Pengertian Housekeeping Menurut Para Ahli -->

Pengertian Housekeeping Menurut Para Ahli

pengertian housekeeping menurut para ahli, pengertian housekeeping secara umum, pengertian housekeeping secara khusus, definisi housekeeping, pengertian housekeeping,pengertian housekeeping menurut para ahli pdf, pengertian housekeeping menurut para ahli tahun 2011, pengertian housekeeping menurut para ahli 2010

Pengertian Housekeeping Menurut Para Ahli

pengertian housekeeping menurut para ahli, pengertian housekeeping secara umum, pengertian housekeeping secara khusus, definisi housekeeping, pengertian housekeeping,pengertian housekeeping menurut para ahli pdf, pengertian housekeeping menurut para ahli tahun 2011, pengertian housekeeping menurut para ahli 2010

Pengertian Housekeeping Menurut Para Ahli. Hallo semuanya, selamat datang kembali di blog Daily Trip. Pada pembahasan kali ini admin akan membagikan sebuah materi tentang Housekeeping, yaitu pengertian Housekeeping menurut para ahli. Untuk lebih lanjut, simak artikel ini untuk mengetahui apa saja pengertian Housekeeping menurut para ahli.


Namun sebelum itu, alangkah baiknya kita mengetahui pengertian Housekeeping secara  umum terlebih dahulu.



Baca Juga : Pengertian Housekeeping Secara Umum Dan Materi Lengkap

 

Pengertian Housekeeping

Housekeeping adalah salah satu department yang ada di hotel yang berfungsi sebagai department yang bertanggung jawab atas kebersihan,kerapihan, dan kenyamanan seluruh area hotel, baik itu area umum maupun ruang kerja para karyawan hotel. Tidak hanya itu, Housekeeping juga bertanggung jawab atas cucian kotor atau laundry hotel, baik itu dari house laundry maupun dari guest laundry.


Haousekeeping adalah salah satu dari 4 department pokok yang dimiliki hotel, disamping Front Office, F&B Service, dan F&B Product. Maka tidak heran jika department Housekeeping sangat berperan penting dalam operasional hotel secara keseluruhan.


Tadi adalah pengertian Housekeeping secara umum. Namun setiap orang dapat memberikan pemahamannya mengenai Housekeeping. Tidak terkecuali para ahli. Pengertian Housekeeping menurut para ahli tentu dapat kita percayakan kebenaranya. Maka dari itu, berikut ini admin bagikan beberapa pengertian Housekeeping menurut para ahli.



Baca Juga : Prosedur Langkah-Langkah Membersihkan Kamar Tamu Hotel


Pengertian Housekeeping Menurut Para Ahli

Banyak para pakar ahli di bidang Housekeeping yang memberikan pendapatnya mengenai definisi Housekeeping. Namun pengertian Housekeeping menurut para ahli yang admin bagikan berikut ini adalah beberapa yang cukup popular dan sering muncul dalam soal-soal pelajaran. Berikut ini beberapa pengertian Housekeeping menurut para ahli.


1. Pengertian Housekeeping Menurut Darsono (1994)

Beliau berpendapat pengertian Housekeeping hotel yaitu bagian yang memiliki tanggung jawab terhadap kebersihan, kenyamanan, kerapihan, ruangan umum, bar, restoran dan yang terdapat di hotel. Dari pendapat tersebut, bisa mendapatkan tafsiran bahwa bagian Housekeeping harus memperhatikan banyak hal.


Tidak cuma menolong untuk memberinya kebersihan hotel saja. Tapi, harus juga memerhatikan hal yang lain seperti kerapian dari kamar. Dan, membuat kenyamanan hotel untuk beberapa penghuninya. Bila hotel nyaman, jadi lebih disukai oleh tamu hotel yang berkunjung.


2. Pengertian Housekeeping Menurut  Rumekso (2002:1)

Housekeeping berarti bagian dari hotel yang bertugas dan bertanggung jawab terhadap kebersihan, kerapihan, keindahan dan kenyaman semua area hotel. Baik untuk area yang di luar gedung maupun di dalam gedung, begitu juga dengan kamar-kamar dari tamu, ruangan yang disewa oleh para tamu untuk dihuni.


Termasuk dengan restoran, office dan toilet dari area atau hotel. Pemahaman itu menerangkan dengan jelas tentang Housekeeping dan pekerjaannya. Pengetahuan ini menerangkan jika Housekeeping masih tetap mempunyai tanggung-jawab yang besar untuk perusahaan.


