Pengertian Concierge Serta Tugas dan Tanggung Jawab Concierge -->

Pengertian Concierge Serta Tugas dan Tanggung Jawab Concierge

apa yang dimaksud dengan concierge ? apa saja tugas concierge ? pengertian dan tugas concierge. tugas chief concierge. tugas seoranf concierge. tugas concierge hotel pengertian cuncierge section. pengertian concierge dan tugasnya. pengertian. pengertian concierge dan uniformed service.
Concierge

Halo guys, pada artikel kali ini saya akan membahas sedikit tentang concierge atau disebut juga uniformed service. Hal yang akan dibahas kali ini dari uniformed service atau concierge service ini adalah Pengertian Concierge Serta Tugas dan Tanggung Jawab Concierge. Untuk itu berikut ini merupakan penjelasannya.


 

Pengertian Uniformed Service (Concierge)


Apa yang dimaksud dengan concierge ? Uniformed Service atau Concierge adalah salah satu seksi yang ada di Front Office Department yang bertugas menangani barang bawaan tamu baik itu ketika check-in, check out, maupun pindah kamar.


Concierge ini juga dikenal dengan sebutan bellboy yang tugasnnya memberikan pelayanan umum kepada  tamu yang ada di lobby, seperi mengambilkan obat jika tamu meminta, menjawab pertanyaan tamu, mengambil welcome drink, dan lain-lain.


Section Concierge ini dipimpin oleh seorang Chief  Concierge. Dan dibawahnya terdapat beberapa bagian yang memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.


Apa saja tugas concierge ? Berikut ini penjelasan mengenai tugas dan tanggung jawab Concierge service :



Tugas Dan Tanggung Jawab Concierge Section

apa yang dimaksud dengan concierge ? apa saja tugas concierge ? pengertian dan tugas concierge. tugas chief concierge. tugas seoranf concierge. tugas concierge hotel pengertian cuncierge section. pengertian concierge dan tugasnya. pengertian. pengertian concierge dan uniformed service.
tugas concierge

1. Chief Concierge

Tugas Chief Concierge adalah sebagai pemimpin dari Section Concierge yang memiliki tugas dan tanggung jawab mengorganisir, mengarahkan, dan mengawasi penampilan para Bellboy dan petugas informasi dalam menyambut tamu, mengurus barang bawaan tamu dan mengantar tamu, serta memberikan penjelasan yang tepat kepada tamu dan pengunjung tetang fasilitas dan produk hotel, meliputi : 

  • Mengarahkan dan mengawsasi bawahan dalam memberikan pelayanan kepada tamu 
  • Memerintahkan Bell Captain untuk mendistribusikan semua surat, dan facsimile yang masuk 
  • Memastikan bahwa semua pesan untuk tamu dapat disampaikan secepatanya 
  • Mengawasi proses penitipan barang dan system penyimpanan 
  • Secara teratur menghadiri parapet department FO 
  • Mengatur jadwal kerja staf sehingga tidak bentrok dengan program pelatihan yang diselenggaran hotel




2. Bell Captain (Hall Porter)

Bell Captain merupakan bawahan langsung dari Chief Concierge. Tugas Bell Captain adalah  mengawasi dan mengkoordinir pekerjaan sehari-hari Bellboy dan Doorman sesuai dengan standar pelayanan hotel bersangkutan. diantaranya 

  • Mengkoordinir para bawahannya dalam menjemput kedatangan dan mengurus barang bawaan hingga sampai ke kamar dengan cepat, tepat dan penuh keramahan 
  • Mengkoordinir bawahannya untuk selalu menawarkan bantuan kepada tamu 
  • Menyiapkan daftar kerja bawahannya 
  • Mengecek ruang penyimpanan barang secara teratur dan berkala 
  • Mengurus dan menyelesaikan barang-barang yang tidak bertuan  
  • Memrikasa kereta barang dan papan pengumuman 
  • Memeriksa log book secara teratur sebagai sarana komunikasi dan menindaklanjuti serta mencatan masalah yang tidak dapat diselesaikan 
  • Memasatikan kondisi bell captain counter dalam keadan bersih, rapih dan semua staf  telah menggunakan seragam kerja




3. Bellboy / Porter

Bellboy merupakan bawahan langsung dari Bell Captain yang bertugas menangani barang bawaan tamu pada saat check-in, check-out, maupun pindah kamar. Memberikan bantuan kepada tamu sedapat mungkin agar tamu yang dilayani merasa santai dan nyaman. Diantaranya : 

  • Membawa barang bawaan tamu dengan cepat dan efesien pada saat check-in, check-out maupun pindah kamar 
  • Menyimpan bawang bawaan tamu apabila inginkan penitipan barang bawaannya di bell counter 
  • Menyambut kedatangan tamu yang akan check-in dan mengantarkannya ke Reception untuk registrasi 
  • Memasukan koran yang diperlukan  ke kamar tamu 
  • Memasang sign board di lobby hotel untuk acara kegiatan hari ini 
  • Mengirim surat atau pesan yang mendesak ke kamar-kamar tamu  
  • Memjelaskan produk dan fasilitis yang dimiliki hotel pada saat mengantar tamu menuju ke kamar




4. Doorman

Doorman bertugas memberi salam kepada pengunjung hotel atupun tamu yang datang meninggalkan hotel.  

  • Mengucapkan salam kepada tamu baik yang datang maupun yang pergi guna memberikan kesan baik. 
  • Membuka dan menutup pintu kendaraan tamu ketika datang ke hotel. 
  • Membanti menempatkan barang bawaan tamu ke mobil 
  • Memberikan penjelasan kepada tamu atau pengunjung tentang informasi dari hotel mengenai event dan fasilitas yang ada di hotel. 
  • Bekerja sama dengan bellboy untuk mengurus kedatangan tamu serta keberangkatan tamu 
  • Mencarikan atau memanggilkan taksi bagi tamu yang memerlukan bantuan




Itulah tadi sedikit penjelasan tentang pengertian concierge service serta tugas dan tanggung jawab pada bagian Concierge atau Uniformed Service. Struktur organisasi berperan penting dalam mendukung kelancaran operasional dari departemen kantor depan. Melalui struktur organisasi yang baik, concierge dapat memudahkan karyawan dalam melaksanakan tugas-tugas yang diemban, dengan siapa ia bisa berkordinasi, serta konsultasi sehingga mampu melaksanakan pekerjaan dengan baik dan lancar.



Semoga artikel tentang pengertian concierge dan tugas dan tanggung jawab concierge section dapat bermaanfaan bagi para pembaca.

 

Baca Juga :

LihatTutupKomentar