Pengertian Front Office : Tugas dan Tanggung Jawab Front Office, serta Penjelasan Secara Lengkap -->

Pengertian Front Office : Tugas dan Tanggung Jawab Front Office, serta Penjelasan Secara Lengkap

pengertian front office, pengertian font office dapartment, front office adalah, pengertian front office menurut para ahli, front office hotel adalah, fungsi dan peranan font office, fungsi front office, peranan front office, peran font office adalah, bagian bagian font office, section-section front office, bagian front office, tugas front office, tugas front office hotel, tugas dan tanggung jawab front office, struktur organisasi front office, struktur organisasi front office department,
www.dailytripp.my.id

Front Office. Halo bro, selamat datang di blog ini. Pada pembahasan kali ini, admin akan menjelaskan materi tentang apa itu Front Office Department. Secara rinci admin akan menjelaskan pengertian Front Office Daprtment, fungsi dan peranan Front Office, tugas dan tanggung jawab Front Office, bagian bagian Front Office Department, dan struktur organisasi Front Office Department.

 

Ok sebagai pemulaan admin akan mulai menjelaskan dari pengertian Front Office Department dan pengertian Front Office menurut para ahli.

 

Pengertian Front Office Department

Apa itu Front Office ? Front Office bila dalam Bahasa Indonesia berarti kantor depan. Secara jelas, Front Office adalah salah satu department yang ada di hotel yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam melayanani tamu, mulai dari tamu ini datang atau tiba di hotel, hingga tamu tersebut meningggalkan hotel.

 

Front Office Hotel bertanggung jawab dalam melayani tamu di hotel. Front Office ini merupakan salah satu department yang penting. Front Office akan melayani tamu check-in, check-out, dan pindah kamar, selain itu Front Office juga melayanai pemesanan kamar tamu, menangani barang bawaan tamu, memberikan informasi, hingga melayani pembayaran tagihan tamu.

 

pengertian front office, pengertian font office dapartment, front office adalah, pengertian front office menurut para ahli, front office hotel adalah, fungsi dan peranan font office, fungsi front office, peranan front office, peran font office adalah, bagian bagian font office, section-section front office, bagian front office, tugas front office, tugas front office hotel, tugas dan tanggung jawab front office, struktur organisasi front office, struktur organisasi front office department,
Pengertian Front Office
Front Office Hotel adalah department yang vital dalam sebuah hotel, karena Front Office akan selalu berhadapan langsung dengan tamu, maka sebagai Front Office harus dapat memberikan kesan pertama yang baik kepada para tamu yang menginap di hotel. Hal itu dapat dilakukan dengan cara memberikan pelayanan prima kepada para tamu.

 

Baca Juga : Pengertian Pelayanan Prima Dalam Industri Perhotelan Berdasarkan Konsep A6


Pengertian Front Office Menurut Para Ahli

Setiap orang memiliki pemahamannya masing-masing tentang pengertian dari Front Office ini. Maka dari itu berikut ini akan disajikan pengertian Front Office menurut para ahli.

 

Menurut Agusnawar (2002:1) pengertian Front Office menurut beliau, Front Office ialah salah satu departemen atau bagian yang ada di hotel, yang langsung memberikan pelayanan kepada para tamu, mulai dari calon tamu mengadakan pemesanan kamar atau reservatsi,  hingga tamu tersebut tinggal dan berangkat (check-out) dari hotel.

 

Menurut Bagyono (2012) pengertian Front Office menurut beliau, Front office adalah kantor depan.dalam konteks pengertian hotel, Front Office hotel adalah sebuah departement yang ada di hotel yang letaknya di bagian depan hotel.Tepatnya tidak begitu jauh dari pintu depan hotel atau lobby

 

Berikut ini akan dijelaskan mengenai fungsi dan peranan Front Office Hotel.

pengertian front office, pengertian font office dapartment, front office adalah, pengertian front office menurut para ahli, front office hotel adalah,

Fungsi dan Peran Front Office Department

Sebagai salah satu department yang ada di hotel, Front Office memilik peran yang sangat vital. Oleh karena itu, segala bentuk pelayanan di hotel akan di kordinasikan oleh department yang satu ini.

