Istilah Istilah Dalam Front Office Department -->

Istilah Istilah Dalam Front Office Department

istilah istilah dalam front office, istilah dalam front office, istilah istilah dalam front office department, istilah istilah yang ada di front office, istilah dalam front office department, terminologi front office, kosa kata front office, pengertian istilah front office,

istilah istilah dalam front office, istilah dalam front office, istilah istilah dalam front office department, istilah istilah yang ada di front office, istilah dalam front office department, terminologi front office, kosa kata front office, pengertian istilah front office,
Istilah-istilah dalam Front Office

Istilah istilah dalam front office. Halo semuanya, selamat datang kembali di blog Daily Trip. Pada artikel kali ini admin akan membagikan sebuah materi tentang front office, yaitu istilah istilah dalam front office. Lalu apa kalian tahu berapa banyak ada istilah dalam front office ? banyak!. Maka dari itu simak artikel ini sampai habis ya!!.

 

Baca Juga : Pengertian Front Office : Tugas dan Tanggung Jawab Front Office, serta Penjelasan Secara Lengkap

Istilah dalam Front Office Department

Anak Front Office mana nih suaranya ? hehe kalian anak FO tentu tahu nih istilah istilah front office berikut ini.


Jadi seorang front Office ialah sebuah karier yang membahagiakan sekali, yakinlah karena kita akan berjumpa bermacam jenis orang dengan bermacam typenya yang dapat kita dalami dan keuntungannya kita menjadi individu yang lebih dewasa dan terbuka. Front Office Hotel ialah garda paling depan dan jadi perwakilan langsung dari manajemen hotel, ini lah keutamaan kita harus ketahui istilah-istilah yang digunakan sehari-hari dalam operational front office


Pemakaian istilah pada front office seharusnya di kenali di luar kepala karena akan mempermudah anda dalam bekerja nanti dan adapun istilah pada front office yang kerap dipakai sebagai berikut :

istilah istilah dalam front office, istilah dalam front office, istilah istilah dalam front office department, istilah istilah yang ada di front office, istilah dalam front office department, terminologi front office, kosa kata front office, pengertian istilah front office,

Istilah dalam Front Office

Untuk istilah istilah di front office admin mulai dari huruh A ya!


A

  • Adjoining Rooms : Jenis kamar di hotel yang dimana posisi kamar tamu bersebelahan namun tanpa pintu penghubung. Jadi tamu hotel dapat saling berkomunikasi secara bebas dengan rekan atau keluarga yang menginap di kamar sebelah
  • Arrival Date : tanggal kedatangan tamu hotel.
  • Arrival List : Daftar kedatangan tamu  hotel
  • Available Room : kamar-kamar yang masih tersedia fan siap di jual oleh hotel
  • Average Length of Stay : Rata-rata masa tinggal tsmu, yakni angka yang diperoleh dari jumlah bermalam dari tamu dibagi dengan jumlah tamu itu dalam jangka waktu tertentu
  • Average Room Rate: haraga rata-rata kamar hotel
  • Advance Deposit : sejumlah uang yang diberikan tamu kepada hotel sebagai jaminan.
  • American Breakfast : Menu makan pagi yang berisi biasanya Roti, Sosis, telur dan Jus
  • Ala Carte : Cara penyajian makanan satu per satu di suatu meja, di mana setiap jenis makanan di dalam menu disajikan secara terpisah.


 

B

  • Baby Cot : tempat tidur khusus untuk bayi yang disediakan oleh hotel.
  • Baby Crib : Tempat tidur kecil untuk bayi yang disediakan hotel
  • Back of the House : bagian belakang hotel yang dimana hanya diperuntukan bagi karyawan hotel, seperti kantor-kantor management hotel, kitchen, laundry dan lain sebagainya
  • Bed Cover : bagian atas bed atau kasur yang berfungsi sebagai selimut sekaligus penghias tempat tidur tamu.
  • Bed pad : salah satu bagian atas bed yang berfungsi sebagai pelindung kasur jika terdapat tamu yang menumpahkan makanan dan minuman, atau yang paling umum kecing tamu.
  • Bell Boy : Petugas hotel yang bertugas dalam melayani barang bawaan tamu hotel.
  • Booking (Reservation) : pemesanan kamat yang dilakukan oleh tamu hotel.
  • Buffet : sisitem pelayanan makanan dengan cara prasmanan.
  • Bungalow : Tempat peristirahatan yang tidak berbentuk hotel, namun menyediakan fasilitas fasilitas penginapan untuk sejumlah orang
  • Business Center : Bagian dari hotel yang memberikan pelayanan seperti fotocopy, penyewaan computer, layanan internet dll
  • Banguet : Cara penataan suatu meja berserta makanan dan dekorasinya untuk sebuah acara khusus
  • Boutique Hotel : jenis hotel kecil namun mewah. Hotel ini biasanya digunakan untuk orang:orang beduit yang menginginkan privasi dan kenyamanan.
  • Budget Hotel : ini merupakan kebalikan dari Boutique Hotel, yang hanya menyediakan kamar dalam jumlah sedikit dan  dengan fasilitas yang sederhana.


