Tugas Dan Tanggung Jawab Housekeeping Department -->

Tugas Dan Tanggung Jawab Housekeeping Department

tugas housekeeping department, tugas housekeeping attendant, tugas housekeeping hotel adalah,tugas housekeeping manager, tugas housekeeping adalah, apa tugas housekeeping, apa saja tugas housekeeping, apa tugas housekeeping hotel, apa tugas housekeeping di hote, uraian tugas housekeeping, tugas dan tanggung jawab housekeeping, tugas spv housekeeping, tugas dari housekeeping, tugas dan tanggung jawab departemen housekeeping,, tugas pokok housekeeping

tugas dan tanggung jawab housekeeper, tugas dan tanggung jawab masing masing jabatan di housekeeping, tugas dan tanggung jawab executive housekeeper, tugas dan fungsi housekeeping, tugas housekeeping manager, tugas dan tanggung jawab linen supervisor, tugas dan tanggung jawab housekeeping menurut para ahli, Apa itu pekerjaan house keeping?, Sebutkan tanggung jawab housekeeping meliputi area apa saja?, Area apa saja yang menjadi tanggung jawab housekeeping Department?, Jelaskan apa tugas dan tanggung jawab dari housekeeping Department?, sebutkan tugas dan tanggung jawab housekeeping department dalam sebuah hotel, tugas housekeeping attendant   tugas housekeeping department, tugas housekeeping attendant, tugas housekeeping hotel adalah,tugas housekeeping manager, tugas housekeeping adalah, apa tugas housekeeping, apa saja tugas housekeeping, apa tugas housekeeping hotel, apa tugas housekeeping di hote, uraian tugas housekeeping, tugas dan tanggung jawab housekeeping, tugas spv housekeeping, tugas dari housekeeping, tugas dan tanggung jawab departemen housekeeping,, tugas pokok housekeeping
Tugas Housekeeping
tugas dan tanggung jawab housekeeper, tugas dan tanggung jawab masing masing jabatan di housekeeping, tugas dan tanggung jawab executive housekeeper, tugas dan fungsi housekeeping, tugas housekeeping manager, tugas dan tanggung jawab linen supervisor, tugas dan tanggung jawab housekeeping menurut para ahli, Apa itu pekerjaan house keeping?, Sebutkan tanggung jawab housekeeping meliputi area apa saja?, Area apa saja yang menjadi tanggung jawab housekeeping Department?, Jelaskan apa tugas dan tanggung jawab dari housekeeping Department?, sebutkan tugas dan tanggung jawab housekeeping department dalam sebuah hotel, tugas housekeeping attendant

Tugas Dan Tanggung Jawab Housekeeping Department

Tugas dan Tanggung Jawab Housekeeping Department. Hallo semuanya, selamat datang kembali di Blog Daily Trip. Pada pembahasan kali ini admin akan membagikan sebuah artikel, yaitu sebuah materi mengenai tugas Housekeeping dan tanggung jawab Housekeeping. Seperti yang kalian ketahui, fungsi dari Housekeeping ini sangatlah penting bagi sebuah hotel. Lalu apa saja tugas dan tanggung jawab Housekeeping? Yukk simak pembahasan kali ini.


Namun sebelum itu, mari ketahui apa itu Housekeeping ? apa itu pekerjaan Housekeeping ?


Baca Juga : Pengertian Housekeeping Secara Umum Dan Materi Lengkap


Pengertian Housekeeping

Housekeeping datang dari kata house yang memiliki arti rumah, wisma, hotel, dan to keep yang memiliki arti menjaga atau memiara . Maka Housekeeping adalah bagian atau departemen yang mengontrol atau merapikan perlengkapan, menjaga kebersihan, membenahi kerusakan, dan memberikan dekor dengan maksud supaya hotel terlihat rapi, bersih, menarik, dan menyenangkan penghuninya.


Housekeeping Departement memiliki arti bagian yang bekerja dan bertanggungjawab untuk menjaga kebersihan, kerapian, keelokan dan kenyamanan di semua area hotel, baik di luar gedung atau dalam gedung, terhitung kamar-kamar tamu, ruang-ruangan yang disewa oleh beberapa tamu, restoran, offices dan toilet.


Lalu Area apa saja yang menjadi tanggung jawab Housekeeping Department? Yaitu : Guest rooms, Corridors, Public areas, such as the lobby and public restrooms, Pool and patio areas, Managements offices, Storage areas, Linen and sewing rooms, Laundry room, Back of the house areas, such as employee locker room, Meeting rooms, Dinning rooms, Banquet rooms, Convention exhibit halls, Hotel operated shops, Game rooms, Exercise rooms.


Jadi dapat disimpulkan bahwa, Housekeeping adalah salah satu Department yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menjaga kebersihan, kerapihan, keindahan, dan kenyamanan seluruh area hotel.


