Jenis-Jenis Sambungan Telepon di Hotel -->

Jenis-Jenis Sambungan Telepon di Hotel

jenis-jenis hubungan telepon, jenis-jenis telepon, pengertian hubungan telepon, jenis-jenis pangginlan telepon, sambunga telepon, jenis-jenis sambungan telepon di hotel
Jenis-Jenis Sambungan Telepon

Jenis-Jenis Sambungan Telepon. Bertelepon adalah mengadakan komunikasi dari suatu tempat ke tempat lain untuk menyampaikan isi hatinya kepada orang lain, atau menyampaikan suatu informasi kepada orang lain, dengan tanpa melihat antara satu sama lain.


Komunikasi melalui sambungan telepon ini bisa dilakukan oleh siapa pun, baik itu perorangann maupun suatu instansi atau perusahaan. Begitu juga dengan halnya sebuah hotel.


Komunikasi melalui sambungan telepon ini yang terjadi di hotel melibatkan banyak pihak, seperti tamu, karyawan, rakanan usaha, menejemen, dan operator baik nasional maupun internasional.


Dalam melakukan komunikasi melaui sambungan telepon ini, dilakukan dalam suatu jarak tetentu. Jarak-jarak ini bisa terjadi antar negara, antar wilayah, antar pulau, antar kota atau bahkan antar rumah.


Jenis-Jenis Sambungan Telepon di Hotel

Untuk melakukan panggilan yang berbeda tempat, terdapat kode penghubungnya. Dan dibedakan menjadi beberapa jenis-jenis sambungan telepon. Berikut ini akan dijelaskan mengenai jenis-jenis sambungan telepon.


Tapi sebelum itu mari kita telaah, apa sih pengertian hubungan telepon, atau biasa disebut juga sambungan telepon.


Pengertian Hubungan Telepon

Hubungan telepon atau umumnya disebut sambungan telepon adalah suatu cara yang dilakukan untuk melakukan suatu interaksi atau hubungan jarak jauh yang dimana bertujuan untuk menyampaikan pesan atau suatu informasi kepada seseorang dengan perantara alat elekttronik atau yang biasa kita kenal dengan telepon.


Dalam melakukan hubungan telepon atau sambungan telepon, tentu memerlukan suatu alat yaitu telepon. Tidak seperti dulu, jenis-jenis telepon telah mengalami perklembangan yang pesat.


Telepon sekarang tidak hanya digunakan untuk melakukan panggilan telepon, tetapi juga dapat digunakan untuk hal yang lain, seperti mengirim pesan dan mengakses internet. Alat tersebut sekarang sudah berkembang menjadi smartphone.


Untuk mengetaui lebih dalam lagi tentang jenis-jenis sambungan telepon, kamu juga harus tau apa saja jenis-jenis telepon.

 Baca Juga : Contoh Percakapan Telephone Operator Hotel, Bahasa Inggris dan Terjemahan


Jenis-Jenis Telepon

jenis-jenis hubungan telepon, jenis-jenis telepon, pengertian hubungan telepon, jenis-jenis pangginlan telepon, sambunga telepon, jenis-jenis sambungan telepon di hotel
Jenis-Jenis Sambungan Telepon

Berikut ini adalah jenis-jenis telepon yang masih digunakan sampai saat ini dalam melakukan suatu sambungan telepon. Yuk simak !

1. Telepon kabel.

Jenis telepon yang satu ini tentu sudah dapar kalian bayangkan. Telepon kabel adalah telepon yang hanya bisa digunakan untuk melakukan sambungan telepon saja dan tentunya masih menggunakan tenaga listrik dengan cara dicolokan menggunakan kabel ke sumber listrik.


2. Telepon IP (internet protocol)

Sesuai dengan namanya, jenis telepon yang satu ini menggunakan internet protocol atau IP dalam pengoprasiannya. Telepon jenis ini tidak hanya bisa digunakan untuk melakukan sambungan telepon, tetapi juga dapat digunakan untuk mengirim fax, atau video.

Telepon IP sendiri sangat melekat dengan yang namanya VoIP (Voice over Internet Protocol), yaitu teknologi yang memungkinkan melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung dengan mengubah bentuk suara menjadi data digital dan dikirimkan melalui paket-paket data secara real time.