 

C

  • Cabana : Sebuah kamar yang ada di hotel yang dimana letak kamar menghadap langsung ke sumber air, seperti swimming pool, laut, sungai, dan lain sebagainya.
  • Cancellation : Pembatalan pemesanan kamar hotel  yang dilakukan oleh tamu
  • Check-in : Tamu yang sedang masuk hotel dan mendaftarkan diri di bagian penerimaan (Receptionist)
  • Check list : Lembar atau daftar pemeriksaan
  • Check Out : Tamu yang sedang akan pergi meninggalkan hotel setelah menyelesaikan perhitungan rekening atau bill hotel
  • Collect Call : Penggunaan jasa telephone dengan biaya ditanggung penerima. Misal  : seorang wisatawan ingin berkomunikasi dengan keluarganya di luar negeri. Karena tarif yang mahal, wisatawan tersebut ingin biaya ditagihkan ke penerima. Operator akan menanyakan terlebih dahulu kesediaan penerima
  • Complimentary : Pemakaian fasilitas hotel yang tidak dipungut bayaran atau gratis.
  • Concierge : salah satu section yang ada di front office department yang bertannggung jawb atas penanganan barang bawaan tamu.
  • Confirmed Reservation : pemesanan kamar yang dilakukan oleh tamu yang sudah dikomfiirmasi oleh pihak hotel, yang artinya tamu telah berhasil meendapatkan kamar yang dipesan.
  • Connecting Room : kamar yang berada besebeelahan dan dihubungkan oleh pintuu menghubung di dalamnya.
  • Continental Breakfast : Menu sarapan gaya kontinental terdiri dari minuman (kopi, coklat, susu, teh) yang disajikan bersama roti bakar dan selai (selai nanas, jeruk, strawbery, dll) continental breakfast gaya Belanda atau Norwegia selain dihidangkan diatas, ditambah lagi dengan hidangan keju dan daging / ikan dingin.
  • Continental Plan : harga kamar hotel yang dimana harga kamar tersebut sudah termasuk saraapan pagi di hotel
  • Contracted Rate : tarif atau harga kamar yang diberikan kepada perusahan yang telah bekerja sama dengan hotel seperti travel agent sesuai dengan perjanjian kontrrak yang berlalu.
  • Cover Charge : Biaya yang dikenakan kepada setiap pengunjung yang memasuki suatu ruangan untuk menikmati pertunjukan yang diselenggarakan di tempat itu. Misal  : klab malan (night club). diskotek (discotheque) dan theater. Cover charge biasanya termasuk juga dengan makanan / minuman yang disajikan selama menonton acara tersebut.
  • Croutons : Potongan roti yang dibakar atau digoreng dengan mentega untuk pengiring makan sop panas
  • Cocktail Lounge : Tempat yang disediakan hotel (Biasanya di area lobby) untuk menikmati minuman dengan suasana tenang.

 

Baca Juga : Pengertian Pelayanan Prima Dalam Industri Perhotelan Berdasarkan Konsep A6

istilah istilah dalam front office, istilah dalam front office, istilah istilah dalam front office department, istilah istilah yang ada di front office, istilah dalam front office department, terminologi front office, kosa kata front office, pengertian istilah front office,
 