3. Pengertian Housekeeping Menurut Djihan, T.M. (1993)

Dirinya berpendapatan, Housekeeping adalah salah satu bagian yang terdapat di hotel untuk menangani hal berkaitan dengan kerapian, kebersihan, keindahan, kelengkapan kamar dan area umum lainya agar seluruh tamu dan karyawan merasakan nyaman berada di hotel.


Pemahaman itu menerangkan jika pekerjaan dari Housekeeping tidak cuma untuk tamu saja. Tetapi, untuk semua orang yang ada di hotel itu harus terasa nyaman. Triknya dengan lakukan pembersihan semua tempat dan jaga kerapian dari tempat gedung hotel.


4. Pengertian Housekeeping Menurut  Rizal Dan Saksono (2006:15)

Mereka berpendapat bahwa Housekeeping merupakan bagian yang terbagi dalam beberapa seksi. Yaitu Housekeeping Office section, Room section, General Linen, Laundry Section, Public Area Section, Gardening And Flower Section.


Opini ini mempunyai pengertian jika Housekeeping di dalamnya ada banyak seksi yang bergerak sesuai bagiannya . Maka, masing-masing bagian berjalan untuk menuntaskan tugas masing-masing. Ini dilaksanakan untuk memberinya efektivitas dalam tugas.



Baca Juga : Jenis Jenis Kamar Hotel Dan Penjelasannya


5. Pengertian Housekeeping Menurut Dimyati (2002:59)

Menurutnya, Housekeeping merupakan bagian yang memiliki tugas untuk memelihara, kerapian, kebersihan, restoran, bar, kelengkapan kamar tamu, tempat umum hotel juga termasuk dengan tempat bagi karyawan namun bukan untuk kitchen area atau lainnya yang tidak menjadi tanggung jawab standarnya.


Pemahaman itu menerangkan jika peran Housekeeping tetap terkait dengan perawatan, kebersihan dan kerapihan. Namun, untuk bagian-bagian yang memanglah tidak jadi tanggung jawabnya jadi bukan tugasnya. Dengan demikian, kegiatan tugas yang sudah dilakukan akan jadi lebih jelas.


6. Pengertian Housekeeping Menurut Nawar (2002:2)

Housekeeping adalah bagian departemen yang mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan, memperbaiki kerusakan, dan memberi dekorasi dengan tujuan agar rumah (hotel) tersebut tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan bagi penghuni atau tamu yang menginap.


Dari pendapat beliau, Housekeeping merupakan bagian yang bertugas membuat seluruh fasilitas hotel agar tertata rapi dan bersih, sehingga orang yang berada di dalmnya merasakan kenyaman dan senang untuk berada di hotel tersebut.


7. Pengertian Housekeeping Menurut Kamus Istilah Pariwisata Dan Perhotelan

Pengertian Housekeeping adalah pembersihkan, pemeliharan, penataan ruangan dengan perlengkapan nya sesuai dengan area yang terdapat di hotel. Pengertian tersebut menunjukan bahwa Housekeeping memiliki tugas untuk memberikan pelayanan dalam kebersihan dan pemeliharaan.


Maksudnya jelas, karena kebersihan dan kenyamanan sebagai salah satunya hal yang terpenting. Khususnya untuk memberi layanan yang terbaik untuk beberapa tamu hotel. Karena itu, layanan ke tamu memang seharusnya dilaksanakan secara baik.



Baca Juga : kode status-status kamar hotel


Setelah kalian membaca beberapa pengertian Housekeeping menurut para ahli, dapat admin simpulkan bahwa pengertian Housekeeping adalah :

Housekeeping adalah salah satu department yang ada di hotel yang berfungsi sebagai department yang bertanggung jawab atas kebersihan,kerapihan, dan kenyamanan seluruh area hotel, baik itu area umum maupun ruang kerja para karyawan hotel. Tidak hanya itu, Housekeeping juga bertanggung jawab atas cucian kotor atau laundry hotel, baik itu dari house laundry maupun dari guest laundry.


Jadi itulah tadi pembahasan admin mengenai pengertian Housekeeping menurut para ahli. Pendapat di atas merupakan beberapa definisi Housekeeping yang cukup popular dan sering ditanyakan dalam soal-soal pelajaran, dan tentunya masih banyak lagi pendapat para ahli mengenai definisi Housekeeping namun kurang begitu popular.


Maka dari itu admin cukupkan pembahasan admin mengenai pengertia Housekeeping menurut para ahli. Admin mohon maaf jika ada tulisan admin yang kurang jelas. Dan semoga apa yang admin bagikan kali ini dapatbermafaat bagi kalian yang membacanya.

 



LihatTutupKomentar