 

pengertian front office, pengertian font office dapartment, front office adalah, pengertian front office menurut para ahli, front office hotel adalah, fungsi dan peranan font office, fungsi front office, peranan front office, peran font office adalah, bagian bagian font office, section-section front office, bagian front office, tugas front office, tugas front office hotel, tugas dan tanggung jawab front office, struktur organisasi front office, struktur organisasi front office department,
Fungsi dan Peranan Front Office
 

Front Office dianggap berperan sebagai pusat atau jantung kegitan hotel dalam memberikan pelayanan, karena di Front Office datangnya informasi, instruksi dan pengarahan tentang pelayanan yang akan diberikan kepada tamu.

 

Peran Front Office

Dalam operasionalnya sehari-hari peran Front Office dapat bermacam-macam. Hal itu untuk memperlancar operasional dalam menjalin kerjasama antar department. Terkait dengan hal tersebut, peran Front Office sangatlah vital dalam suatu hotel, yaitu :

  • Merupakan wakil dari manajemen (management representative)
  • Bertindal sebagai penjual (sales person)
  • Pemberi informasi (information giver)
  • Penyimpan data (record keeper)
  • Diplomatic (diplomatic agent)
  • Pemecah masalah (problem solver)
  • Wakil dari hubungan masyarakat (public relation agent)
  • Coordinator kegitanan pelayanan (service coordinator)

 

Dari daftar peran Front Office di atas, maka tidak heran bila Peran Front Office adalah sebagai jantungnnya hotel. Berikut ini ini penjelasan dari Fungsi Front Office.

 

Fungsi Front Office Department

Untuk meningkatkan pelayanan, diperlukan kuallitas tenaga kerja yang memberikan pelayanan agar para tamu merasa mendapat pelayanan yang memuaskan. Oleh karena itu, perlu dipahami bahwa sesorang yang bertugas di kantor depan harus dapat memberikan pelayanan yang memuaskan.

 

Mengingat peran dari Front Office in sangat strategis dalam memelihara keberlangsungan operasional hotel, maka berikut ini akan diuraikan fungsi Front Office dalam kegiatan sehari-hari, yaitu :

  • Menjual kamar hotel
  • Menyiapkan dan memberikan pelayanan
  • Mengkoordinir pelayanan di hotel
  • Menyiapkan berkas-berkan pembayaran tamu (guest bill)
  • Menangani surat-surat masuk maupun keluar
  • Melayani fasilitas komunikasi tamu

 

Sama seperti peran Front Office, fungsi dari Front Office juga tidak kalah penting. Maka dari itu Front Office selalau ada bagaimanapun besar kecilnya hotel.

fungsi dan peranan font office, fungsi front office, peranan front office, peran font office adalah,

Baca selengkapnya : Fungsi dan Peranan Front Office

 

Tugas Dan Tanggung Jawab Front Office Department

Setelah kalian mengerti bagaiman fungsi dan peran dari Front Office department, maka sedikit tidaknya kalian akan paham bagaimana tugas dan tanggung jawab Front Office Department.

 

pengertian front office, pengertian font office dapartment, front office adalah, pengertian front office menurut para ahli, front office hotel adalah, fungsi dan peranan font office, fungsi front office, peranan front office, peran font office adalah, bagian bagian font office, section-section front office, bagian front office, tugas front office, tugas front office hotel, tugas dan tanggung jawab front office, struktur organisasi front office, struktur organisasi front office department,
Tugas dan Tanggung Jawab Front Office

Tugas Front Office bila kalian lihat, itu dilandasi dari bagian bagian Front Office atau seksi yang ada di Front Office. Jadi, jika kalian mengetahui setiap bagian-bagian dari Front Office, makan kalian juga dapat dengan mudah memahami tugas dari Front Office.

tugas front office, tugas front office hotel, tugas dan tanggung jawab front office,

Berikut ini uraian tugas Front Office Hotel, yaitu :

  • Menangani pemesanan kamar hotel oleh tamu. (reservasi)
  • Menangani tamu check-in, check-out, dan pindah kamar. (reception)
  • Memberikan informasi kepada tamu. (information)
  • Menangani barang bawaan tamu bak itu ketika check-in, check out, maupun pindah kamar. (concierge)
  • Penangani sambungan telepon, baik itu dari dalam atau luar hotel. (telephone operator).
  • Pengangani pembayaran tagihan tamu atu guest bill (Front office cashier)

 

Jadi itulah tadi tugas Front Office hotel. Yang di sebutkan di atas merupakan tugas-tugas pokok atau yang utama dari Front Office.