D

  • Daftar Tunggu (Waiting List) : Daftar yang disediakan untuk para tamu yang belum mendaftar diri memesan kamar dan belum memesan sebelumnya
  • Day Use : tamu yang menggunakan kamar hotel hanya untuk beberapa jam, dan dikenakan harga kamar 50%.
  • Deluxe Room : Kamar kelas utama suatu hotel, ukuran kamar lebih besar, kualitas sarana lebih baik, pelayanan-pelayanan khusus yang berbeda dari kelas standar
  • Departure Date : tanggal keberangkatan tamu hotel atau check out.
  • Departure List : daftar tamu-tamu hotel yang akan meninggalka hotel (check-out)
  • Deposit : uang yang diminta oleh pihak hotel kepada tamu saat registrasi sebagai jaminan ketika tamu tersebut menginap di hotel
  • Dessert : makanan penutup atau hidangan pencuci mulut.
  • Dinner : makan malam.
  • Door Knob Menu : Daftar menu yang digantungkan di pegangan pintu. Dalam menu tersebut tamu mengisi daftar makanan yang dipesannya untuk makan pagi. Kemudian petugas malam menyerahkan kepada bagian persiapan hidangan (food and beverage)biasanya menunya terbatas.
  • Doorman : petugas hotel yang paling pertama menyambut tamu, bertugas melayani tamu seperti membukakan pintu kendaraan dan mengarahkan tamu ke bagian registrasi.
  • Double Bed : sebuah tempat tidur dengan ukuran besar untuk dua orang
  • Double Lock : kunci ganda yang ada di pintuk kamar tamu, yang biasanya tamu tersebut sedang tidak inngin diganggu.
  • Double Occupancy : Satu kamar yang diisi 2x dalam 1 hari
  • Single Bed : satu buah tempat tidur dengan ukuran kecil untuk satu orang.
  • Dressing : Bumbu pengiring (misalnya untuk menghidangkan tomat belah dan roti dadu goreng)
  • Drug Store : salah satu fasilitas yang disediakan hotel untuk memdapatkan obat-obatan.
  • Dry Cleaning Service : Pelayanan cuci kering, yakni jasa pencucian dengan mempergunakan solven (tidak mempergunakan air sebagai pembersih).
  • Double Room : salah satu jenis kamar hotel dengan satu buah tempat tidur berukuran besar untuk dua orang
  • Duty manager : manager yang bertugas menggantikan management hotel ketika tidak sedang dalam jam kerja.


 

E

  • Early Arrival : tamu yang datang ke hotel yang dimana sebelum waktu check-in hotel
  • Entree : Hidangan utama atau main course dalam suatu penyajian European Standard Course
  • ETA  (Estimated Time Arrival) : pekiraan jam kedatangan tamu yang dipengaruhi oleh suatu faktor seperti jam penerbangan pesawat, dan lain sebagainya.
  • ETD (Estimated Time Departure) : perkiraan jam keberangkaan tamu hotel berdasarkan faktor seperti pesawat, kereta api dan lain sebagainya.
  • Extra Bed : tempat tidur tambahan yang disediakan hotel kepada tamu dengan dikenai biaya tambahan untuk tempat tidur extra.
  • Extend : perpanjangan masa menginap tamu di hotel.
  • English Breakfast : Sarapan pagi ala Inggris. Adapun makanan yang disajikan berupa sereal, telur, roti bakar, teh, manisan, atau kopi.
  • Evening shift : jam kerja sore, yaitu dari jam 15.00 - 23.00
  • Expected Arival List : daftar nama-nama tamu yang diharapkan kedatangan di hotel.
  • Expected departure list :daftar nama-nama tamu yang diharapkan keberangkatannya dari hotel.

istilah istilah dalam front office, istilah dalam front office, istilah istilah dalam front office department, istilah istilah yang ada di front office, istilah dalam front office department, terminologi front office, kosa kata front office, pengertian istilah front office,
 

F

  • Family Room : salah satu jenis kamar hotel yang dimana diperuntukan untuk tamu yang datang dengan keluarga, dan kamar tersebut dapat menampung lebih dari 2 orang.
  • Front Desk : nama lain dari Front Office
  • Front Desk Agent (FDA) : petugas di front office yang bertugas dalam menangani pendaftaran tamu, atau nama lain dari reception.
  • Front Office : salah satu department yang ada di hotel yang bertugas dalam melayani tamu mulai dari tamu datang di hotel hingga tamu tersebut meninggalkan hotel.
  • Full House : keadaan dimana seluruh kamar telah dipesan oleh tamu dan tidak dapat menerima pemesanan kamar.
  • Full Board : biaya menginap atau harga kamar yang sudah termasuk makan pagi, siang dan malam.
  • Front liner : petugas yang berada paling depan dalam melayani tamu.


