-->

Follow Daily Trip

Gunung batur bali 1717 mdpl, Nikmati Pendakian Gunung yang Memukau

Batur Mountain, Batur Mountain View 

Gunungn Batur
gunung batur
 

Gunung Batur Merupakan salah satu gunung yang masih aktif yang ada di Bali. Gunung yang masih aktif lainya adalah Gunung Agung yang ada di sebelah timur Gunung Batur. Gunung Batur merupakan gunung yang sanagat cocok untuk didaki oleh pemula.
cerita misteri gunung batur bali, wisata gunung batur, sejarah gunung batur, gunung batur meletus, pendakian gunung batur, kawah gunung batur, gunung batur terletak di, ketinggian gunung batur 

Baca Juga : Mount Abang Bali, a fruitful climbing struggle


Karna Gunung Batur ini masih aktif, kawah Gunung Batur masih dapat terlihat mengeluarkan asap. Dalam Sejarah, Gunung Batur pernah meletus terakhir pada tahun 2000. Tapi pada tahun 1926 sudah penah terjadi letusan yang dasyat yang menyebabkan kerusakan yang besar disekitar lereng Gunung Batur.


Konon , letusan-letusan Gunung Batur yang terdahulu, yang benyebabkan terbentuknya danau terbesar di Bali, yaitu Danau Batur. Danau Batur itu sendiri terletak mengelilingi Gunung Batur.
 

 

Ketinggian Gunung Batur yaitu setinggi 1717 mdpl. Tentunya masih kalah tinggi dari dari Gunung Abang yang memiliki ketinggian 2152 mdpl. Gunung Abang juga menjadi favorit pendaki di Bali. Kedua gunung ini juga sering dijadikan wisata pendakian di Bali.

 

Baca Juga : Gunung Abang Bali, Perjuangan Pendakian Yang Berbuah Manis
 

Lokasi Gunung Batur

Gunung Batur terletak di kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Jika kamu berangkat dari Denpasar, perjalanan yang ditempuh hanya sekitar 2 jam jika mengendarai sepeda motor. Untuk mencapai di lokasi pendakian juga tergolong gampang.


 

Jalur Trekking Gunung Batur

Pendakian Gunung Batur ini sangat cocok bagi pemula, karna ketinggiannya yang relatif tidak terlalu tinggi untuk didaki. Hanya memerlukan waktu sekitar 1,5 jam untuk sampai di puncak. Waktu yang relatif singkat untuk mendaki.


Tapi untuk pelakukan pendakian Gunung Batur, kamu harus merelakan jam tidurmu. Kamu harus setidaknya juga mulai naik Ke Gunung Batur dari jam 4 pagi. Atau  bisa lebih awal jika kamu ingin lebih santai ketika mendaki.

Gunung batur bali 1717 mdpl, Nikmati Pendakian Gunung yang Memukau


Jalur pendakian bisa dibilang tidak sulit. Jalur trekkingnya kebanyak dipenuh bebatuan bekas letusan Gunung Batur dulu. Dengan jalur yang banyak bebatuan, cengkraman pada kakimu dapat lebih kuat.

 

Baca Juga : Traveling atau Travelling ? Manfaat Yang Bisa Didapatkan Dari Travelling


Walau jalur pendakiannya bisa dibilang mudah dan tidak terjal menurut saya, tapi ada beberapa momen dan tempat tertentu yang  jalurnya sulit di lewati. Terdapat jalur yang berpasih yang licin, yang jika tidak berhati-hati kamu bisa terjatuh dan tergelincir ke bawah.


Kamu juga harus berhati-hati  pada jalur yang berbatu, terkadang jika musim hujan, jalur bebatuan tersebut busa licin karena lumut yang tumbuh.


Selama pendakian, terdapat beberapa tempat atau pos yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat. Pada pos pertama akan ada sebuah tugu yang bersikan tulisan Gunung Batur dengan ketinggianya. Di tempat ini jika siang  hari terdapat banyak monyet yang menunggu mendapatkan makan dari wisatawan, jadi kamu harus berhati jika tidak ingin barang kamu diambil.


Kemudian, pada pos selanjutnya terdapat beberapa pos yang terbuat dari kayu dan bambu yang bisa dijadikan tempat beristirahat. Sepertinya itu milik warga yang digunakan untuk berjualan di atas gunung. Bisa dibilang itu warung yang dimana pedagangnya mendaki Gunung Batur setiap hari. Kebayang gak ?



Pemandangan Gunung BaturBatur Mountain View

Gunung batur bali 1717 mdpl, Nikmati Pendakian Gunung yang Memukau
 

Setelah melewati semua itu, barulah kamu dapat sampai di puncak dengan perasaan yang sangat hhmm. Cobalah !! Tentu tujuan orang-orang mendaki Gunung Batur itu untuk mecari pemandangan sunrise yang begitu indah dari atas Gunung Batur.


Walau kebanyakan gunung yang lain juga manawari pemandangan serupa, tapi ada yang lain kamu rasakan. Karna pendakiannya yang pendek, kamu tentu tidak akan merasa terlalu lelah.


Selain itu, letika kamu benar-benar ada di puncak, kamu akan dapat melihat pemandangan seluruh Bali yang begitu lega dilihatnya. Karena tidak ada hal yang lain yang menghalangi pemandangan indah Gunung Batur. Danau Batur, Guung Agung atau Gunung Batukaru yang ada di sebelah barat juga bisa kamu lihat. Intinya kamu benar-benar melihat seluruh pemandangan yang luas Pulau Bali.

 

Baca Juga : Struktur Organisasi Hotel Besar Menengah Dan Kecil


Walau pendakian Gunung Batur sangat cocok bagi pemula, kamu harus tetap berhati dan tidak lupa untuk berdoa. Dan juga, pendakian Gunung Batur ini akan jauh lebih menyenang kan jika kamu pergi mendaki dengan teman-teman dekatmu.




LihatTutupKomentar