 

Selanjutnya akan dijelaskan bagian bagian Front Office Department yang adal di hotel.

Seperti yang disebukan tadi, untuk mengetahui tugas Front Office Hotel, maka kalian harus memahami bagian-bagian Front Office Department. Maka dari itu simak penjelasnnya berikut ini.

 

Bagian bagian Front Office Department atau dengan kata lain disebut section-section Front Office, merupakan pembagian posisi yang ada di Front Office department, yang dimana pembagian posisi ini sangat penting demi kelancaran operasional di Front Office.

 

Setiap bagian Front Office dibagi berdasarkan tugas yang akan dilakukan oleh Front Office. Mulai dari reservation, reception, information, concierge atu uniformed service, telephone operator, dan Front Office cashier. Maka dari itu, pembagian posisi atai seksi Front Office ini sangatlah penting.

    

Dalam kebanyakan hotel, bagian bagian Front Office terdiri dari 6 seksi utama. Namun dalam pelaksanaanya, setiap bagian Front Office ini dapat dipecah lagi ppenjadi bagian yang lebih rinci dan dengan tuganya masing-masing.

bagian bagian font office, section-section front office, bagian front office,

Berikut ini akan dijelaskan bagian-baigan Front Office

 

Reservasi (Reservation)

Reservasi merupakan salah satu seksi atau bagian yang ada di Front Office department, yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam menangani pemesanan kamar hotel yang dilakukan oleh para calon tamu.

 

Reception

Reception adalah salah satu seksi atau bagian yang ada di Front Office department, yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam menangani kedatangan tamu tamu, yaitu dengan melakukan registrasi kepada tamu yang sudah melakukan reservasi kamar. Atau juga dengan kata lain reception bertugas dalam menangani tamu check-in, check-out, dan pindah kamar.

 

Information

Information adalah salah satu seksi atau bagian yang ada di Front Office department yang memiliki tugas dan tanggung  jawab dalam menyiapkan dan memberikan informasi kepada tamu yang menginap di hotel. Namun terkadang, bagian Front Office yang satu ini sering dijadikan satu dengan bagian reception.

 

Concierge atau Uniformed Service

Concierge adalah salah satu seksi atau bagian yang ada di Front Office department yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam menangani barang bawaan tamu, baik itu tamu check-in, check-out, dan pindah kamar. Bagian Front Office yang satu ini juga melayani penitipan barang  bawaan tamu.

 

Telephone Operator

Telephone operator merupakan salah satu seksi atau bagian yang ada di Front Office department yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam menangani sambungan telepon yang ada di hotel, baik itu sambungan telepon yang berasal dari dalam hotel, maupun sambungan telepon yang yang berasal dari luar hotel.

 

Front Office Cashier

Front office cashier adalah salah satu seksi atau baigan yang ada di Front Office department yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam menangani pembayaran tagihan tamu (guest bill). Segala transaksi yang dilakukan di hotel, maka akan ditangani oleh Front Office cashier.

 

Dari keenam bagian Front Office tersebut, setiap seksi memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing, namun setiap bagian Front Office ini juga saling terkait satu sama lain karena setiap bagian ini berada dalam satu department yang sama, yaitu Front Office department.


Baca selengkapnya : Bagian-Bagian Front Office Department


Setelah mengetahui bagian-bagian Front Office, maka untuk lebih mempermudah lagi tugas dan tanggung jawabnya, jadi diperlukannya suatu struktur organisasi. Jadi berikut ini akan dijelaskan mengengai struktur organisasi Front Office.

 

Struktur organisasi merupakan tingkatan atau alur kepemimpinan dalam suatu organisasi. Dalam struktur organisasi Front Office juga sama. Struktur organisasi Front Office dibuat berdasarkan bagian bagian Front Office. Selain itu, hal ini juga tergantung dari besar kecilnya suatu hotel. Semakin besar hotel, maka akan semakin lengkap pula struktur organisasi.

 struktur organisasi front office, struktur organisasi front office department,

pengertian front office, pengertian font office dapartment, front office adalah, pengertian front office menurut para ahli, front office hotel adalah, fungsi dan peranan font office, fungsi front office, peranan front office, peran font office adalah, bagian bagian font office, section-section front office, bagian front office, tugas front office, tugas front office hotel, tugas dan tanggung jawab front office, struktur organisasi front office, struktur organisasi front office department,
Struktut Organisasi Front Office

Struktur organisasi Front Office terbentuk berdasarkan bagian bagian yang ada di Front Office. Hal ini membuat tugas dari masing-masing bagian menjadi lebih detail. Maka dari itu berikut ini diuraikan struktur organisisi Front Office department.