 

G

  • Gastonomist : Orang yang suka makan enak yang pandai menyusun hidangan yang lezat
  • Guest Relations Officer (GRO)  : petugas yang bertugas sebagai penghubung antara tamu dan managent.
  • Go Show (Walk in)  : tamu yang menginap di suatu hotel tanpa pernah melakukan pemesanan kamar sebelumnnya.
  • Guarantee Letter : surat yang diberikan oleh hotel sebagai jaminan dari tamu selama menginap di hotel.
  • Guest Bill : tagihan yang harus dibayarkan oleh tamu setelah membeli atua menikmati pelayan dna fasilitas hotel.
  • Guest Card : kartu yang diberikan hotel kepada tamu sebagai identitas tamu selama menginap di hotel.
  • Guesthouse : salah satu jenis penginapan yang dimana warga atau masyarakat setempat menyewakan sebagian rumahnya untuk disewakan.
  • Guest in house list : daftar nama-nama tamu yang menginap di hotel.
  • Group Rate : harga kamar yang diperuntukan kepada tamu grup.
  • Golf Case / Golf bag : salah satu jenis barang bawaan tamu  berupa tas unutk membawa perlengkapan golf.


 

H

  • Half Board : harga kamar yang dimana sudah  termasuk sarpan dan makan sian atu makan malam.
  • Hotel : sebuah bangunan yang dikelola secara komersial untuk para wisatawan unutk mendapatkan keuntungan yang dimana hotel memberikan layanan dan fasilitas menginap, makan dan minum sera layanan lainnya.
  • Hotel Arcade (Shopping Arcade) : Bagian hotel yang disewakan kepada suatu perusahaan dalam jangka panjang yang digunakan untuk kantor, toko, biro jasa dsb
  • House Use : kamar hotel yang digunakan oleh karyawan hotel.
  • Homestay : Rumah penduduk yang disediakan untuk para wisatawan yang ingin menginap.
  • High Season : masa atau waktu yang dimana permintaan kamar sedang tinggi-tingginya.
  • Hostel : Penginapan untuk yang ingin berhemat, biasanya disukai untuk kalangan backpacker.
  • Housekeeping : salah satu department yang ada di hotel yang bertugas dan bertanggung jawab atas kebersihan dan kerapihan seluruh area hotel.


 

I

  • Incognito  : tamu hotel dengan status tidak ingin diketahui bahwa ia tidak tinggaldi suatu hotel.
  • Individual guest : tamu yang melakukan pemesanan kamar dan menginap di hotel secara individu ata tanpa perantara.
  • International Direct Dial : Sambungan telepon langsung antar negara.


 

L

  • Late Arrival : tamu yang mengalami keterlambatan kedatangan dari jadwal kedatangan.
  • Late Check-Out : tamu yang check-out melewati dari jam check-out hotel.
  • Laundry : jasa pencucian pakaian dari pihak hotel kepada tamu.
  • Laundry List : daftar cucian tamu.
  • Limited Hours : Waktu terbatas bagi tamu yang sudah memesan kamar
  • Long Staying Guest : tamu yang mengnap di suatu hotel dengan jangaka waktu yang lama atau lebih dari satu bulan yang dimana tamu tersebut dikenai tarif kamar khusus.
  • Late Check in : tamu yang check-in di suatu hotel telat atau setelah jam check-in hotele.
  • Local call : Sambungan telepon dalam satu kota atau dalam satu kode wilayah.
  • Log book : buku yang digunakan sebagai alat komunikasi antar karyawan yang berbeda shift yang berisika hal-hal yang perlu untuuk ditindaklanjuti.
  • Long distance call : sambungan telpon jarak jauh antar propinsi / kota dalam satu negara
  • Low Season : periode atau masa dimana permintaan kamar sedang rendah.


 

M

  • Marketing Strategy : strategi pemasaran
  • Mattrass Pad : pelindung pada bed yang berada di atas bed dan di bawah sheet yang berfungsi sebagai pelindung bed dari kotoran seperti kencing atau minuman tumpah.
  • Mini Bar : lemari es kecil yang disediakan hotel yang berisikan minuman ringan (soft drrink) yang dimana tamu dikenai biaya jika melakukan komsumsi dari mini bar.
  • Motel : motor hotel, yaitu salah satu beentuk penginapan yang dimana motel memnyediakan garasi disamping kamar tidur.
  • Manager on Duty : Manager yang bertugas menggantikan mangement saat tidak sedang ada di tempat.