Baca Juga : Pengertian Housekeeping Menurut Para Ahli


Tugas dan Tanggung Jawab Housekeeping

Tugas dan Tanggung Jawab Housekeeping. Seperti yang kita ketahui, seluruh kebersihan dan kerapihan area hotel. Maka dari itu, keberadaan Department Housekeeping di sebuah hotel sangatlah berpengaruh terhadap operasional hotel. Housekeeping juga merupakan salah satu dari 4 departmetn pokok di sebuah hotel.


Housekeeping Department sendiri dipimpin oleh seorang Housekeeper atau Housekeeping Manager, atau yang paling umum digunakan untuk pimpinan tertinggi di Housekeeping Department yaitu Executive Housekeeping.


Sedangkan untuk tugas Housekeeping dapat admin jelaskan secara umum berdasarkan dari masing-masing bagian atau section di Housekeeping Department, yaitu :

  1. Menjaga kebersihan dan kerapihan area kamar tamu hotel.
  2. Menjaga kebersihan dan kerapihan seluruh area umum yang ada di hotel.
  3. Menangani cucian kotor hotel, baik dari guest laundry maupun house laundry.
  4. Menangani cucian bersih hotel, baik itu dari guest laundry maupun dari house laundry.
  5. Melayani segala permintaan dalam hotel, baik itu dari rekan kerja di hotel maupun dari tamu hotel.
  6. Membuat rangkaian bunga untuk keperluan hotel.
  7. Menjaga kebersihan dan kerapihan area kebun yang dimilik hotel.


Tugas dan tanggung jawab Housekeeping yang admin sebutkan tadi adalah tugas pokok dari masing-masing section yang ada di Housekeeping Department. Untuk lebih jelasnya, berikut ini uraian tugas Housekeeping Department.


Baca Juga : Struktur Organisasi Housekeeping Department dan Tugasnya


Menjaga kebersihan dan kerapihan area kamar hotel

Tugas Housekeeping adalah menjaga kebersihan dan kerapihan area kamar hotel. Untuk tugas Housekeeping Department yang satu ini merupakan tugas dari bagian room section. Untuk urasan kebersihan area kamar merupakan tanggung jawab dari room attendant. Room attendant akan bertanggung jawab atas kebersihan area kamar hotel, mulai dari mempersiapkan kamar untuk ditempati tamu, membersihkan kamar tamu selama tamu itu menginap, hingga kamar itu sudah tidak ditempati oleh tamu lagi.


Selain itu Housekeeping juga bertugas untuk memastikan keadaan kamar dalam keadaan lengkap dan tidak ada fasilitas kamar yang rusak. Bila hal itu terjadi, Housekeeping harus segera menginformasikan kerusakan kepada pihak engeneering agar untuk segera diperbaiki. Maka dari itu tugas Housekeeping Department adalah menjaga kebersihan, kerapihan, kelengkapan, dan kenyamanan area kamar hotel.


Menjaga kebersihan dan kerapihan seluruh area umum yang ada di hotel.

Tugas Housekeeping adalah menjaga kebersihan dan kerapihan seluruh area umum yang ada di hotel. Untuk tugas ini menjadi tanggung  jawab bagian public area section. Housekeeping juga harus memastikan bahwa tidak hanya area kamar saja yang dibersihkan, tetapi area public juga. Karena area public akan menjadi area yang paling sering dilihat orang.


Area umum atau public yang menjadi tugas Housekeeping, yakni:

  • Restoran
  • Lobby
  • Area parker
  • Meeting room
  • Lounge
  • Gym
  • Spa
  • Swimming pool
  • Office karyawan
  • Dll


Menangani cucian kotor hotel, baik dari guest laundry maupun house laundry

Tugas dan tanggung jawab Housekeeping adalah menangani cucian kotor hotel, baik dari guest laundry maupun house laundry. Untuk tugas yanga satu ini menjadi tanggung jawab dari laundry section. Pihak hotel juga biasanya menyediakan layanan laundry bagi para tamunya. Karena hal ini juga merupakan sumber dari pemasukan hotel. Maka dari itu bagian yang mempunya tugas dalam mengani laundry hotel ini adalah laundry attendant.


Sumber-sumber cucian kotor hotel biasanya berasal dari dalam hotel (house laundry), seperti linen-linen kamar dan linen-linen dari restaurant. Laundry hotel juga dapat bersal dari tamu yang menginap (guest laundry) yaitu pakaian kotor dari tamu.


Menangani cucian bersih hotel, baik itu dari guest laundry maupun dari house laundry.

Tugas Housekeeping Department yang berikutnya adalah menangani cucian bersih hotel, baik itu dari guest laundry maupun dari house laundry. Untuk tugas yang satu ini menjadi tanggung jawab dari bagian linen section.


