Sumber-Sumber Reservasi Kamar Hotel, Pemahaman Sumber-Sumber Reservasi -->

Sumber-Sumber Reservasi Kamar Hotel, Pemahaman Sumber-Sumber Reservasi

Sumber-Sumber Reservasi Kamar Hotel
 Sumber-Sumber Reservasi Kamar Hotel

Sumber-sumber reservasi hotel dapat berasal dari berbagai pihak, bisa itu dari sebuah perusahaan ataupun pemesanan kamar dari pribadi. Namun sebagian besar sumber reservasi dari sebuah hotel berasal dari sebuah prusahaan travel atau perusahaan biro perjalanan.


 
Sumber reservasi dari perusajaan perjalanan ini sangat banyak digunakan oleh para calon tamu karena segala kemudahannya. Ditambah jaman sekarang dimana hampir setiap orang selalu membawa yang namanya smartphone. Melalui smartphone ini para calon tamu dapat melakukan pemesanan kamar dengan membuka aplikasi travel yang mereka miliki. Maka tidak heran sumber reservasi dari perusahaan perjalanan sering melakukan kerjasama dengan berbagai hotel.


 
Reservation adalah salah satu section yang ada di Front Office Department yang bertugas menangani pemesanan kamar yang dilakukan calon tamu di suatu hotel. Sumber reservasi kamar yang dilakukan oleh tamu terkadang bisa berasal dari berbagai sumber. Sumber-sumber reservasi itu bisa berasal dari perusahaan penyediaan perjalanan atau bisa tamu sendiri yang mengunjungi situs hotel utuk melakukan reservasi kamar. Namun para calon tamu cenderung untuk menggunakan jasa subuah perusahaan  yang dinilai lebih aman dan tidak memerlukan banyak waktu sehingga lebih praktis.


 
Disamping sebagian besar sumber reservasi hotel berasal dari sebuah perusahaan travel, pihak hotel juga biasnya menerima pemesanan kamar melalui maskapai penerbangan. Sumber reservasi yang berasal dari maskapai penerbangan ini biasanya banyak dijumpai pada hotel-hotel dekat bandara. Atau biasanya di bandara itu sendiri terdapat sebuah hotel yang bisa digunakan untuk tamu transit untuk melanjutkan perjalananya berikutnya.


 
Hotel-hotel yang sumber reservasi kamarnya yang sebagian besar dari airline ini disebut dengan  hotel transit. Jenis hotel ini biasnya tamu yang menginap tidak akan lama. Sangat jarang kita menjumpai tamu yang menginap di hotel ini lebih dari satu hari karena memang tujuannya menginap di hotel jenis ini adalah untuk sementara sembari menunggu jawdal penerbangannya.


 
Pihak hotel sangat bergantung terhadap sumber-sumber reservasi tersebut. Karena pemasukan terbesar dari sebuah hotel adalah melalui penjualan kamar. Maka sangat penting bagi hotel untuk mengetahui dari mana sumber reservasi kamar tersebut berasal. Dengan mengetahui dari mana sumber-sumber reservasi tersebut berasal, pihak hotel dapat menyiapkan kamar sesuai dengan sumber reservasi yang datang. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan membahas sumber-sumber reservasi hotel yang dilakukan oleh tamu. Berikut ini penjelasannya !
 
 
 
Sumber-Sumber Reservasi Kamar Hotel
 Sumber-Sumber Reservasi Kamar Hotel

Sumber-sumber Reservasi hotel

Sumber reservasi adalah asal datangnya pemesanan kamar yang diperoleh hotel dari tamu. Pemesanan kamar ini bisa bersal dari berbagai pihak, berikut ini sumber-sumber reservasi hotel.
 