 

N

  • No Show : Tamu yang tidak jadi datang tanpa pemberitahuan.
  • No Show Charge : biaya yang dikenakan kepada tamu no show.
  • Night Auditor : Petugas yang bekerja di malam hari untuk menghitung semua transaksi yang terjadi setiap harinya.
  • Night shift : jam kerja malam yang pada umumnya dari kam 23.00 - 07.00.
  • Non smoking room : kamar yang tidak diperuntukan untuk merokok di dalamnya.

 

Baca Juga : Tugas Dan Tanggung Jawab Front Office Hotel

istilah istilah dalam front office, istilah dalam front office, istilah istilah dalam front office department, istilah istilah yang ada di front office, istilah dalam front office department, terminologi front office, kosa kata front office, pengertian istilah front office
 

O

  • Occupied Rooms : kamar yang berisikan tamu.
  • Over Booking : kelebihan pemesanan kamar di suatu hotel belebihi jumlah kamar yang dimiliki hotel.
  • Occupancy : tingkat hunian kamar hotel per hari.
  • Occupied clean : kamar bersih yang ditempati tamu atau sudah dibersihkan.
  • Occupied dirty : kamar kotor yang ditempati tamu atau belum dibersihkan
  • Order taker : petugas yang berada di housekeeping department yang bertugas mencatat segala permintaan tamu.
  • Out of order : kamar yang dalam kondisi rusak dan tidak dapat dijual.
  • Out of service : kondisi kamar yang rusak tapi bisa cepat diperbaiki


 

P

  • Package Tour : Jadwal acara perjalanan wisata yang sudah diatur dengan teliti termasuk tarif seluruhnya (akomodasi, transportasi, konsumsi, objek wisata, biaya masuk menonton suatu pertunjukan)
  • Pass Key / Master Key : kunci kamar yang dapat membuka lebih dari satu kamar.
  • Perishable : Bahan makanan yang mudah rusak. Misal  : kol, daging, susu segar, ikan dll  
  • Poached Egg : Telur yang dipecah kemudian dimasukan ke dalam air mendidih dan dimasak lagi sebentar sehingga putih telur matang menggulung kuning telur yang masih setengah matang
  • Postponed : status tamu yang sudah memesan kamar tapi minta diundur tanggal kedatangan nya
  • Porter : sebutan lain dari bellboy.
  • Public relation : salah satu posisi yang ada di hotel yang bertugas menjalin hubungan dengan pihak yang ada di dalam hotel dan di luar hotel.


 

R

  • Rack Rate : Tarif kamar yang berlaku disuatu hotel
  • Registration Card : kartu pendaftaran tamu hotel.
  • Rental Space : Ruang hotel yang disewakan kepada pihak luar yang dimanfaatkan sebagai kantor perwakilan biro penerbangan, agen perjalanan, toko cindera mata, kantor, bank dll
  • Receptionist : salah satu petugas yang ada di front office department yang bertugas melayani check-in, check-out, dan pindah kamar serta melayani permintaan informasi tamu.
  • Room Boy  : petugas housekeeping yang bertugas untuk membersihkan kamar kamar hotel.
  • Russian Service : Pelayanan gaya Rusia / Soviet yakni suatu pelayanan dimana para tamu siap di kursi masing-masing kemudian pramusaji menghidangkan makanan dan minuman dengan platter, tamu dipersilahkan mengambil sendiri-sendiri hidangan yang disukainya
  • Room Service : pelayanan makan dan minum yang desediakan hotel yang dimana makanan dan minuman diantarkan langusng ke kamar tamu.

