas dan tanggung jawab dari housekeeping.

tugas dan tanggung jawab housekeeping, tugas dan tanggung jawab housekeeping supervisor, tugas dan tanggung jawab housekeeping manager, tugas dan tanggung jawab housekeeping hotel, tugas dan tanggung jawab housekeeping secretary, tugas dan tanggung jawab housekeeping di hotel, pengertian tugas dan tanggung jawab housekeeping, apa tugas dan tanggung jawab housekeeping, sebutkan dan jelaskan tugas dan tanggung jawab housekeeping, sebutkan dan jelaskan tugas dan tanggung jawab housekeeping, sebutkan tugas dan tanggung jawab housekeeping department dalam sebuah hotel


Berikut ini tugas dan tanggung jawab housekeeping.

  1. Menciptakan suasana dan kondisi hotel yang bersih, rapi, nyaman, dan menarik
  2. Memberikan pelayanan yang prima kepada tamu.
  3. Membersihkan dan merapikan serta merawat seluruh kamar-kamar hotel.
  4. Menjaga kebersihan dan kerapihan seluruh area umum yang ada di hotel.
  5. Melayani linen dan laundry yang ada di hotel.
  6. Merawat seluruh kebun yang dimiliki hotel.
  7. Menyiapkan rangkaina bunga untuk keperluan hotel.
  8. Melayanani setiap permintaan tamu.


Baca Juga : kode status-status kamar hotel


Struktur Organisasi Housekeeping

pengertian housekeeping, housekeeping adalah, apa itu housekeeping, artinya housekeeping apa, definisi housekeeping, materi housekeeping, housekeeping artinya?, pengertian housekeeping department, Apa yang dimaksud dengan departemen housekeeping?, ruang lingkup housekeeping, fungsi housekeeping, tujuan housekeeping, peranan housekeeping, tugas dan fungsi housekeeping, tugas dan tanggung jawab housekeeping,  tugas dan tanggung jawab housekeeping department,  Apa saja tugas housekeeping hotel? uraian tugas housekeeping hotel, tugas dari housekeeping, tugas dan tanggung jawab departemen housekeeping, tugas seorang housekeeping, bagian-bagian housekeeping, section-section housekeeping, section housekeeping, seksi-seksi housekeeping department, section yang ada di housekeeping, struktur organisasi housekeeping, strukutur departemen housekeeping,
Struktur Organisasi Housekeeping

struktur organisasi housekeeping, struktur organisasi housekeeping hotel bintang 5, struktur organisasi housekeeping hotel, struktur organisasi housekeeping bintang 3, struktur organisasi housekeeping di hotel, struktur, organisasi housekeeping department hotel bintang 4, struktur organisasi housekeeping bintang 5, struktur organisasi housekeeping bintang 2, struktur organisasi housekeeping secara umum, struktur organisasi housekeeping department hotel bintang 5

Struktur organisasi housekeeping. Setelah kalian memahami apa itu housekeeping, apa saja ruang lingkup housekeeping, dan bagiaman tugas dn tanggung jawab housekeeping, maka selanjutnya kalian harus mengetahui bagaimana struktur organisasi housekeeping.


Struktur organisasi housekeeping ini sangatlah penting karena dengan adanya struktur organisasi di department housekeeping, kita dapat mengetahui bagaimana alur kepemimpinan di housekeeping department, dan bagaimana hubungan tanggung jawab antar section housekeeping.


Maka dari itu, admin akan menjelaskan kepada kalian bagaiaman struktur organisasi housekeeping. Namun perlu kalian ingat bahwa berikut ini merupakan salah satu contoh struktur organisasi housekeeping. Karena pada dasarnya, struktur organisasi housekeeping akan berbeda di masing-masing hotel. Hal tersebut dipengaruhi oelh besar kecilnya suatu hotel.


So berikut ini struktur organisasi housekeeping department.


Struktur Organisasi Housekeeping Department

Executive Housekeeper

Executive Housekeeper merupakan pimpinan tertinggi dari housekeeping department yang bertanggung jawab dalam mengatur dan dan mengawasi operasional dalam housekeeping department sesuai dengan standart operasional prosedur yang berlaku. Executive housekeeping ini juga dikenal dengan nama lain yaitu manager housekeeping.


Assistant Executive Housekeeper

Assistant Executive Housekeeper merupakan bawahan langsung dari executive housekeeper yang bertugas dalam membantu tugas-tugas dari executive housekeeper dan mmenggantikannya bila executive housekeeper tidak sedang di tempat atau tidak sedang dalam tugas (on duty).


