Tugas Dan Tanggung Jawab Front Office Hotel -->

Tugas Dan Tanggung Jawab Front Office Hotel

tugas front office, tugas front office hotel, tugas dan tanggung jawab front office, tugas dan tanggung jawab front office department, tugas dan tanggung jawab front office hotel, tugas front office department, tugas front office di hotel
Tugas Front Office Hotel

Tugas Front Office Hotel. Hallo bro, selamt datang di blog ini. Pada materi kali ini admin akan menjelaskan tugas dan tanggung jawab Front Office hotel. Maka dari itu baca dengan seksama artikel di bawah ini.

 

Ok sesbelum mengetahui apa saja tugas dari Front Office hotel, ada baiknya kita mengetahui apa itu Front Office hotel. Karena dengan memahami pengertian dari Front Office, maka kita akan mendapat gambaran mengenai tugas dan tanggung jawab Front Office.

Front office adalah salah satu department yang ada di hotel, yang bertugas dan bertanggung jawab atas pelayanan terhadap tamu, mulai dari tamu tersebut melakukan pemesanan kamar, memberikan informasi kepada calon tamu, menerima kedatangan tamu (check-in), mengani telepon, menangani barang  bawaan tamu, menangani keberangkatan tamu (check-out), serta menangani sambungan telepon.

 

Dari pengertian Front Office di atas, dapat dengan jelas kita mengetahui tugas Front Office hotel. Tugas tugas Front Office tersebut diambil berdasarkan bagian-bagian yang ada di Front Office atau section-section Front Office, yang terdiri dari Reservation, Reception, information, Telephone Operator, Concierge, dan Front Office Cashier. Untuk mengetahui lebih lengkap mengetahui bagian-bagian di Front Office silahkan baca artikel berikut ini.

 

Tugas Front Office hotel dalam sehari-hari akan selalu berinteraksi dengan tamu, maka dari itu setiap petugas di Front Office harus dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada setiap tamu. Front office department merupakan  salah satu department pokok hotel yang bertanggung jawab atas jasa pelayanan di Front Office semenjak tamu datang (check-in), selama tinggal di hotel, hingga tamu tersebut meninggalkan hotel (check-out).

 

Setelah memahami mengenai Front Office, lalu apa saja tugas dan tanggung jawab Front Office department ? untuk lebih lengkapnya, admin akan membahasnya berdasarkan tugas dari masing masing section di Front Office.

 

Tugas Dan Tanggung Jawab Front Office

Hampir semua tugas Front Office hotel berhubungan dengan tamu, baik secara langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu, Front Office sering disebut sebagai jantungnya hotel. Di Front Office tamu memperoleh pelayana mulai dari datang hingga menninggalkan hotel. Dengan kata lain semenjak tamu menginjakan kaki di hotel sampai kembali ke negaranya memerlukan pelayanan dari Front Office. Maka Front Office bertugas dan bertanggung jawab terhadap semua pelayanan yang dibutuhkan oehe tamu termasuk oleh menejemen hotel.

 

tugas front office, tugas front office hotel, tugas dan tanggung jawab front office, tugas dan tanggung jawab front office department, tugas dan tanggung jawab front office hotel, tugas front office department, tugas front office di hotel
Tugas Front Office Hotel
Dalam menjalankan tugasnya di Front Office, department Front Office dipimpin oleh seorang manager (Front Office Manager). Maka dari itu berikut ini tugas Front Office yang harus diawasi oleh Front Office Manager

 

Menerima dan menangani reservasi kamar yang dilakukan oleh calon tamu

Tugas Front Office hotel adalah menangani reservasi kamr tamu. Tugas yang satu ini adalah tanggung jawab dari bagian Reservation. Pemesan kamar adalah interaksi pertama yang dilakukan tamu dengan pihak hotel, maka petugas Reservation harus dapat menangani tamu dengan sebaik mungkin.

 

Karena ini merupakan kesan pertama, maka hal ini menjadi sangat penting. Dengan kesan pertama yang baik, maka akan meningkatkan kemungkinan tamu untuk menginap dan kembali lagi untuk menginap.

 

Melakukan komfirmasi pemesanan kamar yang dilakukan oleh tamu

Sama seperti sebelumnya, tugas Front Office yang satu ini juga tugas dari bagian resrvasi. Setelah tamu melakukan pemesanan kamar, maka petugas Reservation harus memastikan kembali apakan pemesanan kamar ini sudah benar sesuai dengan permintaan tamu.