1. Company (Perusahaan)

Sumber reservasi yang pertama adalah perusahaan. Perusahaan merupakan salah satu sumber datangnya pemesanan kamar di hotel. Pihak perusahaan ini biasanya memiliki kerjasam dengan pihak hotel. Perusahaan ini akan memesan kamar dalam jumlah banyak, dan biasanya suatu perusahaan akan menggelar suatu pertemuan di hotel tempat mereka menginap. Maka tidak jarang dan bahkan sering kali sumber-sumber reservasi terbesar hotel berasal dari sebuah perusahaan

2. Travel Agent (Agen Perjalanan)

Sumber reservasi berikutnya adalah sumber reservasi yang bersal dari travel agent. Travel agent merupakan suatu usaha yang menawarkan jasa pemesanan kamar kepada calon tamu. Travel Agent ini bekerja sama dengan hotel. Sebagian besar sumber reservasi atau pemesanan kamar di hotel adalah berasal dari pihak travel agent.
Sumber reservasi atau pemesanan kamar melalui travel agent ini dapat digolongkan menjadi 2, yaitu :
  • FIT (Free Individual Traveler) : Free individual traveler adalah sumber reservasi dari calon tamu yang memesan kamar untuk dirinya sendiri.
  • GIT (Group Inclusive Tour) : adalah sumber reservasi atau pemesanan kamar yang diperuntukan untuk satu kelompok yang hendak melakukan perjalanan.

3. Airlines (Maskapai Penerbangan)

Sumber reservasi kamar atau pemesanan kamar yang bersal dari suatu maskapai penerbangan. Biasanya pihak maskapai sudah melakukan kerja sama dengan pihak hotel.

4. Government (Pemerintah)

Sumber reservasi dari pemerintas adalah sumber reservasi yang berasal dari instansi pemerintah. reservasi kamar yang dilakukan biasanya dalam jumlah besar karena akan mengadiri suatu seminar atau kongres pemerintah di suatu daerah tempat mereka menginap. Pada saat pihak hotel mendapat sumber reservasi dari pemerintah, biasanya tingkat hunian dari sebuah hotel meningkat

5. Hotel Representative

Hotel Representative adalah sumber reservasi kamar yang berasal dari perwakilan hotel di suatu tempat, seperti perwakilan hotel yang ada di bandara.

6. Car Rental Company (Perusahaan Penyewaan Mobil)

Car Rental Company adalah sumber reservasi kamar yang berasal dari sustu perusahaan penyewaan mobil. Pihak penyewaan mobil biasanya sudah melakukan kerja sama dengan pihak hotel. Dan pihak perusahaan penyewaan mobil akan menyarankan tamu untuk menginap di hotel yang diajak bekerja sama. Maka dari itu perusahaan penyewaan mobil akan menjadi salah satu sumber reservasi bagi sebuah hotel.

7. Central Reservation System

Central Reservasi System adalah sumber reservasi yang berasal dari system pemesanan kamar melalui jaringan computer, dimana jaringan ini sudah diakses ke computer sehingga dapat melakukan pemesanan kamar secara langsung. Ada beberapa jenis reservasi ini :
  • An affiliate reservation yaitu sumber reservasi dari sambungan pemesanan kamar hotel yang memiliki mata rantai bisnis
  • A hotel chain’s reservation system yaitu sumber reservasi dari satu group perusahaan, contoh : maxial (hyatt group)
  • Non-chain properties : contohnya adalah LWH (leading hotel of the world)
  • Non affiliate reservation network adalah sumber reservasi yang berasal dari jaringan pemesanan kamar yang tidak terkait dengan mata rantai hotel


Pemesanan kamar yang dilakukan oleh tamu akan sangat  bermanfaat dan membantu pihak hotel.  Tidak peduli dari mana sumber-sumber reservasi tersebut, yang terpenting adalah pihak hotel dapat menjual kamar-kamar yang mereka miliki secara maksimal. Maka dari itu sumber reservasi hotel adalah hal yang sangat penting.


Itulah tadi sedikit penjelasan tentang pemahaman sumber-sumber reeservasi kamar hotel. Jika ada sesuatu hal yang kurang jelas dari artikel ini, silahkan ditanyakan di kolom komentar dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua yang membacanya.


LihatTutupKomentar