Housekeeping Secretary

Housekeeping Secretary merupakan orang yang bertugas dalam menerima dan menyalurkan informasi yang diterima melalui telepon dan juga merupakan pusat administrasi dari housekeeping department.


Supervisor 

Supervisor merupakan perpanjangan tangan dari executive housekeeper terhadap masing-masing sectionyang dimiliki housekeeping department. Tugas dari supervisor ini yaitu mengawasi para bawahannya yaitu staff dan trainee housekeeping dalam menjalankan operasional housekeeping sesuai dengan standart yang berlaku


Room Attendant

Room Attendant merupakan petugas yang bertanggung jawab dalam memberisihkan dan merapikan serta melengkapin kamar-kamr hotel. Room attendant memiliki atasan langsung yaitu seorang room supervisor.


Public Area Attendant (Houseman/Housemaid)

Public Area Attendant merupakan petugas housekeeping yang bertugas  merawat dan membersihakan seluruh area umum yang ada di hotel. Public area attendant ini memiliki atasan langsung yaitu floor supervisor.


Linen Attendant 

Linen Attendant merupakan petugas yang bertugas untuk menyipakan seluruh linen bersih yang dimiliki hotel untuk didistribusikan ke masing-masing bagian yang menggunakan linen serta menangani cucian tamu yang sudah bersih untuk dibawakan ke tamu tersebut. Linen attendant ini memiliki atasan langsung yaitu seorang linen & laundry supervisor.


Laundry Attendant

Laundry Attendant adalah petugas dalam laundry section yang bertugas menangani seluruh cucian atau laundry yang ada di hotel, baik itu dari guest landry maupun dari house laundry. Laundry attendant ini memiliki seorang atasan langsung yaitu seorang linen & laundry supervisor.


Order Taker

Order Taker merupakan petugas yang bertanggung jawab dalam menangani seluruh permintaan yang datang ke housekeeping, baik itu dari rekan kerja di housekeeping dan department lain di hotel, maupun dari tamu yang menginap di hotel tersebut. Order taker sendiri memiliki atasan langsung yaitu seorang housekeeping secretary.


Florist 

Florist merupakan petugas yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam menyiapkan rangkaian Bunga untuk keperluan hotel, baik itu untuk event-event di hotel maupun untuk keperluan di kamar hotel. Untuk atasan langsung seorang florist ini berbeda-beda tergantung dari manajemen hotel itu sendiri, karena tidak setiap hotel memiliki section khusus yang menangani rangkaian bunga di hotel.


Gardener 

Gardener atau tukang kebun merupakan petugas yang bertanggung jawab dalam merawat seluruh kebun yang ada di hotel, agar tetap inda dan bersih. Namun, pada beberapa hotel, tidak semua section gardener berada di bawah department housekeeping. Pada hotel yang lebih besar, bagian gardener merupakan department yang terpisah dari housekeeping.


Tujuan Housekeeping

Setelah kalian membaca seluruh materi di atas tentang pengertian housekeeping, ruang lingkup housekeeping, fungsi housekeeping, bagian-bagian housekeeping, tugas dan tanggung jawab housekeeping, dan struktur organisasi housekeeping, lalu apa tujuan housekeeping department ?


Maka dari itu, berikut ini admin akan berikan tujuan dari housekeeping.

  1. Agar gudung hotel dan beserta isinya dapat terjaga kebersihannya.
  2. Untuk menjaga ketahanan dan keawetan gedung hotel dan beserta isinya.
  3. Membuat hotel agar menjadi lebih rapi, bersih, menarik, dan menyenangkan bagi para pengunjungnya.


tujuan housekeeping department, apa tujuan housekeeping, fungsi dan tujuan housekeeping, tujuan departemen housekeeping, tujuan layanan housekeeping, tujuan dari housekeeping, sebutkan tujuan layanan housekeeping


Baca Juga : Jenis Jenis Kamar Hotel Dan Penjelasannya


So, jadi itulah materi admin mengenai pengertian housekeeping secara umum dan materi lengkap, meliputi pengertian housekeeping, ruang lingkup housekeeping, fungsi housekeeping, bagian-bagian housekeeping, tugas dang tanggung jawab housekeeping, struktur organisasi housekeeping, dan tujuan housekeeping.



Semoga materi yang admin sampaikan tadi dapat bermanfaat bagi kalian yang membacanya.



LihatTutupKomentar