 

Front Office Manager (FOM)

Front office manager merupakan pipimpina tertinggi dalam Front Office department yang memeiliki tugas mengarahkan dan mengawasi seluruh bawahan secara langsung dan menjamin bahwa operasional sehari-hari dapat berjalan lancarr.

 

Reservation Manager

Reservation manager bertugas membantu FOM atau assistant FOM dalam memantau dan mengontrol akurasi kemampuan kamar yang dijual agar tercapai “room occupancy” yang tinggi dengan harga yang maksimal.

 

Reservation Supervisor

Reservation Supervisor bertugas mengawasi dan mengontrol peketjaan para petugas reservasi sehingga dapat berjalan lancar dalam standard opeasional prosedur yang berlaku di hotel, khususnya untuk pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan reservasi kamar.

 

Reservation Cleck

Reservation Cleck merupakan petugas reservasi yang bertugas dalam menerima reservasi kamar sehari-hari dengan akurat dan efisien berdasarkan standar dan prosedur yang berlaku di hotel.

 

Head Front Desk

Head Front Desk bertugas mengawasi pelaksanaan operasional kerja sehari-hari di garis depan yang berhubungan langsung terhadap tamu.

 

Reception Supervisor

Reception Supervisor Bertugas Mengawasi Dan Mengkoordinir Para Receptionist Agar Dapat menjalankan fungsinya untuk melayani tamu terutama saat kedatangan sehinggga memperoleh kesan baik.

 

Receptionist

Receptionist merupakan petugas reception yang bertugas menyambut kedatangan tamu yang akan check-in dan meprosesnya dengan cepat, tepat, efisien, ramah, dan santun sehingga tamu memperoleh kesan baik.

 

Infornaton Cleck

Information Cleck merupakan petugas yang bertanggung jawab dalam melayani tamu dalam hal memberikan informasi mengenai segala kegiatan dan fasilitas hotel, serta event-event yang sedang diselenggaran hotel.

 

Telephone operator

Telephone operator merupakan petugas telepon yang memberi pelayanan dengan cepat, ramah, dan santun terhadap semua pihak yang memerlukan jasa telepon, baik yang mengnap di hotel maupun yang berada di luar hotel.

 

Chief Concierge

Chief Concierge bertugas dalam mengorganisir, mengarahkan dan mengawasi penampilan para Bellboy dan petugas pemberi informasi dalam menyambut tamu, mengurus barang bawaan tamu dan mengantarkan tamu, serta memberikan penjelasan yang tepat kepada tamu dan pengunjung tentang fasilitas dan produk hotel.

 

Hall Porter

Hall porter bertugas mengawasi dan mengkoordinir pekerjaan sehari-hari Bellboy, dan Doorman sesuai dengan standar pelayanan hotel.

 

Bellboy

Bellboy merupakan petugas yang membantu mengangkut barang-barang bawaan tamu pada saat check-in, check-out, dan pindah kamar. Serta memberikan bantuan kepada tamu sedapat mungkin agar tamu yang dilayani merasa santai dan nyaman.

 

Doorman

Doorman merupakan petugas yang memberikan salam kepada para pengunjung hotel atau tamu yang datang dan menunggalkan hotel. Mengucapkan selamat datang dan salam perpisahan kepada tamu.

 

Struktur organisai Front Office di atas adalah gambaran umu dari sebuah struktur organisasi. Dan hal yang pasti struktur organisasi dapat berbeda-beda pada setiap hotel. Maka dengan adanya struktur organisasi dan Front Office department, maka dapat mepermudah operasional yang ada di Front Office.

 

Itulah tadi penjelsan secara lengkap mengenai Front Office. Mulai dari penjelasannya pengertian Front Office, fungsi dan peran Front Office, tugas, dan tanggung jawab Front Office, bagian-bagian Front Office, hingga struktur organisasi Front Office.

 

Ok bro, admin rasa cukup sampai disini penjelasan tentang Front Office. Untuk lebih lengkap lagi, silahkan baca artikel lainya tentng Front Office. Karena masih manyak informasi lainnya tentang Front Office.

 

Baca Juga :

 

LihatTutupKomentar