-->

Follow Daily Trip

Prosedur Penanganan Check-In Tamu VIP

prosedur penanganan tamu check in VIP, prosedur penanganan tamu check in hotel VIP, prosedur check in tamu VIP, prosedur penanganan tmau check in, prosedur check in,
prosedur penanganan tamu check in VIP, prosedur penanganan tamu check in hotel VIP, prosedur check in tamu VIP, prosedur penanganan tmau check in, prosedur check in,
Prosedur Penanganan Check-In Tamu VIP

Prosedur Penanganan Check-In Tamu VIP. Halo semuanya, selamat datang di blog Daily Trip. Pada artikel kali ini admin akan membagikan sebuah materi tentang prosedur penanganan check-in tamu. Jika sebelumnya admin sudah menjelaskan bagaimana penanganan check-in tamu individu dan rombongan, maka kali ini admin akan menjelaskan bagaimana prosedur penanganan check-in tamu VIP. Jadi baca artikel ini sampai habis.

 

Baca juga :  

 

Prosedur Check-In Tamu VIP

Dalam penanganan kedatangan tamu, tentu memerlukan suatu prosedur yang jelas. Hal tersebut bertujuan agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada tamu yang yang datang. Dengan memberikan pelayanan yang maksimal ketika tamu pertama kali menginjakan kakinya di hotel, maka hotel sudah mendapatkan kesan yang baik oleh tamu. Kesan pertama ini tentu sangat penting, karena hal itu akan berpengaruh terhadap hotel ke depannya. Jadi dengan begitu, sangat diperlukan prosedur penanganan check-in tamu yang baik.

 

Tamu-tamu yang datang ke sebuah hotel tentu beragam. Setiap tamu memiliki tujuan dan status yang berbeda. Ada tamu yang datang hanya perorangan maupun rombongan. Tetapi ada juga tamu yang memiliki status tamu penting atau VIP.


Dalam penanganan check-in tamu VIP ini tentu akan sedikit berbeda dari penanganan check-in tamu biasa. Pelayanan yang diberikan kepada tamu VIP ini akan lebih khusus. Maka dari itu diperlukan persiapan khusus untuk menyambut kedatangan tamu-tamu VIP.


Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan dalam registrasi check-in tamu VIP :

  1. Kamar-kamar tamu VIP harus sudah ditentukan dengan maksimal dan kamar tersebut harus di blocking beberapa hari sebelum kedatangan tamu VIP tersebut.
  2. Masing-masing department harus sudah mendapatkan daftar tamu-tamu VIP beberapa hari sebelumnya supaya setiap department dapat mepersiapkan segala keperluannya.
  3. FOM atau asst, FOM harus mengecek kembali segala persiapan sebelum tamu tersebut tiba untuk memaskikan bahwa segala sesuatunya sudah berjalan dengan baik.


Selain itu ada beberapa catatan yang perlu kamu tahu dalam penanganan tamu VIP saat tiba, yaitu :

  1. Tamu VIP akan disambut langsung oleh FOM atau GRO
  2. Saat registrasi dan pengantaran tamu VIP ke kamar akan dilakukan oleh FOM dan GRO.
  3. Registrasi tamu VIP bisa juga dilakukan di kamar tamu, jika tamu sudah tiba, tamu bisa langsung diantar ke kamarnya tanpa harus menunggu di counter front office.
  4. Dan untuk prosedur penanganan check-in tamu VIP lainya akan dilakukan sesuai standart yang biasa.
 
 

Prosedur penanganan check-in tamu VIP

  1. Sebelum tamu VIP datang, guest card dan kunci kamar harus sudah dipersiapkan.
  2. Cocokan nama tamu VIP tersebut dengan data yang ada di reservasi.
  3. Di kamar pastikan welcome card dan fruint bucket harus sudah siap. Untuk bebrapa hotel, ada juga yang memberikan coklat atau minuman, beberapa amenities tambahan.
  4. Registrasi tamu VIP bisa dilakukan di kamar dengan memberikan ID atau passport dan KTP dan ada jaminan dari protokolnya.
  5. Berbagai kartu dan kupon ditempakan menjadi satu di dalam guest card. Kemudian GRO akan mengantarkan tamu ke kamar dan menyerahkan guest card tersebut.
  6. Bila GRO mengantarkan tamu VIP tersebut sampai ke kamat, maka GRO harus mempersilahkan tamu tersebut memasuki kamar terlebih dahulu.
  7. Bellboy yang membawakan barang tamu VIP tersebut, akan meletakannya pada luggage rack dengan rapi.
  8. Setelah memasuki kamar, GRO akan meletakan key card tersebut pada power panel untuk menyalakan listrik di kamar tersebut, dan kemudian GRO menjelaskan fasilitas di kamar tersebut kepada tamu VIP.
  9. GRO mempersilahkan tamu VIP untuk bertanya bila ada sesuatu yang perlu ditanyakan tentang hotel tersebut.
  10. Ucapkan selamat beristirahat dan jangan lupa ucapkan magic word sebelum meninggalkan kamar.
  11. Setelah selesai mengantarkan tamu VIP tersebut ke kamarnya, maka selanjutnya GRO kembali ke GRO dek dan mengisi keterangan bahwa tamu sudah check-in.
  12. Bellboy  kembali ke section concierge untuk mengisi formulir bellboy errand card dan menyerahkannya kepada bell captain.
  13. Receptionist memastikan  bahwa  kamar  tersebut  statusnya  sudah  berubah  dari  vacant  clean  ke  occupied,  menyiapkan  bill,  memberi  keterangan  tentang  special  request  atau  pesan  khusus  bagi  tamu  tersebut  ke  departemen  terkait,  misalnya:  ada  pesan  atau  surat,  disampaikan    ke    concierge,    meminta    tambahan    air    mineral,    disampaikan   ke   housekeeping,   tamu   tidak   mau   turn   down, diberitahukan ke HK, tamu minta menu restoran, diteruskan ke F&B, pesan limo waktu check-out, pesan disampaikan ke concierge, tamu meminta wake up call, ditindaklanjuti ke operator, dan seterusnya.
  14. Pada hotel non komputer sistem, dilanjutkan mengisi rack slip, jika perlu balancing room lagi.
 

Jadi itulah tadi penjelasan admin mengenai prosedur penanganan check-in tamu VIP. Admin mohon maaf bila ada tulisan admin yang salah,  dan semoga artikel ini dapat bermanfaan bagi kalian yang membacanya.

prosedur penanganan tamu check in VIP, prosedur penanganan tamu check in hotel VIP, prosedur check in tamu VIP, prosedur penanganan tmau check in, prosedur check in,

Baca Juga

LihatTutupKomentar