 

Baca Juga : Bagian-Bagian Front Office Department

istilah istilah dalam front office, istilah dalam front office, istilah istilah dalam front office department, istilah istilah yang ada di front office, istilah dalam front office department, terminologi front office, kosa kata front office, pengertian istilah front office
 

S

  • Safety Chain : rantai keamanan yang berada di pintu masuk kamar tamu yang dapat membatasi pintu kamar dibuka sehingga tamu dapat menggunakannya sebagai keamanan tmau.
  • Safety Deposit Box : brangkas yang ada di dalam kamar tamuyang dapat digunakan tamu untuk menyimpan barang-barang berharga tamu.
  • Service Charge : biaya yang dikenankan kepada tamu yang dimana sudah termasuk dalam biasa kama tamu untuk mendapatkan pelayanan dari pihak hotel.
  • Service Directory : Petunjuk:petunjuk khusus yang dipasang di dalam kamar hotel, sehingga tamu mengetahui hal-hal yang diinginkan, boleh dilakukan dan tidak
  • Single Bed : Tempat tidur yang hanya dapat menampung satu orang saja
  • Single Occupancy : tingakt hunian kamar hotel yang dihitung berdasarkan rata-rata kamar yang hanya berisikan satu orang dalam satu kamar.
  • Side Stand : Meja untuk menaruh bermacam-macam saus dan peralatan bersih yang siap digunanakan (piring, sendok, garpu dll)
  • Skipper : tamu yang meninggalkan hotel tanpa menyelesaikan pembayaran.
  • Sleeper : Penambahan jumlah pengisi kamar tanpa pemberitahuan kepada bagian kantor depan hotel
  • Sleep Outs : tamu yang tinggal di suatu hotel namun tamu tersebut tidak tidur di hotel tempat ia menginap.
  • Store Arcade / Store Rental : ruangan yang disewakan pihak hotel kepada pihak luar untuk suatu keperluan.
  • Suite Room : Jenis kamar hotel yang memiliki fasilitas yang paling lengkap di suatu hotel.


istilah istilah dalam front office, istilah dalam front office, istilah istilah dalam front office department, istilah istilah yang ada di front office, istilah dalam front office department, terminologi front office, kosa kata front office, pengertian istilah front office, 

T

  • Telephone Charge : Biaya yang dikenakan kepada tamu ketika menggunakan fasilitas telepon.
  • Telephone Courtesy : sopan santun dalam bertelepon.
  • Tourist Kit / Sales Kit : Kumpulan beberapa brosur, kartu pos bergambar, dan lain:lain berisi informasi wisata yang bertujuan dengan sarana promosi
  • Traveller’s Cheque : Cek khusus yang dikeluarkan oleh biro perjalanan / bank untuk mengurangi resiko kehilangan uang selama dalam perjalanan
  • Twin Room :jenis kamar hotel yang berisikan dua bed kecil untuk dua orang.

 

U

  • Uniform Service : sebutan lain untuk section concierge.


 

V

  • Vacant Room : kamar kosong, yang dapat dijual.
  • Vacant clean :kamar kosong dalam keadaan bersih
  • Vacant dirty : kamar kosong dalam keadaan kotor
  • VIP guest : status tamu penting
  • Valet : Bentuk pelayanan berupa menandai pakaian para tamu yang akan disetrika oleh Laundry, kemudian mengantarkan kepada pemiliknya dalam keadaan terbungkus rapi.
  • Voucher : Dokumen yang dikeluarkan oleh biro perjalanan untuk wisatawan dan biro perjalanan lain. Dapat ditukar dengan fasilitas-fasilitas yang tersedia (akomodasi, transportasi dalam kota, makan minum, dll) sesuai dengan apa yang telah dibayar oleh wisatawan kepada biro perjalanan itu.


 

W

  • Wake up Calls : salah satu jenis pelayanan dari pihak hotel yang mana tamu dapat meminta pelayanan tersebut untuk dibangunkan melalui telepon.
  • Walk in Guest : tamu yang datang dan menginap di hotel tanpa melakukan pemesanan kamar sebelumnnya
  • Wall to Wall Carpeted Room : Kamar yang lantainya dilapisi dengan karpet
  • Wardrobe :  lemari pakaian.


Baca Juga : Tugas Dan Tanggung Jawab Struktur Organisasi Front Office


Ok jadi itulah pembahasan admin kali ini mengenai istilah-istilah dalam front office department. Mungkin masih ada beberapa istilah yang belum admin sebuatkan di atas, jadi mohon maaf jika masih ada beberapa kekurangan. Dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

istilah istilah dalam front office, istilah dalam front office, istilah istilah dalam front office department, istilah istilah yang ada di front office, istilah dalam front office department, terminologi front office, kosa kata front office, pengertian istilah front office,
 
 
 

LihatTutupKomentar