Setelah cucian kotor tadi ditangani oleh bagian laundry section, maka selanjutnya setelah cucian itu bersih maka akan menjadi tanggung jawab linen section. Petugas linen biasnya akan mendistribusikan cucian yang sudah bersih ke pihak yang bersangkutan, seperti guest laundry akan diantarkan ke kamar tamu, linen restaurant akan diserahkan ke bagian f&b Department. Dan untuk linen dari Housekeeping Department akan didistribusikan beberapa pantry dan sebagian akan disimpan di linen store.


Melayani segala pemintaan dalam hotel

Tugas Housekeeping Department adalah melayani segala pemintaan dalam hotel, baik itu dari rekan kerja di hotel maupun dari tamu hotel. Untuk tugas yang satu ini menjadi tanggung jawab dari bagian order taker. Order taker juga merupakan pusat dari koordinasi di departemen Housekeeping. Section order taker ini dipimpin oleh Housekeeping coordinator.


Segala permintaan dan informasi yang berkaitan dengan Housekeeping akan disampaikan terlebih dahulu ke bagian order taker. Kemudian setelah itu permintaan dan informasi itu akan di sampaikan ke pihak yang selanjutnya, yaitu tamu atau rekan kerja di Housekeeping. Misalnya tamu meminta untuk meminjam setrika, maka tamu tersebut akan menelpon ke bagian order taker, order taker runner akan membawakan ke kamar tamu tersebut.


Membuat rangkaian bunga untuk keperluan hotel

Tugas Housekeeping adalah membuat rangkaian bunga untuk keperluan hotel. Untuk tugas yang satu ini menjadi tanggun jawab dari section florist. Florist sendiri adalah bagian yang bertugas dalam membuat rangkaian bunga untuk keperluan hotel. Rangakaian bunya ini sendiri bertuajuan untuk mepercantik dan memperindah tampilan area hotel.


Contoh rangakian bunya yang dikerjakan oleh seorang florist ini, seperti rangkaian bunga untuk kamar VIP, honey moon, atau repeater guset, rankaian bunga untuk keperluan event hotel, yakni wedding party, birthday party, atau meeting.


Menjaga kebersihan dan kerapihan kebun yang dimiliki hotel

Tugas Housekeeping adalah menjaga kebersihan dan kerapihan kebun yang dimilik hotel. Untuk tugas yang satu ini menjadi tanggung jawab dari bbagian garden. Tidak setiap hotel memiliki kebun, tapi sebuah hotel pasti memiliki tanaman hidup di dalamnya. Maka dari itu ini menjadi tugas dari seorang gardener untuk merawatnya.


Baca Juga : Prosedur Langkah-Langkah Membersihkan Kamar Tamu Hotel


Jadi itulah tadi uraian tugas dan tanggung jawab Housekeeping Department. Segala pertanyaan kalian mengenai Apa itu pekerjaan house keeping? Sebutkan tanggung jawab Housekeeping meliputi area apa saja? Area apa saja yang menjadi tanggung jawab Housekeeping Department? Jelaskan apa tugas dan tanggung jawab dari Housekeeping Department? Sebutkan tugas dan tanggung jawab Housekeeping Department dalam sebuah hotel ! Apa tugas Housekeeping ? apa saja tugas Housekeeping ? Apa tugas Housekeeping hotel? Apa tugas Housekeeping di hotel ? sudah admin jelaskan di atas. Jadi admin harap kalian dapat memahaminya.


So, admin rasa cukup pembahasan admin kali ini mengenai tugas dan tanggung jawab Housekeeping Department di hotel. Admin mohon maaf jika ada tulisan admin kurang dipahami. Dan semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat bermanfaat bagi kalian yang membacanya.


Baca Juga :


tugas dan tanggung jawab housekeeper, tugas dan tanggung jawab masing masing jabatan di housekeeping, tugas dan tanggung jawab executive housekeeper, tugas dan fungsi housekeeping, tugas housekeeping manager, tugas dan tanggung jawab linen supervisor, tugas dan tanggung jawab housekeeping menurut para ahli, Apa itu pekerjaan house keeping?, Sebutkan tanggung jawab housekeeping meliputi area apa saja?, Area apa saja yang menjadi tanggung jawab housekeeping Department?, Jelaskan apa tugas dan tanggung jawab dari housekeeping Department?, sebutkan tugas dan tanggung jawab housekeeping department dalam sebuah hotel, tugas housekeeping attendant.
tugas housekeeping department, tugas housekeeping attendant, tugas housekeeping hotel adalah,tugas housekeeping manager, tugas housekeeping adalah, apa tugas housekeeping, apa saja tugas housekeeping, apa tugas housekeeping hotel, apa tugas housekeeping di hote, uraian tugas housekeeping, tugas dan tanggung jawab housekeeping, tugas spv housekeeping, tugas dari housekeeping, tugas dan tanggung jawab departemen housekeeping,, tugas pokok housekeeping



LihatTutupKomentar