 

Menerima dan menangani kedatang (check-in) serta keberangkatan (check-out) tamu

Setelah tamu setuju dengan reservasi kamanya, tibalah saatnya tamu tiba di hotel. Untuk tugas Front Office yang satu ini merupakan tugas dari bagian Reception. Reception akan melakukan regristasi terhadap tamu yang tiba dan sudah melakukan pemesanan kamar sebelumnya.

 

Namun terkadang juga Reception akan memjumpai tamu yang datang tanpa pelakukan pemesanan kamar (walk in guest). Maka dengan semaksimal mungkin petugas Reception haru mengani tamu ini. Terkadang tergantung season, pihak hotel sulit menemukan kamar yang tersedia. Namun bila ada kamar yang tersedia, Reception sebisa mungkin melakukan up selling.

 

Meminta deposit dari pemesananan kamar yang dilakukan oleh tamu

Meminta deposit kamar juga merupakan tugas dan tanggung jawab Front Office department. Pihak hotel akan meminta deposit terhadap kamar yang dipesan oleh tamu. Deposit ini adalah sebagai garansi bahwa tamu tersebut akan datang ke hotel, dan tamu tidak kabur dari hotel tanpa melalkukan pembayaran. Deposit ini dapat berupa biaya 1 malam kamar atau bisa juga full charge.

 

Memberikan informasi kepada tamu

Saat tamu menginap di hotel, maka banyak hal yang belum diketahui dari hotel tempat menginap, ataupun informasi di lingkukan sekitar hotel. Maka dari itu pihak hotel akan membantu dengan memberikan layanan informasi kepada tamu. Informasi ini bisa tentang fasilitas hotel, kegiatan yang sedang ada di hotel, ataupun informasi wisata di sekitar hotel. Tugas Front Office yang satu ini merupakan tugas dari bagian information, namun juga terkadang tugas dari Reception.


Baca Juga : Fungsi dan Peranan Front Office


Menangani guest complaint

Menangani guest complaint juga merupakan salah satu hal yang harus dihadapi oleh Front Office. Petugas Front Office harus mengikuti standar prosedur dalam menangani tamu komplin, agar dapat terciptanuya solusi terbaik terhadap tamu. Tugas dan tanggung jawab Front Office hotel yang satu ini adalah milik bagian Reception.

 

Membuat laporan hotel occupancy

Setiap harinya seorang petugas di Front Office harus membuat laporan mengenai tingkat hunian kamar di hotel (room occupancy) tugas yang satu ini merupakan tugas dari petugas Front Office yang sihft malam. Hal itu agar petugas yang di pagi hari dapat mengatur operational dengan maksimal. Maka dari itu tugas Front Office department yang satu ini sangat penting.

 

Menangani barang bawaan tamu

Untuk tugas Front Office yang satu ini merupakan tugas dari seoerang bellboy. Bellboy ini merupakan bagian dari section Concierge. Bellboy akan melayani barang bawaan tamu ini mulai dari tamu tersebut check-in, check-out, maupun pindah kamar. Bellboy harus memastikan bahwan seluruh barang bawaan tamu dalam kondisi yang baik dan aman.

 

Menangani sambungan telepon di hotel

Memberikan layanan telepon merupakan salah satu tugas dan tangung jawab dari Front Office. Untuk bagian ini merupakan jatah dari bagian Telephone Operator. Petugas Telephone Operator akan melayani sambungan telepon baik itu dari dalam hotel, maupun dari luar hotel. Dan juga baik itu dari tamu, maupun dari rekan kerja di hotel.

 

Menangani tagihan tamu atau guest bill

Segala sesuatu yang berhubungan dengan pembayaran tamu di hotel merupakan tugas dan tanggung jawab Front Office. Front office sendiri memiliki bagian yang khusus untuk mengangani guest bill, yaitu bagian Front Office Cashier.

 

Bertanggung jawab atas seluruh kelancaran operasional di Front Office

Untuk tugas yang terakhir ini, merupak tugas dan tanggung jawab dari seluruh anggota di Front Office. Baik itu Reservation, Reception, information, Concierge, Telephone Operator, maupun Front Office Cashier, bertanggug jawab atas seluruh kelancaran operasional di Front Office. Maka dari itu, diperlukan kerjasama yang baik antar section yang ada di Front Office.


Tugas dan tanggung jawab Front Office department sangatlah bergantung dari kerja sama masing-masing section di Front Office. Maka dari itu Front Office dibagi menjadi beberapa bagian demi memperlancar pembagian tugas dan tanggung jawab di Front Office.

 

Ok, admin rasa cukup sampai disi mengenai tugas dan tanggung jawab Front Office department di hotel. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

 

LihatTutupKomentar