3. Telepon seluler

Jenis telepon yang terakhir ini tentu sudah banyak yang punya kan. Jenis telepon yang satu ini sangat berkembang pesat. Telepon seluler biasa disebut juga dengan smartphone. Tidak hanya digunakan untuk melakukan sambungan telepon, tetapi juga smartphone juga biasanya digunakan untuk kegiatan multimedia lainnya.


Setelah mengetahui tentang pengertian dari hubungan telepon serta jenis-jenis telepon, sekarang saatnya kita mengenal tentang jenis-jenis sambungan telepon. Cusss!

 Baca Juga : Peralatan dan Formulir Tekephone Operator Hotel

Jenis-Jenis Sambungan Telepon

Tugas utama dari seorang Telepon Operator adalah menerima dan menyambungkan saluran telepon. Jenis-jenis sambungan telepon yang umumnya berlaku di hotel dapat dibedakan menjadi empat jenis sambungan, yaitu :

1. Sambungan Antar Departemen Atau Antar Section

Sambungan jenis ini adalah semua hubungan telepon yang berlangsung dilingkungan hotel atau perusahaan, baik itu terjadi dari satu departemen ke departemen lain atau dari satu ekstensi ke ekstensi lain oleh karyawan atau tamu yang menginap di hotel.


2. Sambungan Lokal (Local Call)

Sambungan lokal adalah sambungan yang terjadi dalam satu kota atau daerah yang kode wilayahnya sama. Sambungan telepon ini biasanya sering dilakukan oleh para karyawan atau tamu. Terhadap sambungan ini, biasanya tidak dipungut biaya.


3. Sambungan Interlokal (Interlocal Call)

Sambungan interlokal adalah sambugan yang dikalukan dari kota ke kota lain atau dari pulau ke pulau lain yang kode wilayahnya berbeda namun dalam suatu batas wilayah negara, dengan rumus kode :


4. Sambungan Internasional (International Call)

Sambungan internasional adalah sambungan jarak jauh (SLJU) yang dilakukan dari satu negara ke negara lain. Sambungan ini bisa dilakukan langsung dari kamar tamu atau memnita bantuan ke telepon operator yang sedang bertugas untuk menyambungkan sambungan tersebut. Dengan rumus kode :



Selain jenis sambungan telepon tersebut, ada pula yang membedakan jenis-jenis sambungan telepon, seperti berikut :

  • Person To Person Call : Jenis sambungan ini dalah percakapan telepon yang dilakukan dari orang tertentu kepada orang tertentu pula.
  • Station To Stasion Call : adalah permintaan sambungan telepon lewat nomer tertentu tampa menyebutkan orang yang dipanggil.
  • Collect Call : Permintaan sambungan telepon yang pembayaran pulsanya ditanggung oleh orang menerima telepon
  • Tool Free Call : Sambungan telepon luar negeri atau dalam negeri lewat system pelayanan otomatis yang biayanya dibebankan pada orang yang dipanggil. Nomor toll free call diedarkan secara umum kepada siapa saja yang membutuhkan, yang biasanya dalam bidang bisnis.
  • Fix Time Call : Permintaan sambungan telepon yang waktunya ditentukan oleh pemanggil dengan persetujuan operator.


Seorang petugas telepon operator wajib mengetahui tentang jenis-jenis sambungan telepon. Karena apabila kita akan melakukan panggilan ke suatu daerah atau bahkan negara yang memeliki kode wilahnya berbeda memerlukan pengetahuan mengenai kode kode wilayah dan jenis sambunga telepon.


Jika kita tidak memasuklan kode wilayahnya sebelum melakukan sambungan telepon, panggilan itu tidak dapat terhubung ke orang yang dituju.


Oleh karana itu, penting bagi seorang telepon operator mengetahui mengenai jenis-jenis sambungan telepon beserta kode-kode wilayahnya, demi membeikan pelayanan yang maksimal kepada tamu.


Oke aku rasa cukup penjelasan tentang jenis-jenis sambungan telepon pada artikel kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

LihatTutupKomentar